Kutukan Makam Shakespeare


Jangan lagi berharap bisa mendapat uang melimpah dengan coba-coba mencuri kerangka penulis drama ternama, William Shakespeare atau coba-coba menyimpannya sendiri agar dapat tertular kemahirannya dalam menulis.

Shakespeare sudah menduga dan memperkirakan betul bagaimana perilaku keserakahan manusia di masa-masa mendatang. Karena itu Shakespeare sudah menyiapkan sebuah kutukan untuk melindungi dirinya di saat sudah meninggal.

Kutukan yang diukir pada kuburan Shakespeare inilah yang mungkin telah menyelamatkan kerangkanya dari penggalian.

Penggalian tulang orang mati biasa terjadi pada masa Shakespeare, baik untuk tujuan keagamaan atau penelitian. Kerangka yang ditemukan seringkali diangkat untuk memberi jalan bagi kuburan lain dan ditimbun di tempat penimbunan tanah atau bahkan digunakan sebagai pupuk.

Melihat fakta itu, dramawan Inggris tersebut menjadi sangat khawatir peristiwa semacam itu akan terjadi pada kerangkanya sendiri sehingga dia meminta dituliskan sebuah kutukan di makamnya di Holy Trinity Church, Stratford-on-Avon, sebagai peringatan bagi penggali kuburan setelah ia meninggal pada 1616.

“Good frend for Jesus sake forebeare,/ To digg the dust encloased heare;/ Bleste be the man that spares thes stones,/ And curst be he that moves my bones,” demikian tulisan yang terpatri di makam penulis The Four Tragedies tersebut. Kalimat kutukan terlihat di kalimat terakhir “And curst be he that moves my bones” (“Dan terkutuklah dia yang memindahkan tulang-tulangku”).

Dr. Philip Schwyzer, dosen senior di Exeter University, berkata, “Shakespeare memiliki obsesi yang tak biasa dengan pemakaman dan kekhawatiran bahwa kuburannya akan digali orang. Prasasti keras di batu nisan setidak ikut bertanggung jawab atas kenyataan bahwa tidak ada proyek yang berhasil untuk membuka kuburan itu.”

Schwyzer, yang menyelidiki gagasan dalam buku baru “Archeologies of English Renaissance Literature”, menambahkan, “Tulisan di batu nisannya menandai pernyataan terakhirnya yang tak kenal kompromi mengenai pendapat yang memenuhi pikirannya sepanjang karirnya sebagai penulis drama.”

Mimpi buruk pribadi digambarkan dalam karya seperti Hamlet, Romeo and Juliet dan Richard III.

Kecemasan mengenai perlakuan buruk atau penggalian mayat ditemukan di setidaknya 16 dari 37 drama. Dari sana terlihat keprihatinan ini seringkali terlihat dibandingkan dengan kekhawatiran mengenai kematian itu sendiri

29 thoughts on “Kutukan Makam Shakespeare

  1. STOPP PRESS..!!! Apakah Anda percaya pada cinta sejati ? Apakah Anda percaya pada cinta pada pandangan pertama ? Apakah Anda percaya pada cinta abadi selamanya? Kisah-kisah cinta dapat memperbarui atau memperkuat iman Anda di dalam kasih … Mereka adalah kisah-kisah cinta yang paling terkenal dan juga abadi. Inilah dia 10 KISAH CINTA PALING TERKENAL dalam sejarah dan sastra.

    1. Romeo dan Juliet

    Ini mungkin adalah pecinta paling terkenal yang pernah. Pasangan ini telah menjadi sinonim untuk cinta itu sendiri. Romeo dan Juliet adalah sebuah tragedi karya William Shakespeare. Kisah cinta mereka sangat tragis. Kisah dua remaja dari dua keluarga bertikai yang jatuh cinta pada pandangan pertama dan kemudian menikah, menjadi pecinta sejati dan kemudian risiko itu semua untuk cinta mereka. Untuk mengambil hidup Anda sendiri untuk suami atau istri Anda jelas merupakan suatu tanda cinta sejati. Mereka “kematian sebelum waktunya” akhirnya menyatukan rumah tangga mereka bermusuhan.

    2. Cleopatra dan Mark Antony

    Kisah cinta sejati dari Antony dan Cleopatra adalah salah satu yang paling mengesankan, menarik dan bergerak dari semua kali. Kisah kedua tokoh sejarah yang kemudian telah didramatisasi oleh William Shakespeare dan masih dipentaskan di seluruh dunia. Para Hubungan dari Antony dan Cleopatra adalah ujian sejati cinta. Mereka jatuh cinta pada pandangan pertama. Hubungan antara dua orang yang kuat menempatkan negara Mesir dalam posisi kuat. Namun kisah cinta mereka marah orang-orang Romawi yang waspada terhadap kekuatan tumbuh Mesir. Meskipun semua ancaman, Anthony dan Cleopatra menikah. Dikatakan bahwa saat berperang pertempuran melawan Roma, Antony mendapat berita palsu kematian Cleopatra. Hancur, ia jatuh pada pedangnya. Ketika Cleopatra mengetahui tentang kematian Antony ‘s, dia terkejut. Dan ia mengambil hidupnya sendiri. Kasih yang besar menuntut pengorbanan besar.

    3. Lancelot dan Guinevere

    Kisah cinta tragis Sir Lancelot dan Ratu Guinevere mungkin salah satu yang paling terkenal cerita Arthurian Legend. Lancelot jatuh cinta dengan Ratu Guinevere, istri Raja Arthur. Cinta mereka tumbuh perlahan-lahan, sebagai Guinevere terus Lancelot darinya. Akhirnya, bagaimanapun, cinta dan gairah mengalahkan dia dan pasangan menjadi kekasih. Suatu malam, Sir Agravain dan Sir Modred, keponakan Raja Arthur, memimpin sebuah kelompok dari 12 ksatria ke ruang Guinevere di mana mereka meledak di atas pecinta. Ditemukan, Sir Lancelot membuat menghindari pertempuran, tapi miskin Guinevere tidak begitu beruntung. Dia ditangkap dan dihukum mati terbakar karena perzinahan itu. Jangan takut. Sir Lancelot kembali beberapa hari kemudian untuk menyelamatkannya Guinevere tercinta dari api. Ini urusan menyedihkan keseluruhan dibagi Knights of Round Table dan melemahkan kerajaan Arthur. Miskin Lancelot berakhir hari-harinya sebagai seorang pertapa yang rendah dan Guinevere menjadi seorang biarawati di Amesbury di mana dia meninggal.

    4. Tristan dan Isolde

    Kisah cinta tragis Tristan dan Isolde telah diceritakan dan diceritakan melalui berbagai cerita dan naskah. Ini berlangsung selama abad pertengahan selama pemerintahan Raja Arthur. Isolde dari Irlandia adalah putri dari Raja Irlandia. Dia bertunangan dengan Raja Mark of Cornwall. Raja Mark dikirim keponakannya, Tristan, ke Irlandia untuk mengawal Isolde kembali ke Cornwall. Selama perjalanan, dan Tristan Isolde jatuh cinta selamanya. Isolde tidak menikah dengan Mark of Cornwall, tapi tidak bisa membantu tetapi kasih Tristan. Kisah cinta berlanjut setelah pernikahan. Ketika Raja Markus akhirnya mengetahui peristiwa itu, ia memaafkan Isolde, tapi Tristan dilarang dari Cornwall. Tristan pergi ke Brittany. Di sana ia bertemu Iseult Brittany. Dia tertarik padanya karena kemiripan namanya menjadi cinta sejatinya. Dia menikahinya, tapi tidak pernikahan sempurna karena kasih-Nya untuk “benar” Isolde. Setelah jatuh sakit, ia dikirim untuk Isolde dengan harapan bahwa ia akan bisa menyembuhkannya. Jika dia setuju untuk datang, layar kapal kembali itu akan menjadi putih, atau layar akan hitam jika dia tidak setuju. Iseult, melihat layar putih, berbohong kepada Tristan dan mengatakan kepadanya bahwa layar hitam. Dia meninggal kesedihan sebelum Isolde bisa menghubunginya. Isolde meninggal tak lama setelah karena patah hati.

    5. Paris dan Helena

    Diceritakan dalam Iliad karya Homer, kisah Helen of Troy dan Perang Trojan adalah sebuah legenda heroik Yunani, menggabungkan fakta dan fiksi. Helen of Troy dianggap salah satu wanita paling cantik di semua literatur. Dia menikah dengan Menelaus, raja Sparta. Paris, putra Raja Priam dari Troy, jatuh cinta dengan Helen dan menculik dia, membawanya kembali ke Troy. Orang Yunani membentuk sebuah pasukan besar, dipimpin oleh saudara Menelaus itu, Agamemnon, untuk mengambil Helen. Troy hancur. Helen kembali dengan selamat ke Sparta, di mana dia hidup bahagia dengan Menelaus selama sisa hidupnya.

    6. Orpheus dan Eurydice

    Orpheus dan Eurydice cerita adalah kisah yunani kuno cinta putus asa. Orpheus jatuh sangat cinta dengan dan menikah Eurydice, seorang bidadari yang indah. Mereka sangat mencintai dan sangat bahagia bersama. Aristaeus, dewa Yunani dari tanah dan pertanian, menjadi sangat menyukai Eurydice, dan secara aktif mengejar-ngejarnya. Sementara melarikan diri dari Aristaeus, Eurydice berlari ke sarang ular yang menggigitnya fatal di kakinya. Bingung, Orpheus memainkan lagu-lagu sedih tersebut dan bernyanyi begitu sedih bahwa semua peri dan dewa-dewa menangis. Pada saran mereka, Orpheus perjalanan ke bawah dan dengan musiknya melembutkan hati Hades dan Persefone (dia satu-satunya orang yang pernah melakukannya), yang setuju untuk mengizinkan Eurydice kembali dengan dia ke bumi dengan satu syarat: dia harus berjalan di depannya dan tidak melihat kembali sampai mereka berdua telah mencapai dunia atas. Dalam kecemasan, ia lupa bahwa kedua perlu di dunia atas, dan dia berpaling untuk melihat, dan dia menghilang untuk kedua kalinya, tapi sekarang selamanya.

    7. Napoleon dan Josephine

    Sebuah perkawinan kenyamanan, pada usia 26 Napoleon mengambil mewah untuk Josephine. Seorang wanita tua, menonjol, dan yang paling penting kaya. Seiring waktu menarik pada, Napoleon jatuh sangat cinta dengan Josephine, dan ia dengan dia, tapi itu tidak menghalangi perzinahan di kedua belah pihak-mereka saling menghormati satu sama lain membuat mereka bersama-sama, dan gairah membakar mereka antara mereka tidak goyah , dan tulus. Mereka akhirnya terbagi, sebagai Napoleon sangat diperlukan sesuatu Josephine tidak bisa memberikan, ahli waris. Sayangnya mereka berpisah, baik bantalan cinta dan gairah dalam hati mereka, untuk selamanya.

    8. Odiseus dan Penelope

    Beberapa pasangan memahami pengorbanan pasangan ini cukup seperti Yunani. Setelah terpecah, mereka menunggu dua puluh tahun yang panjang untuk bertemu kembali. Perang mengambil Odiseus pergi tak lama setelah pernikahannya dengan Penelope. Meskipun ia memiliki sedikit harapan kembali, ia menolak dengan 108 pelamar yang ingin menggantikan suaminya. Odiseus sama dikhususkan, menolak menawarkan penyihir yang indah tentang cinta abadi dan kemudaan abadi, sehingga ia bisa kembali ke rumah untuk istri dan anaknya. Hari ini Valentine, mengambil isyarat dari Homer, dan ingat bahwa cinta sejati layak menunggu.

    9. Paolo dan Francesca

    Paolo dan Francesca yang dibuat terkenal oleh karya Dante itu “Divine Comedy”. Ini adalah kisah nyata: Francesca menikah dengan Gianciotto Malatesta orang yang mengerikan, tapi dia memiliki saudara Gianciotto itu, Paolo, sebagai kekasih. Cinta di antara mereka tumbuh ketika mereka membaca bersama sebuah buku (menurut Dante) tentang Lancelot dan Guinevere. Ketika dua kekasih ditemukan mereka dibunuh oleh Gianciotto.

    10. Scarlett O’Hara dan Rhett Butler

    “Pergi dengan angin” dapat diidentifikasi sebagai salah satu bagian karya sastra abadi di dunia ini. Karya terkenal Margaret Mitchell telah mencatat cinta dan benci hubungan antara Scarlett O’Hara dan Rhett Butler. Membuktikan bahwa waktu adalah segalanya, Scarlett O’Hara dan Rhett Butler sepertinya tidak pernah cukup selaras. Sepanjang kisah epik, ini pengalaman dua orang pemain gairah menggelora tapi tidak permanen, dan pernikahan mereka mencerminkan badai pertempuran Perang Sipil sekitarnya. Para Scarlett genit, promiscuous, dan terus-menerus dikejar tidak dapat membuat pikirannya di antara sekian banyak pelamar. Ketika ia akhirnya memutuskan untuk menetap di bahagia dengan Rhett, alam berubah-ubah ia sudah didorong pergi. Harapan mata air abadi di licik pahlawan kami, bagaimanapun, dan novel berakhir dengan Scarlett menyatakan, “Besok adalah hari yang lain.”

    • apaan sih ini? kalo menterjemahkan dari artikel luar, ya diperhatiin juga dong hasil terjemahannya, di edit dulu.. ck ck ck, beginilah kalo terbiasa copas mentah2.. budaya plagiat masih aja dipraktikan, kapan indonesia bisa maju kalau rakyatnya seperti ini semua?

    • Wah kok nggak malu sich udah copast nggak edit segala, lagian kebanyakan cinta mereka itu cinta terlarang, cleopathra itu gila kekuasaan bukannya cinta pada anthony, dia itu bunuh diri karena lebih baik mati ketimbang kalah oleh bangsa romawi dan diliaht orang banyak intinya dia itu tidak mau hidup susah jadi apapun dilakukan! itu bukan cinta tapi serakah!

    • tragis lah..orang sebagian besar cinta terlarang kok..ujung” nya pasti tragis..kalo jalan” lurus” aja masa iya smpe tragis gitu..Tuhan gk tidur kali

  2. * 5 Penulis Terkenal Di Dunia

    1. Enid Blyton

    Bila Anda termasuk penggemar cerita fiksi anak, pasti Anda ingat dengan novel “Lima Sekawan”. Novel fiksi yang selalu bercerita tentang petualangan 4 orang anak dan seekor anjing ini berhasil mencuri hati para pembaca.
    Penulisnya sendiri adalah warga Inggris yang lahir pada 11 Agustus 1897 dan meninggal pada 28 November 1968. Selain Lima Sekawan, Enid Blyton juga menulis novel dengan tokoh Sapta Siaga dan Pasukan Mau Tahu.

    2. J.R.R Tolkien

    Nama penulis terkenal yang satu ini mungkin tidak terlalu akrab di telinga masyarakat Indonesia. Tapi film “The Lord of The Rings” yang fenomenal tentu sudah pernah Anda dengar. Film tersebut berdasarkan novel yang ditulis oleh J.R.R Tolkien sekitar tahun 1954-1955.
    Novel “The Lord of The Rings” sendiri adalah lanjutan dari novel pertama J.R.R Tolkien yang berjudul “The Hobbit” yang ditulisnya sekitar tahun 1937. Penulis yang berkebangsaan Inggris ini lahir pada 3 Januari 1892 dan meninggal pada 2 September 1973.

    3. Sir Arthur Ignatius Conan Doyle

    Anda tentu pernah mendengar nama Sherlock Holmes. Nama ini adalah nama tokoh fiksi yang merupakan seorang detektif dengan kemampuan otaknya yang sangat cerdas. Siapa penciptanya? Siapa lagi kalau bukan Sir Arthur Ignatius Conan Doyle.
    Seorang laki-laki berkebangsaan Inggris yang lahir pada 22 Mei 1859 dan meninggal pada 7 Juli 1930. Tokoh detektif Sherlock Holmes sendiri lahir tahun 1886 dan terinspirasi oleh salah satu dosen Doyle bernama Dr.Joseph Bell.

    4. J.K Rowling

    Nama penulis terkenal yang satu ini tentu sudah tidak asing lagi. J.K Rowling, namanya langsung melejit seiring dengan naiknya kepopuleran Harry Potter, si anak penyihir yang memiliki bekas luka di dahi.
    Pada awal tahun 1990-an, penulis wanita ini mendapat ide untuk menulis kisah Harry Potter. Di tengah kesulitan ekonomi, J.K Rowling harus menulis di lembaran-lembaran tissue yang dilakukan di kedai-kedai kopi. Walau sempat ditolak penerbit beberapa kali, akhirnya Harry Potter pun berhasil diterbitkan, bahkan melejit di berbagai belahan dunia.
    Single parent yang awalnya berbelas kali ditolak naskahnya oleh penerbit ini, akhirnya meraih sukses dengan terbitnya Harry Potter and The Sorcerer Stone. Ia tercatat sebagai penulis terkaya saat ini. Tahun 2009-2010 harta yang diraihnya sekitar 170 juta Pounds atau 9 dollar per detik. JK Rowling dikabarkan memiliki total aset sejumlah 560 juta pounds.

    5. Agatha Christie

    Bagi penggemar novel detektif, Anda tentu tidak asing dengan nama penulis terkenal yang satu ini. Agatha Christie yang lahir pada 15 September 1890 dan meninggal pada 12 Januari 1976, telah menulis sedikitnya 80 cerita kriminal yang sangat rumit, baik dalam bentuk novel maupun cerita untuk sandiwara teater.
    Hercule Poirot dan Miss Marple adalah tokoh fiksi yang ia ciptakan untuk memecahkan kasus-kasus pelik dalam ceritanya. Alur cerita yang rumit, teka-teki yang memusingkan, dan akhir cerita yang kadang mengejutkan, telah membuat banyak pembaca jatuh hati pada penulis wanita yang satu ini.

    * 5 Penulis Terkenal dan Terkaya Di Dunia

    1. James Patterson

    Lelaki ini adalah pemilik sebuah penerbitan di Amerika yang bernama Hachette, sekaligus juga penulis. Novel terbarunya, A Long Came a Spider, menghasilkan 30 juta pounds.

    2. Stephanie Meyer

    Kekayaan wanita ini mencapai 40 juta dolar. Nama penulis terkenal dunia ini mulai tenar sejak karya best sellernya yaitu tetralogi Twilight, yang berkisah tentang percintaan manusia, vampire dan manusia setengah srigala launching di awal tahun 2008. Twilight Saga, buku pertama dari tetralogi tersebut, menjadi pembuka kesuksesan Stephanie Meyer.

    3. Stephen King

    Dedengkot penulis novel thriller ini karyanya telah lama menjadi perhatian masyarakat dunia. Kekayaannya tercatat hingga lebih dari 34 juta dolar. Karya-karyanya atara lain IT, Congo, serta yang paling baru adalah Under The Dome.

    4. Ken Follet

    Pundi-pundi hasil menulisnya mencapai 20 juta dolar. Karya terbarunya, Pilars Of The Earth, juga masuk dalam deretan buku booming di Amerika.
    Daniele Steel
    Penulis wanita yang sudah gaek ini, masih mampu meraih pundi-pundi sebesar 32 juta dolar hingga saat ini. Ia terkenal sebagai penulis seabrek novel bertema romantis yang telah diterjemahkan ke dalam berbagai bahasa termasuk bahasa Indonesia. Danielle dibayar per bukunya sebesar 7 juta dolar saat ini.

    5. Nicholas Sparks

    Tema yang diangkat oleh Nicholas Sparks dalam bukunya kebanyakan adalah tema romance atau percintaan. Ia mampu mengumpulkan hingga 14 juta dolar dari royalti penjualan bukunya.
    Nama penulis terkenal dan terkaya dunia di atas semoga dapat menjadi pemicu bagi para penulis pemula untuk terus mengasah bakat dan kemampuan merangkai kata dan ide menjadi sebuah buku yang bermutu.
    Itu adalah beberapa nama penulis terkenal yang karya-karyanya sudah sangat melambung diberbagai belahan dunia. Apakah Anda ingin mengikuti jejak mereka? Menulislah mulai dari sekarang dan ciptakan karya yang mengejutkan seperti mereka.

  3. STOPP PRESS…!!! Anda jangan kemana2 dulu. Inilah dia 10 BUKU yang Mampu MENGUBAH DUNIA.

    1.Geographia, Ptolemy

    Pada tahun 160, seorang ahli geografi Yunani bernama Claudius Ptolomeus menulis sebuah buku bernama Geographia. Dalam buku itu disebutkan bahwa Iabadiou adalah sebuah negeri yang subur, menghasilkan banyak emas, dan mempunyai bandar niaga bernama Argyre yang tempatnya di ujung barat negeri itu. lobadiou adalah Jawa. Sedangkan Argyre adalah bahasa Yunani yang berarti perak.

    2.The Canterbury Tales, Geoffrey Chaucer

    Bagi Anda yang pernah mempelajari karya-karya sastra Inggris Periode Abad Pertengahan (1150-1400) pasti mengenal seorang sastrawan terkenal Inggris, Geoffrey Chaucer (1340 – 1400). Chaucer boleh dibilang penyair terbesar abad pertengahan. Akhir abad pertengahan adalah milik Chaucer atau sering disebut The Age of Chaucer (Zaman Chaucer). Chaucer tergolong orang yang serba bisa. Ia seorang penguasaha, pejabat pemerintah, perantau, prajurit, ilmuwan, penyair dan lain–lain. Karya terbesar Chaucer adalah The Canterbury Tales. Karya ini mengisahkan sebuah ziarah imajiner para biarawan pada 11 April, 1387 menuju Katedral Canterbury untuk mengunjungi pusara Santo Thomas A. Beckett.

    3.Lady Chatterley’s Lover, D H Lawrence

    Lady Chatterley Lover adalah roman sastra terkenal yang kini telah menjadi karya klasik dalam khazanah sastra dunia. Novel karya penulis Inggris D.H. Lawrence ini terbit pertama kalinya pada tahun 1928. Sadar bahwa novelnya tak mungkin diterbitkan di Inggris, maka Lawrence menerbitkannya sendiri di Florence, Italia. Novel ini menuai kontroversi karena deskripisi persetubuhan antara dua orang yang berbeda strata sosial begitu kentara dan bertaburan disepanjang novelnya. Hal yang saat itu masih dianggap tabu untuk diungkap secara eksplisit dalam sebuah karya sastra.
    Beberapa pedagang buku di Inggris menolak novel ini dijual di toko-toko mereka. Sementara itu buku yang dikirimkan kepada para pemesan di AS sering disita oleh pihak otoritas bea cukai. Bahkan Presiden Eisenhower menganggapnya sebagai bacaan “dreadful”

    4.The Republic, Plato

    Salah satu karya monumental Plato adalah The Republic, yang dalam bahasa Yunani artinya “sistem politik.” Karya ini ditulis kira-kira pada 380 SM, dan dipandang sebagai salah satu karya filsafat dan teori politik yang paling berpengaruh. Ini juga merupakan karya Plato yang paling terkenal. Plato menghasilkan sejumlah karya, yang berkaitan dengan filsafat politik, seperti Republic, Statesman, dan Laws. Namun, Republic adalah pusat dari filsafat politik Plato. Karena, karya-karya Plato yang lain –seperti Apology, Charmides, Crito, Euthydemus, Gorgias, Protagoras, dan Menexenus—bisa dipahami dengan melihat hubungannya pada teks utama di Republic. Makalah ini mencoba mengangkat sejumlah pemikiran Plato di bidang politik. Untuk menyederhanakan dan memudahkan pembahasan, pemikiran Plato yang diulas di sini dibatasi pada topik-topik tertentu. Pemikiran Plato itu akan dianalisis dengan membandingkannya pada pemikiran tokoh-tokoh lain, serta coba ditempatkan dalam konteks masa kini.

    5.On Liberty, John Stewart Mill

    Sebagian besar teori Mill sekarang terintegrasi penuh ke dalam demokrasi modern – terutama kebutuhan untuk melindungi hak-hak individu.

    6.The Histories, Herodotus

    Buku ini merupakan sumber banyak pengetahuan tentang dunia kuno dan landasan sejarah dalam sastra Barat.

    7.Canon Of Medicine, Avicenna

    Dibawa bersama dengan pengetahuan dan teori-teori Yunani Kuno, Persia, dan obat-obatan India dan dikombinasikan dengan pemahaman kontemporer abad ke 11, buku ini telah meletakkan dasar-dasar ilmu kedokteran modern.

    8.The Interpretation Of Dreams, Sigmund Freud

    Walaupun banyak dari teori-teori Freud kini tak digunakan lagi oleh spesialis modern, namun konsep tentang alam bawah sadar tetap banyak mempengaruhi cara orang berpikir tentang diri mereka sendiri.

    9.The Analects, Confucius

    Sebuah teks yang benar-benar radikal di masanya, Analects telah menjadi pengaruh yang dominan terhadap pemikiran Cina dan budaya.

    10.Principia Mathematica, Isaac Newton

    Principia Newton, yang diterbitkan pada tahun 1687, meletakkan banyak dasar bagi fisika modern dan matematika.

  4. lebih baik lg klo makamnya jgn diganggu2….biarkan sang pengarang romeo n juliet ttp dimakamnya….

  5. koq pada ribut sech,,,,,,,,tnggal baca doank,,,,,,,,kalau ga mau baca,tnggal ttup kan beres,,,,,,,,

  6. kalo kita yakin dan percaya pada tuhan pasti kutukan nya nga akan mmpan yakin aja dehh…

  7. ah bagi aku karya kutukan ini tidak sepenuhnya nyata karena kutukan hanya akan terjadi kalo kita durhaka

  8. “Sumpah orang yg sudah mati . . . .
    knapa ga da yg berani mindahin tulang’a hanya karna sumpah yg iya tulis , ,
    hanya orang”yang tdak beriman yang tkt pada aktifitas orang yang sudah wafat . .

  9. sy pikir itu hanya mitos, karna sbenarnya siapa itu Shakespeare sndiri msih blm diketahui….Shakespeare sndiri adalah nama smaran yg digunakan oleh seorang bangsawan Inggris dlm setiap karya tulis jg dramanya….hal ini ia lakukan karna pada masanya drama atau pertunjukan lakon adlah hal yg tabuh bagi seorang bangsawan dan sangatlah hina….

  10. kalo orang luar negri tulang manusia dijadiin penelitian,tapi kalo sumanto tulang manusia justru dijadiin sop tulang hehehe……

    • Dampak kentutan itu sering terjadi di belahan dunia kita.
      Contohnya kalau kamu mules pasti ketut orang lain ya lari kan????????

  11. Makane mas yang punya blog Misteri … tulis dong karya orang Indonesia … Malin Kundang… Roro Jonggrang… Timun Mas ( Dijamin ngga ada yang baca he he he he he )
    Kutukan Mas Skakespeare : Kalau ada yang berani gali kuburnya dia, bisa ngga beol sampe mati … Kalo anjar bilang kan kutukan beol ngga berenti-berenti salah tuh… abis minum entrostop kan langsung berhenti beolnya …. ha ha ha ha ha ha ha ha ha ha ha ha:)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s