Sejarah Dracula


Selama perang salib, wallachia menjadi rebutan antara kerajaan Hungaraia dan Turki Ottoman, pada masa Vlad II berkuasa di wallachia, Vlad II mempunya tiga orang anak, Mircea,Dracula dan Randu, Vlad II memihak kerajaan Hungaria.

Namun setelah dilengserkan oleh Sigismund ( Raja dari kerajaan Hungaria ) dan kemudian digantikan oleh John Hunyandi, Vlad II memihak kepada kesultanan Turki Ottoman, sebagai jaminan kesetiaannya kepada kesultanan Turki ottoman, Vlad II mengirimkan Dracula dan Randu ke Turki.

Riwayat Dracula
Vlad Tsepes III ( 1431 – 1475 M ) atau yang lebih populer dengan nama Dracula dilahirkan di Transylvania, Rumania. Ia merupakan anak Ke 2 dari Vlad II dan Cneajna, seorang putri dari Moldavia
Masa kecil Dracula memang tidak berlangsung lama, diusianya yang ke 11 ia harus menjadi jaminan kesetian ayahnya kepada kesultanan Turki ottoman, ia dan adiknya Randu harus dikirim ke Turki.

Awal Kekuasaan Dracula
Setelah perang Verna, terjadi konflik antara Vlad II dan John Hunyadi, yang berujung pada kematian Vlad II dan Mircea, kakak Dracula. Melihat perubahan politik di Wallachia tersebut, maka sultan Turki ottoman Mehmed II mengirimkan Dracula pulang ke wallachia untuk merebut tahta.
Dracula kembali ke Wallacia dengan di kawal 8000 prajurit Turki ottoman. sesampainya di Tirgoviste ( ibu kota wallachia ) terjadi pertempuran antara pasukan Vlasdisav dengan pasukan Dracula, yang akhirnya di menangkan oleh pasukan Dracula dan menempatkan Dracula sebagai penguasa Wallachia.

Awal Kekejaman Dracula
Setelah berhasil menduduki tahta, Dracula membantai prajurit Turki ottoman yang tersisa dengan cara di sula, hal tersebut menjadi salah satu penyebab permusuhan antara Dracula dan Sultan Mehmed II.
Sebagai panglima salib di Wallachia, Dracula telah membantai kurang lebih 23.000 umat islam baik tentara maupun rakyat, dengan peperangan maupun dengan metode sula ( impaler ), setelah tindakan tersebut Dracula mengirimkan surat kepada raja Hungaria saat itu ( Matthias Corvinus ) untuk meminta dukungan dari kerajaan Hungaria untuk melawan Turki Ottoman.

Serangan Tengah Malam
( The Night Attack )
Tindakan Dracula yang membantai 23.000 tentara Turki Ottoman, membuat sultan Mehmed II menyatakan perang kepada Dracula. Pada tanggal 17 Mei 1462 M Sultan Mehmed II ( sang penakluk konstatinopel ) mengirimkan 60.000 tentara ditambah 30.000 tentara non reguler. Sedangkan tentara Dracula mencapai 30.000 prajurit, melihat jumlah pasukan yang tidak berimbang, dracula melakukan strategi perang grilya (Hit and Run)
Pada serangan tengah malam pasukan dracula yang berkekuatan 10.000 orang berhasil mendesak pasukan Turki ottoman, tetapi dapat dipukul mundur pada saat fajar tiba, atas kekalahan tersebut pasukan dracula mundur ke benteng Poenari, dracula melarikan diri dari kepungan pasukan Turki ottoman yang di pimpin oleh Randu ( adik kandung dracula )ke Hungaria, dengan melarikandirinya Dracula, Randu dengan mudah merebut benteng Poenari dan merebut tahta Wallachia.

Kematian Dracula

Pada Desember 1476 Terjadi pertempuran antara pasukan salib dengan dengan pasukan muslim ( Turki ottoman )dimana pertempuran tersebut terjadi di daerah Snagov, dalam pertempuran tersebut pasukan Dracula dapat dikalahkan, dan Dracula ( Vlad III ) tewas dalam pertempuran tersebut, kepalanya di penggal dan di bawa ke Turki sebagai bukti kematiannya

84 thoughts on “Sejarah Dracula

  1. Pingback: Sejarah Dracula | Berbagi Dunia

  2. Pingback: sejarah kerajaan ottoman di turkiReferensi Sejarah | Referensi Sejarah

  3. dracula cuma cerita mistis dalam perang salip di turki,,, tapi tidak ada dracula di tempat yang kami huni

    • banyak. hanya sayangnya tulisan yang muncul tentang drakula di internet berbahasa indonesia kebanyakan lebih berbau interpretasi daripada pemaparan fakta. kebanyakan tentang drakula dikupas dari sudut pandang islami. kalau penasaran cari saja di google. ketik kata kunci drakula-sejarah. selamat mencoba.

    • kok mesti heran. drakula adalah nama seorang penguasa dan dia juga berperan dalam perang salib. namanya tertulis di berbagai coretan sejarah. setiap manusia di dunia dapat saja memperoleh info tentang dia.

  4. mengapa istilah dracula masih digunakan para penulis novel?
    apa hubungannya dengan dracula Vlad III dengan imaginasi penulis tentang dracula?

    • Seperti halnya karya sastra lainnya, seorang penulis novel pun bebas berimajinasi sesuai khayalannya masing2. Bahkan walaupun nama para tokohnya berhubungan dengan nama seorang tokoh di alam nyata. Saya bahkan pernah membaca tiga versi kisah yang berbeda tentang sebuah cerita rakyat yaitu “Ande-ande Lumut”.

    • sepertinya karena julukan dracula adalah “si haus darah” maka para penulis novel menghubungkan ceritanya dengan imajinasi fiksi mereka.

  5. STOPP PRESS…!!! Anda jangan kemana2 dulu. Inilah dia 20 FILM VAMPIRE PALING NGETOP dalam 20 tahun terakhir.

    1. Van Helsing (2004)

    2. Underworld: Evolution (2006)

    3. Underworld (2003)

    4. Bram Stoker’s Dracula (1992)

    5. Twilight : Breaking Dawn

    6. Twilight : New Moon

    7. Twilight : Two Tower

    8. Interview with the Vampire (1994)

    9. Dracula 2000 (2000)

    10. Blade (1998)

    11. Blade II (2002)

    12. Blade: Trinity (2004)

    13. Innocent Blood (1992)

    14. Cronos (1993)

    15. From Dusk Till Dawn (1996)

    16. The Addiction (1995)

    17. Blood and Donuts (1995)

    18. Frostbitten (2006)

    19. Sundown: The Vampire In Retreat (1991)

    20. Shadow of the Vampire (2000)

  6. Meski tidak semenarik film-nya yang terkesan sudah didramatisasi dan ditambal sulam, namun tulisan ini cukup bagus untuk membuka wacana baru bagi orang2 tentang siapa dan bagaimana sebenarnya dracula.

  7. Pingback: Sejarah Dracula |

  8. Pingback: Sejarah Dracula | Sebuah Catatan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s