Peradaban Troy


Troy merupakan sebuah kota kuno dalam kitab Iliad,epik terkenal karangan penyair Yunani kuno Homer. Kota dan peradaban ini pernah dianggap sebagai mitos dan khayalan semata, sama persis dengan kisah-kisah tentang peradaban Atlantis dan Lemuria.
Namun pandangan tersebut akhirnya tumbang,bermula setelah seorang cendekiawan Inggris, Charles McClaren,pada tahun 1822 berpendapat bahwa Troy yang dimaksud Homer kemungkinan besar berada di Turki.Dia menunjuk sebuah gundukan tanah luas yang disebut Hisarlik dekat Dardanella,yaitu sebuah kawasan di laut sempit yang menghubungkan Laut hitam dan Aegea.

Setelah itu seorang arkeolog Jerman,Heinrich Schiliemann,mulai mengadakan penggalian terhadap gundukan di Hisarlik pada tahun 1871. Baru pada 1873,Schliemann berhasil menemukan sisa-sisa sebuah kota yang sangat kuno yang ia percayai sebagai reruntuhan peradaban Troy.

Selain itu,ia bersama para krunya juga menemukan harta karun emas dan perak yang ia sebut sebagai harta karun Priam,sesuai dengan legenda Raja Troy yaitu Priam yang disebutkan dalam epik karangan Homer, Iliad. Namun sayangnya,harta-harta karun tersebut malah ia selundupkan keluar Turki untuk membawanya ke Eropa.

Sembilan Lapisan Kota Troy yang telah porak-poranda Pada tahun 1876,Schliemann kembali melakukan penggalian di kawasan Mycenae,Yunani.Dia menemukan apa yang dia pikirkan sebagai makam Agamemnon,seorang Raja musuh bangsa Troy dalam Epik Iliad.
Baru pada tahun 1890-an,Wilhem Dorpfield menunjukkan bahwa gundukan di kawasan
Hisarlik tersusun dari sembilan lapisan sisa-sisa kota,dari penemuan ini bisa kita ketahui bahwa sangat tua umur peradaban Troy itu,mungkin berada satu era dengan peradaban Atlantis.

Lebih lanjutnya ia mengatakan kemungkinan peradaban tersebut berakhir dengan sempurna dikarenakan kota ini dihancurkan oleh gempa bumi dan air bah dasyat yang terjadi selama sembilan kali.Setiap orang yang selamat kembali membangun di atas reruntuhan kota tersebut. Schliemann menganggap bahwa Troy yang dikatakan oleh Homer mungkin adalah Troy II (2), yaitu lapisan reruntuhan kota ke-dua dari bawah. Sedangkan menurut Dorpfield berpendapat itu adalah Troy ke-VI. Masa Troy 5 menurut para peneliti mungkin berasal dari zaman perunggu (sekitar 3000 SM-1900 SM),sedangkan sampai saat ini belum ada penjelasan mengenai Peradaban Troy keberapakah yang dimaksudkan Homer dalam Iliad-nya.Yang pastinya peradaban tersebut mungkin benar adanya berasal dari era ke-2/ke-3 yaitu ketika berada di zaman es 11.000-10.000 tahun yang lalu.

Sekarang, teka-teki suatu peradaban yang dulunya dianggap hanyalah sebuah mitos telah berhasil dipecahkan dan ditemui kebenarannya,tinggal menunggu perkembangan dari pencarian reruntuhan terhadap peradaban Atlantis dan Lemuria.

19 thoughts on “Peradaban Troy

  1. Kebenaran mungkin bisa kita terima bahwa bangsa Troy telah ada sejak 10.000 – 11.000 tahun yg lalu. Tpi kebenaran bahwa Adam adalah manusia pertama itu TIDAK BENAR, karna Al-Qur’an tidak pernah menyebut Adam sebagai manusa pertama, demikian pula istrinya yaitu Hawa. Banyak ayat Al-Qur’an yg justru memberikan indikasi kuat bahwa Adam dan Hawa adalah salah satu saja dari sekian banyak umat manusia yg sudah ada pada waktu itu salah satu indikasi kuat terdapat pada QS. Al A’raaf (7): 11 ayat itu dimulai dengan kalimat “menciptakan kamu sekalian”. Artinya, waktu itu Allah sudah menciptakan banyak manusia di muka bumi. Baru kemudia memerintah para malaikat untuk bersujud kepada Adam. Sayangnya, dalam kita terjemahan bahasa Indonesia kata ‘kum’ itu ditafsiri sebagai Adam dii sebelah kata ‘kamu’ diberu penjelasan dengan kata dalam kurung – (Adam). Padahal kita tahu bahwa ‘kum’ adalah bermakna jamak – KALIAN SEMUA.
    QS. Al Baqarah (2): 30 Ayat ini sering dipakai oleh sebagian besar kita untuk menjelaskan bahwa Adam adalah manusia pertama. Karena di sana digambarkan dialog antara Allah dengan malaikat, untuk menjadikan Adam sebagai khalifah di muka bumi. Padahal justru ayat ini menegaskan bahwa Adam bukanlah manusia pertama. Melainkan adalah salah satu manusia yg terpilih dari sekian banyak manusia yg sudah ada di jaman itu.
    Ada 1 hal yg menunjukkan itu. Yg pertama, adalah kata inni ja’ilun fil ardhi khalifah – “Sesungguhnya Aku hendak MENJADIKAN seorang KHALIFAH di muka bumi”. Kalimat tersebut tidak menggunakan kata ‘menciptakan’ (khalq) melainkanmenggunakan kata ‘menjadikan’ (ja’ala). Jadi bukan mengadakan dari TIDAK ADA menjadi ADA, melainkan MEMILIH dari yg sudah ada menjadi khalifah alias pemimpin bagi umat manusia di jaman itu. Kata MEMILIH itu lebih jelas lgi pda ayat QS. Ali Imran (3): 33 – Allah menggunakan kata isthofaa yg secara eksplisit berarti ‘memilih dari yg sudah ada’. Dan lebih jelas lgi, dalam ayat itu Allah membandingkan dengan nabi-nabi lainnya seprti Nuh, keluarga Ibrahim dan keluarga Imran. Mereka semua adalah orang-orang yg terpilih pada jamannya. Orang yg terpilih tidak lain dan tidak bukan ialah seorang nabi. Jadi Adam dan Istrinya Hawa BUKANLAH MANUSIA pertama dan ke dua.

  2. Kemungkinan adanya dulu peradaban di tempat itu bisa saja. Yang meragukan adalah usia peradaban itu sendiri yang katanya berkisar 10.000-11.000 tahun yang lalu. Sedangkan manusia pertama saja yaitu Adam dan Hawa ditaksir paling banter sekitar 5000-7000 tahun yang lalu.

  3. nah, kota Troya ini yang disebut sebagai Atlantis dlm buku “masa depan sjarah silam : sbuah pmikiran arkeologi abad 21” krya Eberhard Zangger itu……

  4. achiles tu kalah ma paris adiknya hector. hector mati ditangan achiles. koll beda ya dengan yang ada di game zeus master of olymus? kalo di gem, yang yang menjadi penantang itu hector sedangkan heronya achiles kakeknya hercules.

  5. achiles tu kalah ma paris adiknua hector. hector mati ditangan achiles. koll beda ya dengan yang ada di game zeus master of olymus? kalo di gem, yang yang menjadi penantang itu hector sedangkan jeronua achiles kakeknua hercules.

  6. halah weleh-wweleh….achilles?
    kok komentar tuh yan membangun bukan kagak nyambung!

  7. wadoeh…masa achilles mati gara2 ketabrak becak..??
    untung gak ketabrak pesawat yaa..hwehe!!

  8. achilles kalah sama kang samijan.. kemarin dia bilang sama aku.. katanya achilles tu mati gara-gara ketabrak becak..

  9. smuanya tu emang ga bsa di ungkap scara pzti cz saksi sejarah nya jg udah pda ga ada kn.. biar dh dunia ungkap misterinya sendiri he..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s