Kutub Utara Magnet Bumi Bergeser


Bumi adalah magnet raksasa yang memiliki dua kutub sehingga kompas dapat selalu menunjuk arah utara dan selatan. Meskipun demikian letak kutub-kutubnya tidak selalu tetap. Menurut para ilmuwan, kutub utara magnet Bumi bergerak dari Kanada ke Siberia secara signifikan.

Kutub-kutub magnet adalah bagian Bumi yang dibentuk oleh besi cair dalam inti Bumi. Letak dan arahnya berbeda dengan kutub geografis yang merupakan sumbu putaran Bumi.

Para ilmuwan telah lama mengetahui bahwa kutub magnet Bumi bergerak ke lokasi yang berbeda. Meskipun demikian, mengapa pergerakan ini terjadi masih belum diketahui. “Ini mungkin bagian dari pergerakan normal dan secara bertahap akan kembali ke Kanada,” kata Joseph Stoner, seorang ahli paleomagnetik dari Oregon State University dalam pertemuan American Geophysical Union, Kamis (8/12).

Penelitian sebelumnya menunjukkan bahwa kekuatan magnet Bumi menurun 10 persen dalam 150 tahun terakhir. Sedangkan analisis terbaru Stone menunjukkan bahwa selama periode tersebut, kutub utara magnet juga bergerak sejauh 1.100 kilometer dari Kutub Utara. Meskipun demikian, kemungkinan hilangnya sifat magnetik sangatlah kecil.

Kutub utara magnet Bumi pertama kali ditemukan pada 1831 dan ketika diukur kembali pada 1904, para peneliti menemukan bahwa letaknya telah bergerak sejauh 50 kilometer. Menurut para peneliti Oregon, tingkat pergerakan kutub magnet itu meningkat seabad terakhir dibandingkan abad-abad sebelumnya.

Selama berabad-abad, pemandu arah yang menggunakan kompas harus belajar untuk menyesuaikan perbedaan antara arah utara magnet dengan arah utara geografis Bumi. Sebab, sebuah kompas akan menunjuk arah utara magnetik bukannya arah Kutub Utara. Sebuah kompas yang membaca arah utara di Oregon, misalnya, menunjukkan arah 17 derajat sebelah timur Kutub Utara.

Untuk mengetahui pergerakan kutub magnet Bumi, Stoner dan para ilmuwan lainnya mempelajari endapan yang direkam dari beberapa danau di Arktik. Endapan-endapan tersebut merekam medan magnetik Bumi pada waktu tertentu. Para ilmuwan menggunakan detektor karbon untuk melacak perubahan medan magnetnya.

Dengan cara itulah mereka menemukan bahwa arah utara magnet berubah secara signifikan dalam 1.000 tahun terakhir. Perubahannya bergerak antara Kanada bagian utara dan Siberia, tapi kadang-kadang ke arah yang berbeda.

17 thoughts on “Kutub Utara Magnet Bumi Bergeser

  1. Semua kejadian yang terjadi di bumi ini pasti dan mungkin terjadi, kita tidak mungkin bisa terhindar dari itu,,,, maka dari itu kita sebagai manusia harus senantiasa menjaga dan merawat bumi ini,,,, dan harus bersyukur pada Tuhan…..

  2. tambah pusing deh ma comment2 kalian.. masak ada matahari berevolusi thd bumi? trs, bumi jg bs kebalik? jangan gila doonggggggggg…

    • khayallllll bgt gitu lhoooooooooooooooooooooooo
      klo bayangin tuh jgn tinggi2 nanti jatuh pasti sakit bayangin kok jauuuuuuuuuuh bgt kyk monyet nikah ma paus!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!ingat tuhhhhhhh

  3. duhh klo magnet bumi bergeser bisa2 bumi bisa kebalik n kehidupan di bumi JANGAN2 JUGA BISA KEBALIL IKHHHHHH TAKUT!

    • woookehhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhh
      ide bagusss banget tuuuu!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

  4. bumi bergeser sedikit aja dah papa panik
    coba kalo bumi berputar setiap hari dari barat ketimur apa yang terjadi? pasti dah pada retak semua. gunung-gunung bertaburan memuntahkan laharnya. angin akan bertiup kencang sekali….

    mungkin tidak adanya ketenagan malam karna bumi bergerak cepat sekali?????

    jadi kesimpulannya bumi tidak bergerak mataharilah yang bergerak mengelilingi bumi.

    memang dunia dan seisinya ajaib.
    bumi tanpa penyanggapun bisa ada bergantungan/mengambang di angkasa. tapi ingatlah suatu saat akan terjadinya ketidak setabilan bumi dan alam sekitar yang akan mengakibatkan berakhirnya dunia

  5. einstein juga mendukung pergeseran kutub dengan teori relativitas gejolak bawah bumi, setiap saat setiap hari bumi kita memang terjadi pergejolakkan dan menggeser keberdaan kutub bumi, aku lebih meyakini bahwa negara atlantis terletak di kutub selatan, bukan diindonesia hal ini karena didasarkan kepunahan peradaban oleh pergeseran kutub bumi.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s