Fosil Dadu


Masih ada sangkut pautnya nih sama penemuan mata buatan berusia 4.800 thn di pusat penggalian situs purbakala Burnt City,Iran.Kali ini para Tim Arkeolog berhasil menemukan permainan dadu tertua di dunia berusia 5000 thn di tempat yang sama.
Menurut mereka,temuan baru tsb sekaligus telah memecahkan rekor temuan permainan dadu tertua sebelumnya yang berhasil ditemukan di Wilayah Guangdong, China(2004). Pada penggalian sebelumnya di reruntuhan peradaban Mesopotamia, permainan dadu juga sempat ditemukan,namun usianya jauh lebih muda 200 thn dari yang ini. Selain itu, sebuah kotak persegi panjang yang terbuat dari semacam kayu pirus ditemukan bersamaan dengan penemuan permainan dadu tsb.Namun sayang, kotak yang disinyalir merupakan papan permainannya itu telah hancur terkikis,namun masih bisa sedikit diidentifikasi. Kira-kira terdapat 20 lubang kecil berjejer pada kotak tsb dengan hiasan ukiran ular ditiap sudutnya. (mirip ular tangga kah? tapi kok pake lobang-lobang segala?) Dari penemuan ini, Para Arkeolog dapat menarik kesimpulan, mungkin permainan dadu memang berasal dari daerah Mesopotamia, yang kemudian tersebar ke wilayah timur, terutama ke China dan Jepang.

22 thoughts on “Fosil Dadu

  1. Mungkin itu memang biji dadu. Tapi temuan itu tidak bisa menjadi tanda pasti bahwa permainan tersebut telah eksis sejak 5000 tahun yang lalu. Siapa tahu itu awalnya hanya dipakai buat proses meramal atau dalam sebuah upacara ritual

  2. gmana ga mw ditenggelamkan ma Tuhan pas zaman nabi nuh?

    wong dari dulu senengnya main judi…

    ga bagus….

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s