Super Earth


Planet baru mirip Bumi ini sering dipanggil “Super Earth” oleh para Astronom Berita rada basi nih…tapi top! Para Astronom di Garcing, Jerman, tgl 25 April Kemaren mengumumkan kesuksesan mereka menemukan sebuah Planet yang memiliki kemiripan ma Bumi di luar sistem Tata Surya Matahari.

Planet tsb mengorbit pada Bintang yang disebut Gliese 581. Suhu planet ini diperkirakan “friendly” banget sama kita-kita para makluk hidup,yaitu 0 hingga 40 derajat celcius.

Menurut para Astronom,dengan suhu segitu, kemungkinan disana memiliki sumber air di permukaannya,tentunya air dalam bentuk cair,mengingat suhu planet tsb temperaturnya tidak kurang dari titik beku air dan sangat jauh dari titik didih air. Letak-nya sendiri yang terpantau dari Telskop ESO 3,6m di Chilie, berjarak sekitar kurang lebih 20,5 tahun cahaya dari sistem tata surya kita,jauh amat ya…

  • Orbit: 13 hari
  • Suhu: 0 – 40 derajat Celcius
  • Jarak: 20,5 tahun cahaya
  • Gugus bintang: Libra

Ukuran Planet yang belum diberi nama tsb lebih besar 1,5 kali bumi dan diperkirakan permukaannya terdiri dari bebatuan,sama kaya Bumi. Untuk mengetahui ada tanda-tanda kehidupan atau tidak di planet itu,para Ilmuan kini telah menempatkan teleskop khusus untuk memantaunya. Uniknya dari planet baru ini adalah masa orbitnya terhadap bintang Gliese 581,yaitu hanya membutuhkan waktu 13 hari,artinya satu tahun di planet itu sama dengan 13 hari di Bumi!!!cepetnya…

Gliese 581, jauh lebih dingin dan redup dari Matahari
Gliese 581 yang berhasil diidentifikasi oleh fasilitas European Southern Observatory di La Silla, di padang pasir Atacama,mempunyai ukuran lebih kecil dari Matahari,lebih dingin, dan tidak memiliki cahaya sehebat matahari. Paling tidak ada 3 planet loh yang berputar mengelilingi Gliese 581, yang pertama ya planet yang mirip bumi tadi, yang kedua palenet yang besarnnya sekitar 15 kali massa bumi, an yang ketiga lebih besar 8 kali dari bumi dan jararaknya paling jauh dari Gliese 581.

Tentunya dari penemuan ini, para Ilmuan menaruh banyak harapan sama tu planet. Katanya bisa buat tempat tinggal cadangan bagi manusia jika bumi udah mulai ngambek! weqs, tapi masalahnya naik apa kesana? cahaya aja yang cepetnya minta ampun butuhin waktu 20,5 tahun untuk sampai kesana (perhitungannya dari sistem tata surya kita loh)

32 thoughts on “Super Earth

  1. daripada repot pindah kesana,belum jelas ada orang jual mie ayam,mendingan kredit rumah susun sebulan cuma 250 rb,mau

  2. Mencari koloni baru memang sulit. Paling2 nanti kalo daratan sudah penuh mungkin manusia membangun koloni baru di bawah air atau di dalam tanah.

  3. Allah swt pernah berfirman bahwa hanya bumi yag cocok untuk manusia,ma’f(lupa ayat sama surat’y) tp yag jelas emag cuma bumi, karna nabi adam dan hawa d turunkan d bumi sbagai khalifah bumi,

  4. Yang jelas, masalahnya tidak sesederhana itu. Faktor kesesuaian suhu serta keberadaan air saja tidak cukup menjadi syarat sebuah planet agar bisa dihuni manusia. Masih ada hal lain yang perlu jadi perhitungan bila memikirkan membuat koloni baru di planet lain. Beberapa diantaranya adalah :

    1) Komposisi udara.
    Udara di bumi sebagian besar terdiri atas O2, CO2, dan N2. Perbandingannya juga sudah tertentu sehingga cocok bagi kelangsungan hidup semua mahluk. KIta tidak tahu apakah di planet lain unsur2 semacam itu ada, dan jikapun ada apakah perbandingannya sesuai seperti di bumi. Jangan2 yang banyak cuma gas beracun seperti amoniak atau metana ?

    2) Kekuatan gravitasi.
    Gravitasi yang terlalu kuat atau terlalu lemah, jika berlangsung dalam waktu kronis bisa menyebabkan kekacauan aliran darah serta membahayakan jantung. Umat manusia di bumi tidak mengalami kejadian seperti itu karena sifat2 tubuhnya dari lahirnya memang sudah sesuai dengan kekuatan gravitasi bumi.

    3) Lapisan atmosfir serta tingkat radiasi.
    Atmosfirnya harus cukup buat menyaring semua radiasi berbahaya serta pecahan benda2 langit. Selain itu bintang terdekat ke planet tersebut harus dipastikan tidak memancarkan radiasi berbahaya melebihi batas daya saring atmosfir. Kita di bumi terlindung dari radiasi ultraviolet yang berbahaya karena adanya lapisan ozon di atmosfir bumi.

    4) Stabilitas dan komposisi tanah
    Planet tersebut harus dipastikan bukan planet yang rawan gempa. Selain itu tanah di sekitarnya harus dipastikan cocok buat budidaya tanaman pangan yang berasal dari bumi. Jikapun tidak bisa begitu setidaknya terdapat produk tanaman asli yang sesuai buat dikonsumsi manusia.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s