Samurai


Samurai (侍 atau kadang-kala 士) adalah istilah yang biasa digunakan bagi perwira zaman sebelum industri Jepang. Istilah yang lebih tepat adalah bushi (武士) (harafiah: “orang bersenjata“) yang digunakan semasa zaman Edo.

Bagaimanapun, istilah samurai digunakan sekarang bagi merujuk panglima bangsawan, bukan, contohnya, ashigaru atau tentara berjalan kaki. Samurai tanpa ikatan dengan klan atau daimyo apapun dikenal sebagai ronin (harafiah: “orang ombak”). Rōnin juga adalah samurai yang telah mengorbankan wibawa mereka atau yang telah gagal melaksanakan seppuku (menghukum diri sendiri dengan mengeluarkan salah satu organ tubuh) agar dapat mengembalikan nama baik klannya. Samurai yang bertugas untuk para han disebut hanshi.

Samurai dianggap mesti bersopan dan terpelajar, dan semasa era Tokugawa beransur-ansur kehilangan fungsi ketentaraan mereka. Pada akhir era Tokugawa, samurai secara umumnya adalah kakitangan umum bagi daimyo, dengan pedang mereka hanya untuk tujuan istiadat. Dengan reformasi Meiji pada akhir abad ke-19, samurai dihapuskan sebagai kelas berbeda dan digantikan dengan tentera nasional menyerupai negara Barat. Bagaimanapun juga, sifat samurai yang ketat yang dikenal sebagai bushido masih tetap ada dalam masyarakat Jepang masa kini, sebagaimana aspek cara hidup mereka yang lain.

 

Etimologi

Perkataan samurai berasal pada sebelum Era Heian di Jepang di mana bila seseorang disebut sebagai saburai, itu berarti dia adalah seorang suruhan atau pengikut. Hanya pada awal zaman modern, khususnya pada era Azuchi-Momoyama dan awal periode/era Edo pada akhir abad ke-16 dan awal abad ke-17 perkataan saburai bertukar diganti dengan perkataan samurai. Bagaimanapun, pada masa itu, artinya telah lama berubah.

Pada era pemerintahan samurai, istilah awal yumitori (“pemanah”) juga digunakan sebagai gelar kehormat bagi sejumlah kecil panglima perang, walaupun pemain pedang telah menjadi lebih penting. Pemanah Jepang (kyujutsu), masih berkaitan erat dengan dewa perang Hachiman.

Berikut adalah beberapa istilah lain samurai.

* Buke (武家) – Ahli bela diri
* Kabukimono – Perkataan dari kabuku atau condong, ia merujuk kepada gaya samurai berwarna-warni.
* Mononofu (もののふ) – Istilah silam yang berarti panglima.
* Musha (武者) – Bentuk ringkasan Bugeisha (武芸者), harafiah. pakar bela diri.
* Si (士) – Huruf kanji pengganti samurai.
* Tsuwamono (兵) – Istilah silam bagi tentara yang ditonjolkan oleh Matsuo Basho dalam haiku terkemukanya. Arti harafiahnya adalah orang kuat.

29 thoughts on “Samurai

  1. Pingback: Samurai | Berbagi Dunia

  2. penggemar samurai gw tantang buat jawab :

    jelaskan makna terdalam dari “bushido”

    yang jawaban nya memuaskan gw ksi pedang katana + wakizashi

  3. udah nonton film “the last samurai”, wuih keren banget tuh film. mantaaaaaaaaaaaaaaap men.

    • heh….!!!! yg seru tuh NINJA ASSASIN…….
      itu baru bilang film yang bikin loe loe pada geleng-geleng kepala…..

  4. Tmbhin lgi nich, loe tao gak klo Napoleon itu seorg TRISKAIDEKAPHOBIA (phobia angka 13)?

  5. Duh dh lma gak msuk ke artikel in ad yg nntangin nich! ok aq jwb :
    1.B. Pulau Corsica, umur 9 thun diterima di akademi militer Brienne, Prancis
    2.C. Saint helena, di kubur di situ truz, dipindahkan ke paris di makam besar Les Invalides pda thun 1842
    3. A. 15 agustus 1769
    4. Soal no 4 ini yg bener nmanya Napoleon bounparte, nmanya di ubh ejaannya jdi Napoleon bonaparte krna menikahi janda terkenal Josephine Beauharness
    5. No 5 jga yg bner Letizia Ramolio
    nich aq bri alasan knpa aq pke nick name ini, soalnya aq terinspirasi bnget sma napoleon bonaparte!
    Tmbhin lgi nich Napoleon menyatkan ke’ISLAMannya di thun 1796!
    Jdi msih ad yg krang?

  6. untuk Napoleon bonaparte imitasi…
    Napoleon Bonaparte lahir di:
    A.Prancis
    B.Pulau Corsica
    C.Italy

    Napoleon Bonaparte meninggal di?
    A.Prancis
    B.Pulau Corsica
    C.Pulau Saint Helena

    Napoleon lahir tgl?
    A.15 Agustus 1769
    B.17 Agustus 1945
    C.28 Oktober 1769

    Napoleon lahir dengan nama?
    A.Napoleon Bonaparte
    B.Napoleon Bonavide
    C.Napoleon Di Buonaparte

    Nama ibu Napoleon siapa?
    A.Letizia Ramolino
    B.Letizia Ramose
    C.Letizia Ramodior

    itu pertanyaan untuk Napoleon Bonaparte (Imitasi)
    silahkan dijawab tpi ingat:JANGAN MENYONTEK DARI INTERNET! klo gw udah blajar di skolah gw ttg pahlawan dunia… ok selamat mengerjakan!!

  7. Tpi krna tokugawa jga indonesia jdi djajah jepang! Tokugawa kn yg mnyatukn slruh wlyh jepang….! Cba klau tokugawa g ad..! Tpi kita jga hrus brterima ksih ama amrik! Krna amrik lh yg bkin kita merdeka, krna bom nuklirny amrik….!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s