Legenda Sinterklas


Legenda Sinterklaas muncul pada ribuan tahun silam. Dewa perang dalam legenda Eropa Utara, saat musim dingin, menunggang kudanya yang berkaki 8 berlari cepat ke ujung langit penjuru laut, menjatuhkan hukuman kepada yang jahat dan memuji yang baik, membagikan hadiah. Pada saat yang sama, anaknya yaitu Dewa Petir yang berbusana merah dengan petir sebagai senjatanya berperang dengan semua dewa salju di kegelapan malam, yang berakhir dengan kemenangannya.

Ada juga legenda yang mengatakan bahwa Sinterklaas berasal dari St. Nicholas, karenanya Sinterklaas juga disebut St. Nicholas, oleh karena kisah-kisah ini sebagian besar mengobarkan semangat Kristen, tempat asal, alur cerita kebanyakan telah dilupakan, namun Sinterklaas malah kekal abadi di dalam dunia rohani banyak orang. Setiap tahun pada hari Natal, Sinterklaas menunggang di atas konstelasi Aries, bocah suci memegangi pohon cemara (pohon Natal) turun ke dunia manusia, namun seiring dengan perubahan kehidupan manusia, pengarang dan seniman mulai melukiskan Sinterklaas menjadi wujud Sinterklaas berbusana merah dan berjanggut putih yang kita kenal sekarang.

Bersamaan itu juga terdapat penjelasan yang berbeda terhadap negara dan budaya yang berbeda. Asal-usul Sinterklaas di Jerman berdasarkan pada cerita Dewa Woden (dari sini juga muncul istilah ‘Wodenesday’ atau hari Woden, di mana kita menyebutnya Wednesday (hari Rabu). Woden penting bagi para penduduk di tempat yang sekarang kita kenal sebagai Jerman dan orang-orang Teuton kuno, di samping orang-orang Inggris. Woden, yaitu seorang tokoh di dalam sejarah, digambarkan di dalam mitologi sebagai menunggang kuda putihnya melalui udara, dengan berpakaian jubah yang berjela-jela. Dia mempunyai janggut putih yang panjang dan topi yang besar kerana dia juga dipercayai mempunyai kebijaksanaan, dan dia membawa sebuah buku di dalam tangannya.

Sinterklaas ini merias diri menjadi orang suci yang meletakkan buah berkulit keras dan apel di dalam sepatu anak-anak. Ia mengendarai kereta kuda beroda dua keliling di segala penjuru, mengamati sikap dan perilaku orang-orang, terutama anak-anak, apabila memperlihatkan perilaku yang baik, akan mendapatkan hadiah berupa buah apel, buah berkulit keras, permen dan sejumlah besar hadiah lainnya. Sedangkan anak yang buruk perilakunya hanya akan mendapatkan cambuk. Inilah yang mengilhami orang tua untuk menggunakan legenda tersebut sebagai pendorong semangat anak-anak.

Di Italia, tokoh Sinterklaas muncul dari cerita mengenai seorang nenek sihir yang bernama Befana. Ia mendapatkan tugas dari malaikat untuk memberikan hadiah kepada Tuhan Yesus pada saat Yesus dilahirkan, seperti juga orang Majus, tetapi karena kelalaiannya ia datang terlambat. Oleh sebab itu Befana mendapat hukuman tiap tahun sebelum kelahiran Yesus, ia harus memberikan hadiah sebanyak mungkin kepada anak-anak kecil yang tidak mampu. Kepercayaan ini dianut oleh banyak orang, sehingga pemuka agama di Italia mengambil keputusan agar kepercayaan ini dialihkan ke Sinterklaas. Inilah awal dari kepercayaan bahwa Sinterklaas selalu memberi hadiah kepada anak-anak.

Di negeri Belanda, Santa Klaus dikenali sebagai Sinterklaas. Sinterklaas adalah seorang bisop yang memakai penutup kepala dan mempunyai sebuah buku yang mencatatkan perbuatan baik dan dosa. Dia mempunyai tongkat gembala dan menunggang seekor kuda putih di atas bumbung-bumbung rumah. Sinterklaas mempunyai seorang hamba bernama Black Peter. Di Belanda, anak-anak menyanyikan lagu-lagu di sekitar cerobong kepada Sinterklaas. Black Peter mendengar di atas cerobong itu untuk menentukan sama ada anak-anak itu menyanyikan lagu-lagu yang betul dan menyediakan pemberian-pemberian yang sesuai kepada kuda Sinterklaas, yaitu Karot dan Jerami. Hadiah-hadiah kemudian diberikan kepada anak-anak itu melalui cerobong tersebut.

Ketika kaum kolonialis Belanda tiba di benua Amerika, mereka juga membawa serta uskup Sinterklaas mereka, digambarkan mengenakan kasaya merah, dan mengendarai seekor kuda putih. Figur Sinterklaas Amerika belakangan berangsur-angsur menjadi sebuah Sinterklaas bijaksana. Awalnya, penulis Amerika yaitu Washington Owen dalam drama komedinya (Sejarah New York) melukiskan Sinterklaas sebagai seorang kakek Belanda yang gemuk dan bundar. Tahun 1823, penyair Clement Moore dalam sajak dan lagunya “Kesan St.Nicholas” mendramakan figur Saint Nicholas, itulah kakek Natal (Sinterklaas). Pada tahun 1960-an produser film kartun Thomas Nash melukis seorang kakek Natal (Sinterklaas) yang ramah-tamah dan gemuk sebagai ilustrasi.

Seiring dengan berlalunya waktu, figur Sinterklaas menyebar ke seluruh pelosok dunia. Sejumlah besar negara juga menyimpan legenda yang berhubungan dengannya. Sinterklaas dari Perancis bernama Father Christmas atau Pere Noel, Sinterklass dari Swiss bernama Christkindl atau Christ Child, dan Sinterklaas dari Inggris namanya sama dengan Perancis yaitu Father Christmas, figurnya lebih khidmat dibandingkan dengan Sinterklaas lainnya, sedikit lebih kurus. Dan Sinterklaas dari Amerika Utara adalah mengendarai rusa salju yang menarik kereta luncur membagi-bagikan hadiah.

76 thoughts on “Legenda Sinterklas

  1. STOPP PRESS..!!! Anda jangan kemana2 dulu. Inilah dia 10 HEWAN LAUT PALING BERBAHAYA di dunia.

    10. Belut Laut

    Gigitan kuat dari gigi tajam belut laut dapat mengakibatkan luka serius yang rentan terkena infeksi bakteri dari mulut hewan primitif ini. Belut ini kerap bersembunyi di celah-celah dan lubang karang pada siang hari dan berburu makanan di malam hari. Para ahli kelautan menyarankan penyelam untuk menjauhkan tangan dari celah atau lubang mencurigakan untuk menghindari serangan. Satu lagi, jangan pernah memberi makan hewan ini jika tidak mau diserang oleh kawanannya.

    9. Singa Laut

    Singa laut dapat digolongkan sebagai binatang imut, mudah dilatih, dan banyak menjadi bintang di beberapa kebun binatang. Kendati begitu, hewan ini tak jarang pula menyerang manusia. Di California, AS, beberapa kasus serangan singa laut dilaporkan terjadi di pantai Manhattan, Newport, dan San Francisco pada 2006. Beberapa ilmuwan setempat mengatakan perilaku singa laut sulit diduga dan dapat tiba-tiba menjadi agresif.

    8. Ikan Pari

    Nama hewan ini begitu banyak menyita perhatian dunia semenjak kematian tragis ahli biologi sekaligus pembawa acara Crocodile Hunter Steve Irwin pada 2006. Ekor ikan pari yang berbentuk seperti tombak dan mengandung banyak racun telah menusuk Steve dan membuatnya mengalami gagal jantung.

    7. Buaya Air Asin

    Buaya air asin memiliki reputasi sebagai salah satu pemangsa paling ganas di dunia. Hewan yang dapat tumbuh hingga lebih dari enam meter dan berbobot 1.500 kilogram ini memiliki beragam mangsa, antara lain monyet, kanguru, banteng, ikan hiu, dan bahkan manusia. Dengan menggunakan kekuatan dahsyat, buaya air asin menggigit sambil memutar-mutar mangsanya di dalam air untuk melumpuhkan dan kemudian memakannya.

    6. Ikan Singa

    Menjadi ikan favorit penghuni aquarium, ikan singa terkenal dengan duri-durinya yang beracun. Walaupun tidak terlalu mematikan pada manusia, racunnya dapat mengakibatkan sakit kepala, muntah-muntah, dan gangguan pernafasan. Menurut beberapa laporan, gejala tersebut berlangsung selama beberapa minggu.

    5. Ular Laut

    Ketakutan dasar manusia pada ular menempatkan spesies ini pada daftar hewan laut berbahaya. Namun pada kenyataannya ular laut ini hidup tersembunyi di laut dan tidak terlalu mengancam kehidupan manusia. Kendati begitu, racun ular ini tetap saja menjadi momok menakutkan. Dalam sekali gigitan, racun ular ini mampu melumpuhkan mangsa dan membunuhnya dalam hitungan detik.

    4. Ikan Buntal

    Racun mematikan bernama Tetrodotoxin (TTX) terkandung dalam ikan berbadan gendut ini. Racun yang lebih kuat dari sianida tersebut mengakibatkan kesulitan bernafas pada seseorang sebelum berujung pada kematian. Yang unik, sejumlah koki profesional di Jepang memisahkan bagian daging yang bisa dikonsumsi dari ikan buntal sebagai hidangan dengan cita rasa tinggi.
    3. Ikan Batu

    Ada dua alasan mengapa ikan ini masuk daftar hewan berbahaya. Pertama, ini adalah ikan paling beracun sedunia. Yang kedua, ikan berbentuk batu ini sangat ahli dalam hal penyamaran. Walau termasuk ikan pasif yang jarang menyerang, jangan sekali-kali menginjaknya. Racun dari duri ikan batu dapat menyebabkan kelumpuhan sementara dan kematian jika tidak segera diatasi.

    2. Hiu Macan

    Ikan hiu yang satu ini memakan segalanya. Sebut saja ikan, anjing laut, burung, cumi-cumi, hiu kecil, lumba-lumba, dan bahkan ban mobil pun akan dilahap oleh ikan bergigi tajam ini. Berdasarkan para ahli, hiu yang banyak hidup di daerah tropis ini dapat tumbuh sepanjang lima meter dengan bobot sekitar satu ton.

    1. Ubur-Ubur Kotak

    Makhluk berbentuk seperti agar-agar ini sangat berbahaya. Dalam tiap tentakel spesies ubur-ubur kotak Australia, terdapat cukup racun untuk membunuh 60 orang. Tak hanya itu, racun mematikan ini bekerja dalam kecepatan mengerikan. Cukup tiga menit dan nyawa seseorang pun akan melayang. Selain spesies tersebut, terdapat pula spesies ubur-ubur kotak asal Portugal yang konon sengatannya terasa seperti sambaran petir.

  2. STOPP PRESS..!!! Anda jangan kemana2 dulu. Inilah dia 10 HEWAN BERUMUR PALING PENDEK di dunia.

    1. Mayflies (lalat capung)

    Meskipun hewan ini memiliki jumlah lebih dari 2500 spesies yang tersebar di seluruh dunia, lalat capung tetap tergantung pada kuantitas, bukan kualitas hidupnya untuk kelangsungan hidup mereka di bumi. Hal ini dipengaruhi oleh siklus hidupnya yang sangat pendek, yaitu sekitar 1 – 24 jam saja. Sehingga demi mempertahankan populasinya, lalat capung ini harus selalu bereproduksi dengan jumlah besar agar tetap mempertahankan kuantitas atau jumlah spesiesnya dalam jumlah yang banyak supaya tidak punah.

    2. Gastrotrich

    Gastrotrichs merupakan mikroorganisme air laut yang memiliki bentuk tubuh bilateral simetris, dengan tubuh transparan dan bawah datar. Tubuhnya ditutupi dengan silia, terutama mulut dan pada permukaan ventral. Ukuran maksimalnya hanya 0.06 – 3 mm. Pada umumnya usia hewan ini berkisar antara 2-3 hari.

    3. Drone Ant (Semut bersayap)

    Semut Drone ini berbeda dari semut lainnya, semut ini memiliki sayap yang dapat dipergunakan untuk terbang. Semut jantan setelah tumbuh dewasa memiliki tujuan hidup hanya untuk makan dan berkembang biak. Sedangkan untuk semut betina, pada saat dewasa akan terbang dan pergi untukmencari tempat yang cocok untuk membuat koloni baru. Semut ini memiliki siklus hidup maksimal 3 minggu.

    4. Houseflies and Bees (Lalat dan Lebah)

    Posisi keempat, ditempati oleh dua dari serangga yang paling umum di dunia, yaitu lalat dan lebah. Hewan ini memiliki siklus hidup sekitar 4 minggu. Meskipun memiliki siklus hidup yang sangat singkat, aktivitas kedua serangga ini cukup sibuk.
    5. Firefly (kunang-kunang)

    Rata-rata rentang usia kunamg-kunang adalah 2 bulan. Firefly atau Kunang-kunang adalah sejenis serangga yang dapat mengeluarkan cahaya yang jelas terlihat saat malam hari. Cahaya ini dihasilkan oleh ‚Äúsinar dingin‚ÄĚ yang tidak mengandung ultraviolet maupun sinar inframerah dan memiliki panjang gelombang 510 sampai 670 nanometer, dengan warna merah pucat, kuning, atau hijau, dengan efisiensi sinar sampai 96%.
    Kunang-kunang termasuk dalam golongan Lampyridae yang merupakan familia dalam ordo kumbang Coleoptera. Ada lebih dari 2000 spesies kunang-kunang, yang dapat ditemukan di daerah empat musim dan tropis di seluruh dunia. Banyak spesies ini yang ditemukan di rawa atau hutan yang basah dimana tersedia banyak persediaan makanan untuk larvanya.

    6. Dragonfly (Capung)

    Serangga ini memiliki bentuk yang menyerupai miniatur helicopter. Capung atau sibar-sibar dan capung jarum adalah kelompok serangga yang tergolong ke dalam bangsa Odonata. Kedua macam serangga ini jarang berada jauh-jauh dari air, tempat mereka bertelur dan menghabiskan masa pra-dewasa anak-anaknya. Namanya dalam bahasa daerah adalah papatong (Sd.), kinjeng (Jw.), coblang (Jw.), kasasiur (bjn).
    Capung dan capung jarum menyebar luas, di hutan-hutan, kebun, sawah, sungai dan danau, hingga ke pekarangan rumah dan lingkungan perkotaan. Ditemukan mulai dari tepi pantai hingga ketinggian lebih dari 3.000 m dpl. Capung dewasa hanya mampu hidup maksimal selama 4 bulan.

    7. Bunglon Labord’s Chameleon

    Rata-rata rentang usianya adalah 1 tahun. Bunglon Labord adalah penemuan yang lumayan baru dan merupakan jenis bunglon yang hanya dapat ditemukan di pulau Madagaskar. Bunglon unik ini hanya memiliki siklus hidup 1 tahun yang menjadikannya salah satu makhluk ‚Äėterbesar‚Äô yang berusia pendek pada daftar ini. Setiap tahun, bunglon muda lahir di bulan November dan menjadi dewasa secara seksual pada akhir Januari ‚Äď Februari, musim kawin terjadi dan sebelum generasi baru dilahirkan lagi pada bulan November, seluruh populasi bunglon dewasa yang unik ini menemui ajal.

    8. Udang Brine shrimp

    Rata-rata rentang usianya adalah 1 tahun. Artemia salina adalah nama ilmiah untuk brine shrimp (udang air garam). Seperti sepupu jauh mereka, lobster dan kepiting, udang air asin adalah krustasea air. Tidak seperti kerabat laut mereka, brine shrimp hanya hidup di air asin atau danau garam yang terisolasi dari laut. Brine shrimp memiliki siklus hidup biologis 1 tahun.

    9. Ikan Mosquito Fish

    Rata-rata rentang usianya adalah 2 tahun. Ikan Mosquito yang seukuran telapak tangan ini adalah master dalam ketahanan dan dapat ditemukan di Teluk Meksiko di mana mereka dikenal sebagai Gambusia. Ikan kecil ini hanya memiliki umur pendek tetapi tidak seperti kebanyakan spesies ikan lainnya, mereka melahirkan di usia muda, yang pada gilirannya meningkatkan peluang Ikan mosquito bertahan hidup sebagai suatu spesies. Selain melahirkan di usia muda, ikan mosquito juga bisa melahirkan berkali kali per musim kawin dan tiap kali bisa menghasilkan antara 50 sampai 100 ikan muda, mereka juga lebih dapat bertahan dalam kondisi buruk daripada ikan lainnya yang menambah kelangsungan hidup mereka sebagai spesies.

    10. Hamsters

    Rata-rata rentang usianya adalah 3 tahun. Hamster Suriah atau Hamster Emas, Mesocricetus auratus, adalah seekor jenis hamster anggota subfamili Cricetinae. Pada alam bebas, mereka adalah binatang yang terancam, tetapi populer sebagai binatang peliharaan dan binatang untuk penelitian ilmu pengetahuan. Pada hamster Suriah dewasa berkembang dengan panjang 5 sampai 7 inci (12.5 sampau 17.5 sentimeter), dan lama hidupnya sekitar 2 sampai 3 tahun.

  3. kyaknya semua agama gag da yg prnah ngajarin untuk menggagu agama laen deh,,bukannny sekarang juga ad istilahny kebebasan beragama yaa,,setiap orang berhak memeluk agama apapun yang diyakininya benar,,mau itu islam,kristen, katolik, budha maupun hindu,,klo lu yakin sama agama lu,,lu ikutin aj,,gag guna lah harus caci maki agama org laen,,admin kan hanya mau bagi2 ilmu,,menurut agama lu masing2 dosa gag yg namany mencaci maki pake bahasa kasar??berkata yg menyinggung org laen??bikin org laen sakit hati??semua agama pasti bilang dosa,,krna hasilny lebih banyak minus drpd plus,,pernah gag ad yg namya org terima ksih ato pun seneng abis di caci maki??yg ad psti skit hati,trus berantem deh,,perang deh,,maen kubu2an deh,,udah lah cma nambah skit hati aj tw,,

    peace aj yaaa,,,

  4. knapa dr td gue bca hal yg b’hub dgn agama Kristen (sorry ya kta bebas berpendapat dsini asal jgn saling caci aja) pasti ada hubungan dgn dewa dewi Roma atau Yunani? apa agama K ne bxk di ambil dr agama pagan

    • bkn marisa,,makax byk2 belajar biar pinter,,
      jgn trsinggung jg y??lambang bulan sabit n bintang yg slalu ada d atas mesjid tuh jg dari unsur pagan lho,,coba cr tau deh..biar gk sesat..

  5. COK . . . . . . . !
    woy . . . . . kafir kepet . . . . kalo mau ngedebatin ini datang ke rumah ku . . . . .
    kalo mau ngajak brantem gue juga siap . . . . .
    Muslihudin Fajar . . . . . .
    Madiun-jawa timur . . . . 18-Des-1998
    Temboro-magetan-jawatimur . . . . . “alamat gwe'”

  6. heh…..heh…..heh……debat kelas kaki lima antara: SI DUNGU BELAGAK PINTER VS SI IDIOT BELAGAK CERDAS. bukan maen serunya, bak para pakar teologi perbandingan agama kaliber dunia yg pernah menang hadiah nobel. debat buta ilmu & pengetahuan yg berisi cacian, makian n tuduhan palsu. gak ada bobotnya n malah nunjukin yg terlibat debat otaknya cetek alias nol besar tentang apa yg mereka debatin……… dan ironisnya ajaran agama, rasul2 dan kitab2 ALLAH jadi korban pelecehan, hinaan dan caci maki dalam debat SONTOLOYO tersebut…………….berucap lantang bermodal nekat walaupun yg terucap hanya kata2 berbau busuk ibarat KENTUT.

  7. Segalacomment yang nyebut si basmi2 dengan sebutan jing, di bawah iniadalah gue, n walaupun gue nyerang si basmi ini tapi gue gak begitu dekat dgn agama,gue nyerang dia karena gua gedek dengan kesotoyan dia,yang keliatan jelas fanatik dengan agama begonya itu tapi pake kata2 kasar di komen sebelumnya untuk ngehina orang

  8. Semua komen lu itu gak ada,yang bener jing,lo dapet dari mana?,lobilang kristen gak ngajarin kekerasan/jihad,terus itu perang salib apaan jing, apaan tuh kasus2 anak2 disodomi pdt di amrik jing. terus lo bilang longgak nyembah berhala? Wakakkak, trus itu patung monyet brewok disalib apaan lo kira bro. Seblom ngomong ngaca dulu men.banyak ilmuan barat yang ngakuin keajaiban al-qurqn yang isinya sesuai ilmu sains(boleh lo cari di internet).lo punya gak jing, kitab lo itu kalo loo belom tahu(aneh),udah di “edit” sana sini sama konstantin(orang pagan). Dasar idiot kaga tau sejarah agamalo sendiri. Lo bilang yesus gak ngajarin mencaci, terus l sendiri ngapain
    .angan sok tau agama orang nyet.

    • dasar bego..muhammad penipu d ikutin..
      wktu kecil bpkx mati,ibux jd pelacur,terlantar,d piara ma pamanx yg homo,,remaja jd gigolo,jual2 kontol smp akhrx d nikahin ma tante2 girang..jd orang kaya belagu,,pngn jd orng trkenal n di hormati,,ngaku2 dpt wahyu nabi,pengecut yg sembunyi d belakang orang2 goblok yg d suruh perang,kontolx busuk,,gk bisa liat cewek..smp anak kecil aja d entot,,klo d gurun gk ada cewek,,onta jg d entot..

  9. Eh goblok, tolol, bego, baca tuh buku2 dan brown.disitu banyak ditulis kepalsuan2 agama lo(nasrani)+aksi2 kriminal pemuka2 lo.rokok mau difatwa haram karena lebih banyak efek negatifnya jing

  10. wkwk
    Slalu ada yg nantang.in ke surga pa neraka,,

    Lu liat gk komen2 sblum.nya yg menghina islam n ajaran nabi muhamad,,

    Gini ya gwa kasih tau,
    Jihad yg ente liat ntu (yg dsiar.in tivi, dsb) bkan jihad yg sbnar.nya(aksi bom sana sini), n itu doktrin sesat,,
    Jihad yg sesungghnya ada d palestina,, lu pasti tau donk, israel yg menyerang palestina?? Warga palestina yg brperang itu.lah jihad sbnar.nya,,

    Tdk smua penganut islam d ktp.nya,, itu bner2 islam,, seorg muslim, org2 yg mengkuti ajaran rasulullah adl org yg tawakal(menjalankan perintah Allah n menjauhi larangan.Nya), bila tdk, brarti mereka bkn org muslim,, bner kan??
    Tdk hanya islam, mngkin penganut agama lain jga sama, mereka memng d ktp.nya beragama, tpi akhlak.nya tdk mencerminkn mereka beragama, berarti mreka sesat djalan setan,,

    Gwa mw tanya ma elu,, menurt anda, apakh tuhan itu bsa dlahirkan??
    Apakah d alkitab anda ada suatu ayat yg meminta kalian menymbah nabi isa(dlm agama anda yesus).??
    N apakah anda bertanya kpd pndeta atau pastor anda ttg knpa kok masih ada ajaran/agama lain slain nasrani yg dturunkan oleh tuhan,, n menyembahnya pun sbnarnya sama(kpd allah),?
    Apkah anda pernah mencari tau injil asli, hasil tulisan murid2 nabi isa(anda menyebut yesus), ada dmana.?

    • kenyataan kok itu,,islam mang agama perusak..
      liat ja panutanx si muhammad..jual kontol jd gigolo,kawin dgn tante girang,ngaku2 nabi,suka membunuh,ngentot sana sini bhkan anak kecil d embat,narsis gtw malu,gtu kok d ikutin?????

  11. 1. pernahkah pemuka agama anda mengajarkan untuk menghina, melecehkan agama lain, saya yakin ga ada…ada juga untuk saling menghormati, toleransi dan bersaudara juga saling tolong menolong…berarti ada semua provokator!!!
    2. anda semua pasti memiliki saudara, rekan kerja, teman atau sahabat dll yg pastinya berdeda agama, apakah anda juga menghina, melecehkan mereka…hmmm coba klo berani???
    3. apakah anda jika mencari pahala dengan menolong orang lain bertanya dulu apakah agamanya…dan apakah anda jika anda butuh pertolongan juga tanya dulu apakah agamanya???

    apakah anda semua tidak merasa bahwa negara ini adalah negara dngan bermacam2 suku agama ras dll, bisa hancur bangsa ini dengan perilaku anda semua tanpa menghormati perbedaan tersebut
    jadi, manusia semacam apakah anda semua ini????

  12. gw sebagai umat kristiani mohon maaf atas penulisan yg terlalu vulgar dari bro PEMBASMI…semoga umat muslim jg meminta maaf bagi saudaranya yg menulis coment yg terlalu vulgar…

    @buat bro PEMBASMI walaupun tulisan loe banyak yg bener tp jgn terlalu vulgar bro…kasihan yg baca…kasihilah musuhmu seperti kamu mengasihi dirimu sendiri…

    • ckckck,
      Bner drmana? Anda tdk tau islam, jgan menympulkan seenaknya atas doktrin goblok dr pmuka agama.mu,,
      Apakah sprti ini ajaran agamamu, menjelek2an islam??
      Islam tdk pernah menjelek2an agama lain, tpi klo anda menjelek2an agama Allah, saya gk bkal tnggal diam,,

      Seharusnya anda cari kbenaran ttg islam baru mencela islam,, jgan menelan smua ajaran yg gk bner dr pmuka agama anda,,

      Aq kutip satu prbedaan yg dijabrkan pembasmi,,
      Nabi muhammad mengajarkan seks bebas n harta hasil rampok??
      Seks, klo sdah trjdi ikatan pernikahan berarti bkan zinah bebas donk, gmana dgn kristen, negara barat yg mayoritas adl umat kristen, malah mlakukn seks bebas, bhkan keperawanan jdi brang haram dsana,,

      Harta hasil rampok? Anda tau drmana klo nabi muhammad mengajarkan itu? Bgaimana dgn amerika yg merampok wilayah timteng d afghanistan? Apakah itu bkan perampokan?
      Anda sama lucu.nya dgn pembasmi,,

      • hahaha…gw emg ngelucu bro…semua yg anda tulis memang benar…dan anda jgn tertipu…klo memang pemahaman anda tentang ketuhanan lebih dalam anda akan tau, islam (isinya) agama mulia (oke) tp bagaimana dengan penganutnya, apakah semulia “isinya” co: jihat yg salah, teroris, dan perbuatan dosa yg lain, jd jgn anda memandang suatu perbuatan seseorang/negara dari sisi apakah agamanya…anda sudah salah bro…indonesia mayoritas beragama muslim, banyak koruptor, pemerkosaan, pembunuhan dll…apakah anda akan mengatakan sama seperti diatas, ga juga kan…jgn terlalu sempit memandang agama bro…

      • islam lbh munafik,,ngentot d tutup2in dg kawin siri..
        pdhl isi otakx bejat..
        dah lah tobat aja,,tinggalin si muhammad-penipu terbesar yg pernah hidup di dunia..

  13. ouw ternyata doktrin org kristiani kpd nabi muhammad seperti ini toh??
    Ckckck

    Sumpah gwa ngakak baca ttg perbeda.an ajaran.,,
    Lu gk ngerti islam tong,, lu tau rahasia agama.mu gak?
    Liat.lah, bnyak.an mana org kristen yg beralih ke islam, ama islam ke kristen??
    Kristen itu sesat,, yg bnar adl nasrani asli,, yaitu agama n ajaran yg dbwa oleh nabi isa as.(yg ente sebut tuhan) dan ajaran itu jelas2 menyuruh menyembah allah, n mengakui n mengikuti agama or ajaran nabi muhammad ktika muncul nanti, tpi smua berkhianat,, ini sama dgn yahudi, yg berkhianat ttg ajaran allah yg sesungguhnya, akibat kitab2 suci yg asli dbkar n mengganti dgn kitab2 buatan tangan manusia,,

    • jiahh elo lg, sok tau jg….emg kitab loe jg bukan buatan tangan manusia, biarpun buatan tangan manusia (kata loe) yg penting isinya mengajarkan kebaikan, cinta kasih, damai, cinta sesama termasuk agama loe (kagak pernah kita bilang yg memeluk agama lain KAFIR krn kita menghormati agama lian) ga pernah ngajarin PERANG bro apapun alasanya…emg loe disenggol dikit aja langsung haram…basmi…kafirrr…(norak)….rokok tuch haram (90% umat muslim pria rokok bro…hahaha….

      • wkwkwk,
        Mengajarkan cinta kasih?? Lu liat donk d palestina, israel dback.up ma siapa?? Amerika!!
        Rokok haram? Ajaran drmana tuh??
        Hoi lu gk ngaca, yg memulai perang siapa??
        Perang salib, yg nyerang org kristen khatolik dlu,,
        Perang dunia jga,,
        N perang usa d timteng,, smua dr kristiani,,

        Apakah anda punya bukti injil yg asli, bkan dr berbgai bhasa itu?
        Al.qur.an ada yg mpek ratusan taun umurnya, apakah ada injil yg real dr bhasa nabi isa(yesus menurut ente)?
        Al.qur.an ttep pke bhasa dr nabi muhammad sndiri,, bhasa arab,

        Gwa mw tanya ma ente, bnyak.an mana, org islam msuk kristen or kristen masuk islam??

        N knpa sosok sinterklas tiap natal yg lbih menonjol? Siapa sinterklas? Seorg pmbwa agama kristen? Seorg pendeta.kah?

        Islam adl agama pling mulia, tpi doktrin org kristiani trhdp islam mbuat islam dbenci,,
        Nabi muhammad mengajarkan kebaikan,, beliau melawan jika agama islam di.injak2, sprti yg dlakukn israel n amerika,,
        Membela islam itulah jihad,,

        Memng slain yg menyembah Allah adl agama kafir, apakah anda menymbah Allah??

        Mngkin anda bru sadar klo pd saat akhr zaman, dmana sang juru slamat, nabi isa as. Yg anda sbut Tuhan dtang, n menjelaskan smuanya kpd anda dan umat2 anda,,

    • corry neh bro…pandangan gw ga sejauh ampe negara2 lain (bikin pusing mikirin negara orang, negara kita aja kagak bener) gw liat kenyataan yg ada disini bro…(ngomong2 rokok haram dari MUI ya…red. berita tv) islam agama sempurna atau menyempurnakan injil ajaran nabi isa (menurut islam) menjadikan kitabsuci menjadi adanya campur tangan manusia (nabi loe muhammad) yaitu alquran, gimana kita ga ikut2an jihat membela ajaran agama tuhan yg telah disesatkan hahaha….sama ajakan bro…(gw jd geli….) ga bisa dipungkiri islam-kristen menjadi musuh besar gara sejarah…ya begini ini jadinya….wkwkwk….liat aja nanti kta ketemu disurga pa neraka bro hahaha….

      • gue sebenernye gak dekat dgn agama ,tapi liat kesoktauanlo itu gua gedek juga.nih gue kasih tau sejarah agamalo yang elo sendiri(gobloknya) kaga tao:
        kitab lo disusun orang, dan terlebih lagi dia bukan kristen.
        konsep yesus nebus dosa manusia itu di ambil dari ajaran indian amerika selatan.
        hari raya agama lo(25 des), itu hari raya dewa matahari.
        yesus disalb(menurut lo, gue nggak) di musim semi, ini dilakuin kons. Supaya penganut pagan mao pindah agama, supayanggak ngeganggu kebiasaan lama
        Agamalo kurang lebih agama lama kemasan baru. Nggakada yg asli
        Berewo tuhan jablay lu itu juga dari zeus jing
        Injil lu yag asli udah pada dibakarin sa konst.

      • gue sebenernye gak dekat dgn agama ,tapi liat kesoktauanlo itu gua gedek juga.nih gue kasih tau sejarah agamalo yang elo sendiri(gobloknya) kaga tao:
        kitab lo disusun orang, dan terlebih lagi dia bukan kristen.
        konsep yesus nebus dosa manusia itu di ambil dari ajaran indian amerika selatan.
        hari raya agama lo(25 des), itu hari raya dewa matahari.
        yesus disalb(menurut lo, gue nggak) di musim semi, ini dilakuin kons. Supaya penganut pagan mao pindah agama, supayanggak ngeganggu kebiasaan lama
        Agamalo kurang lebih agama lama kemasan baru. Nggakada yg asli

        Berewo tuhan jablay lu itu juga dari zeus jing
        Injil lu yag asli udah pada dibakarin sa konst.

      • mao ngomong apaan lagi loh jing hah?, banyak tuh orang kristen anjing yang pindah agama ke islam cuman buat kawin doang. meskipun banyak juga yang karena hidayah.ngaak ada orang isalam yang masuk kristren. bener kata komen sebelumnya, kalolebih banyak orang kristen yang masuk islam dari pada sebaliknya, karna selain yg udah gua sebutin di atas(kawin),mereka udah jenuh ama agama palsu lo itu. Tapi
        o malah bangga ampe over dosis. Azaran pecun aza dibanggain wakakakak

      • Bro, bahasamu makin lama makin tidak sopan. Saya bukan dari pihak agama apapun seperti yg dibahas disini. Sebagai pihak ketiga, saya melihat bahwa banyak org2 yg mengaku beragama namun sifatnya benar2 berbeda dari yang dianutnya. Dari sifat kalian, yg saya lihat, dan saya pikirkan adalah, apakah memang agama yg kalian anut mengajarkan kalian untuk comment seperti itu? Dgn bahasa jorok, tidak berbobot, dan tidak ad gunanya? Kalau memang iya, maaf sekali lagi, berarti agama yg anda anut harus anda tinggalkan. Krn hanya akan membawamu ke arah yg salah bro. Kalau agamamu tidak pernah mengajarkanmu utk bercomment dgn bahasa kotor seperti itu, maaf lagi. Anda yg harus koreksi diri bro. Berarti anda diberi pendidikan, diberi pengetahuan agama, namun tidak anda gunakan sebagaimana mestinya. Mengapa harus dicomment seperti itu? TS hanya akan tertawa melihat org sepertimu komentar seperti itu, krn nyatanya, di Indonesia masih ada org sepertimu yang tidak tau apa2 dan tidak bisa apa2 utk memajukan negara kita tercinta, tetapi hanya bisa membuat onar, pertikaian, hujatan, ejekan, membuat anda dipandang jelek. Tolong pikirkan bro. Yg sbnrnya yang hrus kita ejek adalah para manusia jahanam yang bersifat seperti tidak beragama, seperti koruptor. Biarkan orang berkata apapun mengenai agamamu, yang penting anda tidak terpancing mereka dan tidak lari dari arah tujuan sebenarnya yang diajarkan agamamu dong. Bila anda lebih berani lagi, cantumkan no. Hp / alamat lengkap rumah, nama lengkap, dan sebarkan di comment anda berikutnya, katakan pada mereka : biarkan anda yg mengajarkan ajaran agama yang baik, bukan yg hancur seperti berkata kotor, menghujat, mengejek. Anda berani, anda berbuat baik, anda akan dihormati, anda akan disayangi dan semakin dekat dengan kepercayaanmu. Mohon berpikir secara rasional bila anda memang berpendidikan dan beragama. Untuk yang lain, bila anda semua tidak bisa menerima apa yg saya katakan, dan ingin menghujat saya, silahkan. Krn percayalah, hujatan anda sendiri akan mengenai anda sendiri juga / anak anda / cucu anda. Mulut dan pikiran buruk akan membuat anda semakin dekat dgn kemusnahan dan kehancuran.

      • Dasar penyembah patung, fuck off tuhan jablay berewok lo itu. Belajar tuh jing ama bule2 yg udah tobat

      • sorry nih jing, yang gue maksud di point ke4 dari kepalsuan agamalu yang gue beberin adalah yesus lahir (bukan di salib).
        Tapi point yang lebih penting adalah lo mending jadi kristen kagausah norak, temen2 gue yang kristen gak ada yang kampung kayak elu jing, makanya gue gak mao nanyain atao ngedebatin masalah itu samatemengue, gue nggak mao ngasih tau soal itu ke mereka karena mereka orang kristen tapi baik.

      • lo jangan sok tao agama orang bro, gue lebih tao kebobrokan agama lo daripada sebaliknya, gue punya banyak referensi bro.dari sumber terjamin ( lo liat kan komen gue di atas?).kalo ngomongin kebejatan dan kebobrokan lo punya jauh lebih banyak .sumber lo itu pasti dari sumber gak bener(dari orang uang benci islam, jadi dia bisa ngomong apaan aja).sementarague dari orang barat(orang bule jing). kaya yang gue bilang tadi, belajar tuh dari kisah inspiratif nasrani yang masuk islam, banyak banget, logak tao kan banyak orang orang lo yang kaya gitu, makanya buka mata lo yang belekan itu, n rajin rajin liat berita

      • rokok mao diharamin..basmi ..kafir dll. Itu masih mending nyet, dari pada pemukalo yang nolak gagasan2 ilmuwan jaman dulu.trus doyan bersetubuh sama anak2(pdt katolik), sama ngerobah2 isi kitab.itu baru norak en kampungan nyet.yang lo bilang senggol dikit hara ,basmi,dll itu demi kebaikan juga sebetulnya, sementara aksi pemuka2 lo itu yg gue sebut diatas itu untuk apebro?

      • hanya orang kristen sesat yg masuk islam..
        agama perusak,kitab lu jg d bikin manusia njing..
        isix omongn2 muhammad yg gk brmutu n pura2 dpt wahyu..
        liat background pmbawa agamamu njing,,tukang bunuh,rampok,pedofilia,mesum,narsis,sesat..gtu kok d ikutin??goooobbbbblllllooooookkkkkkkkkkk………….

    • hidup pembasmi..
      islam anjing,kontol,tai.memek..
      muhammad jancuk penipu iblis muka kontol..
      andaikan d dunia ni gk da islam..alangkah damaix..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s