Gulungan Naskah Laut Mati


Gulungan Naskah Laut Mati memang merupakan temuan yang tak ternilai. Suatu benda peninggalan dua ribu tahun lebih yang memuat banyak dokumen penting sejarah (terutama kisah dari zaman para Nabi). Naskah kuno itu juga memuat kode-kode rahasia yang belum terpecahkan seluruhnya.
Para ahli sebelumnya sudah menemukan bukti tentang beberapa kitab salinan Yahudi berbahasa Hebrew yang ditulis pada masa sesudah Masehi (kira-kira 1.300 tahun lalu).
Namun Gulungan Naskah Laut Mati berdasarkan uji karbon yang dilakukan para ahli dari Chicago, AS, menunjukkan material yang digunakan sebagai media penulisan naskah itu disimpulkan dari masa 200-an tahun sebelum Masehi.

Para peneliti menemukan naskah yang belum terindentifikasi di antara Gulungan Naskah Laut Mati itu. Teks yang tak terbaca itu dianggap sebagai Gulungan Naskah Biara (Temple Scroll) yang memuat peraturan dan hukum dalam Pentateuch yang dikenal sebagai bagian dari lima kitab pertama dalam Bibel Hebrew dan Perjanjian Lama.

Termasuk di dalamnya Kitab Disiplin Community Rule yang mendeskripsikan bagimana komunitas itu yang bertempat di Qumran mengorganisir kehidupan spiritualnya. Lalu ada bagian yang memaparkan tentang Jalan Keselamatan (The Way) dan pertempuran antara Putra Cahaya (Son of Light) melawan Putra Kegelapan (Son of Darkness), yang berisi rencana detail perang penghabisan yang dinantikan komunitas Qumran.

Gulungan Naskah lainnya berisi soal berbagai doa, kidung pujian, komentar-komentar tentang bagian-bagian Bibel, legenda, ramalan, argumentasi reliji, dan berbagai kisah yang tak diketahui yang berhubungan dengan karakter yang tercantum dalam Bibel Hebrew.

Khirbet Qumran
Para ahli arkeologi menemukan sebuah situs biara yang berjarak kira-kira 540 meter dari lubang gua pertama ditemukannya Gulungan Naskah Laut Mati. Mereka mengidentifikasinya sebagai Biara Khirbet Qumran.

Khirbet Qumran ini adalah satu komunitas sekte yang sangat ketat mengikuti ajaran para Nabi di zaman sebelum Jesus Kristus. Mereka cenderung mengucilkan diri dari kehidupan sosial dan menekuni isi kitab-kitab Perjanjian Lama, hidup dengan penuh pengabdian pada sektenya, merapal doa, beribadah dan menyalin kitab-kitab tua.

Di situs biara ini ditemukan benda-benda yang berkaitan dengan tulis menulis. Diantaranya ditemukan 2 buah pot tinta, beberapa stylus (alat tulis jaman purba semacam pulpen yang dibuat dari potongan tulang, batu, atau material khusus), dan sebuah guci yang persis sama dengan guci yang ditemukan di gua tempat penyimpanan Gulungan Naskah Laut Mati.

Berdasarkan penelitian dan uji laboratorium, benda-benda kuno ini dibuat sekitar tahun 68 Masehi. Dalam salah satu perkamen naskah dituliskan bahwa saat itu Legiun Kekaisaran Romawi menguasai wilayah Barat Laut Mati (saat ini Palestina dan Israel). Para pendeta di biara tersebut sempat menyembunyikan beberapa naskah ke dalam gua di tepian Laut Mati.
Sebagian besar dokumen ditulis dengan bahasa Hebrew (Ibrani-Yahudi) bahkan ada dokumen yang disamarkan begitu kecil sampai sebesar perangko. Lalu ada juga yang dituliskan dalam aksara Yunani Kuno (Septuagint).

Temuan di sekitar biara dan teritori Qumran ini ada sekitar 500-an kitab, termasuk bagian kitab Perjanjian Lama. Namun tak dapat dipastikan apakah mereka berhubungan dengan sekte Essenes, Yahudi Kuno, dan Pengikut Yesus Kristus (Kristen). Semua masih tetap misteri.

107 thoughts on “Gulungan Naskah Laut Mati

  1. Adam, ibrohim, ishak, yakub, yusuf, musa daud sulaiman tidak pernah menyembah Tuhan yang namanya Allah SWT, Tuhan mereka telah memperkenalkan dirinya dan tidak pernah berubah yaitu namanya YHWH, Allah adalah nama dewa bulannya orang arab pra islam dengan simbul bulan sabitnya. silakan dibuktikan di naskah qumran tersebut terutama kitab pentateuch yang ditulis Musa. Siapa bilang bilang orang kristen pertama hanya orang Nashoro (nestorian saja) banyak bidah/sekte yang berkembang di abad 1-4 , saat Muhamad hidup di lingkungannya banyak kaum nasoro termasuk istrinya kadijah dan sepupu kadijah waraqah bin Naufal sehingga yg diketahui oleh Muhammad hanya kaum nasoro (nestorian- atau disebut nasrani). Contoh Murid Ysus bernama Markus pergi ke Alexandria mesir yang menjadi cical bakal Kristen Koptic gak ada hubungan dengan Paulus tetapi kepercayaan mereka saya, jadi itu bukan ajaran paulus, belajarlah sejarah yang benar. Orang Qurausy sendiri baru menulis sejarahnya saat tahun gajah (570) dan Muslim sendiri baru menulis sejarahnya di th 622 bagaimana dia bisa berbicara tentang sejarah sebelum tahun itu tanpa melihat dokumen sejarah sekuler yg ada. itu namanya membuat sejarah fiksi sendiri

    • Belajarlah sejarah yang benar, nama “,Allah” itu bahasa dari arab yang artinya “tuhan” kalau dalam bahasa indonesia. Jadi bukan nama dewa bulan. Dalam bahasa yahudi juga mirip2, “elohim”, karena orang arab dan yahudi masih 1 rumpun, yaitu rumpun semit. Dan gak ada orang islam nyembah dewa bulan, GAK ADA AJARAN QURAN BUAT MAKE LAMBANG BULAN SABIT, nggak ada juga hadis yang nyuruh pake lambang bulan sabit. Lambang ini emang udah ada dari jaman sebelum islam, tapi pertama kali dipakai di jaman kerajaan ottoman, yaitu ratusan taun setelah nabi wafat.

    • anda pandai sekali mengkritik tentang islam..bukan lebih baik kamu meneelaah kitap suci mu dulu yang banyak sekali dan semua ayat antara satu dengan yang lainnya juga berbede..ayo kalau berani ..saya tantang anda di fb..

  2. IBROHIM, ISMA’IL, ISHAK, MUSA, DAUD DAN SULAIMAN ADALAH MANUSIA-MANUSIA PILIHAN.

    TUHAN MEREKA ADALAH TUHANNYA ADAM.

    DAN MEREKA TIADA PERNAH MENYEMBAH KEPADA ISA AL-MASIH.

    – RAHMAT ALLOH ATAS ISA AL-MASIH DAN MUHAMMAD SAW –

  3. Orang awam mengatakan bahwa Islam (Menyerah Kepada Tuhan) baru ada di zaman Rosululloh SAW.

    Orang berilmu mengatakan bahwa Islam sudah ada BAHKAN sejak zaman Adam.

  4. APAKAH IBROHIM, MUSA DAN DAUD YANG TIDAK MENYEMBAH YESUS AKAN DIMASUKKAN KE DALAM NERAKA ?

    PADAHAL SAYA MENYEMBAH TUHAN YANG MEREKA SEMBAH.
    JIKA MEREKA MASUK NERAKA BERARTI SAYAPUN MASUK NERAKA.

    • Tempat mereka di surga.

      Dan mereka tiada pernah menyembah Isa Al Masih.

      Tuhan mereka adalah Tuhannya Adam.

      – …..dan mereka tiada pernah menyembah kepada Isa Al Masih….. –

  5. SATU PERTANYAAN YANG MENGGANJAL HATI SAYA :

    DI MANAKAH INJIL YANG ASLI YANG ADA BESERTA YESUS, ?
    (BUKAN INJIL YANG DITULIS OLEH ORANG-ORANG SETELAH YESUS)

  6. JIKA SAYA :

    1. MENGAKUI BAHWA TIADA TUHAN SELAIN ALLAH YANG MAHA ESA LAGI MAHA KUASA, PENCIPTA SEGALANYA DAN MENGAKUI BAHWA MUHAMMAD ADALAH UTUSANNYA.

    2. SHOLAT/MENYEMBAH TUHAN YANG MAHA ESA, PENCIPTA SEGALANYA.

    3. BERZAKAT, BERINFAK DAN BERSEDEKAH

    4. BERPUASA BAIK YANG WAJIB MAUPUN YANG SUNNAH

    5. BERHAJI JIKA MAMPU.

    APAKAH MENURUT KRISHNA, KRISTUS ATAUPUN SIDHARTA SAYA AKAN DIMASUKKAN KE DALAM NERAKA ?

  7. * BANYAK MUALAF AWALNYA HANYA KARENA SUNGGUH-SUNGGUH INGIN MENCARI DAN MENTAATI AJARAN ORISINIL NABI ISA A.S, MENDALAMI SEJARAH GEREJA dan/atau MENGKRITISI BIBEL/INJIL/AL KITAB PERJANJIAN BARU
    * biarkanlah… tunggu aja kedatangan kembali Nabi Isa A.S menjelang kiamat, apakah beliau akan ikut kebaktian sambil membawa salib berteriak haleluya haleluya heleluya ber xxx yang dipimpin oleh Paulus dari Tarsus dkk dgn segala macam ajaran, doktrin & dogmanya ; ataukah beliau akan menghakimi, mengadili dan menjadi saksi atas kebenaran ajaran MONOTHEISME murni dgn menghancurkan segala berhala & atributnya yang dimurkai, terkutuk, terlaknat, sesat dan menyesatkan serta ikut mendirikan shalat bersama para nabi dan rasul sejak Nabi Adam sampai Nabi Muhammad beserta para malaikat Allah… gitu aja kok rewel & ribet banget to mas…
    * Sesungguhnya ajaran yg diturunkan kpd para Nabi dan Rasul pada hakikatnya adalah sama/satu, tidak layak apabila ada yang menyimpangkannya. Kebenaran hanya datang dari sisi Allah. * Dengan lapang dada, hati yg mulia & tenang, akal pikiran yg sehat & jernih, tanpa emosi, tanpa dogmatis, tanpa prasangka buruk dgn penuh kesadaran & rasa tanggung jawab mari kita memilih dan menentukan jalan keselamatan hidup di dunia & akhirat menuju kembali kepada Allah

    Hanya ada 3 (tiga) jalan keselamatan kristiani:
    1. Koreksi total, progresif & revolusioner terhadap semua ajaran/doktrin/dogma Paulus dari Tarsus dkk melalui KONSILI BARU setingkat konsili Nicea (325 M) a.l. mengangkat Yesus sebagai Tuhan dan konsili Konstantinopel (381 M) a.l. lahirnya Trinitas serta konsili-konsili lainnya (hal ini amat sulit sekali dan memerlukan keberanian sangat luar biasa pihak gereja & umatnya);
    2. Kembali menjalankan ajaran Nabi Isa / Yesus secara murni dan konsekuen sebagaimana yang diwahyukan Allah kepadanya dalam Injil asli berbahasa Ibrani / Aramic ketika beliau hidup (1-33 M) dan diangkat sebagai utusan-Nya (+ – 29 M) (kalau risalahnya masih ada), tanpa campur tangan / karangan manusia, sekalipun itu murid pertama beliau
    3. Menjadi Muslim sebagai satu-satunya jalan kebenaran sejati-hakiki pengikut setia Nabi Isa / Yesus dan jaminan keselamatan dunia dan akhirat. Seluruh risalah kenabian sudah ditutup, tiada lagi nabi dan rasul, tiada lagi kitab suci; kita hidup di akhir zaman sampai kiamat dan Islam adalah yang terakhir. Setiap detik umur kita berkurang, setiap detik kita mendekati kematian dan meninggalkan dunia fana ini. Hati-hati, jangan salah jalan supaya tidak menyesal…

    • UNTUK SIAPAPUN YANG BERKENAN SILAHKAN LACAK MENGENAI JATI DIRI PAULUS……………(paulus adalah orang yahudi).

      ……..SELANJUTNYA BUKANKAH ORANG YAHUDI YANG MENGHENDAKI KEMATIAN ISA AL MASIH ?

      ……SELANJUTNYA SIAPAKAH YANG MENGHENDAKI RUSAKNYA AJARAN MURNI ISA AL MASIH SEHINGGA IA MENCIPTAKAN KONSEP TENTANG TRINITAS.

      • SEBELUM DATANGNYA PAULUS, HANYA ADA SATU KRISTEN YAITU KRISTEN NESTORIAN (KRISTEN YANG TIDAK MENUHANKAN ISA).

      • SEBELUM ZAMAN PAULUS, HANYA ADA SATU KRISTEN YAITU KRISTEN NESTORIAN (KRISTEN YANG TIDAK MENUHANKAN ISA).

      • 12 MURID ISA ALMASIH TIDAK PERNAH SEKALIPUN MENYEBUT ISA AL MASIH SEBAGAI TUHAN, JUSTRU PAULUS-LAH YANG PERTAMA KALI MENYEBUT ISA AL MASIH SEBAGAI TUHAN.

      • PENGIKUT ISA ALMASIH (12 MURID ISA ALMASIH) DISEBUT KAUM NASHORO (PENOLONG)

        PENGIKUT PAULUS DISEBUT NASHRONI.

      • PENGIKUT ISA ALMASIH (12 MURID ISA ALMASIH) DISEBUT KAUM NASHORO (PENOLONG)

        PENGIKUT PAULUS DISEBUT KAUM NASHRONI.

      • BAHKAN 12 MURID ISA AL MASIH ADALAH ORANG-ORANG YANG ISLAM (MENYERAH).

        “Maka Ketika Isa mengetahui kekafiran sebagian mereka (Bani Isroil), Isa berkata : Siapakah yang mau menjadi penolongku kepada Allah ?.
        Hawariyyin (12 murid isa) berkata : Kami penolong Alloh, Kami beriman kepada Alloh dan saksikanlah bahwa kami adalah orang-orang yang Islam (menyerah)”.

        Ali ‘Imron : 53

        BAHKAN TIDAK ADA SALAH SATUPUN DARI 12 MURID ISA YANG BERKHIANAT.

        SILAHKAN TELITI KEMBALI DENGAN SETELITI-TELITINYA JIKA ADA KITAB YANG MENGATAKAN BAHWA 1 DARI 12 MURID ISA BERKHIANAT.

    • Hmmm….

      Mau berkata sebaik apapun anda….

      Yang mau saya tanyakan Praktek pada kehidupan anda sendiri spt apa baiknya???

      Apa dengan Mencari celah dan memojokan perbedaan bagian dr orang yg baik …..

      Org yg baik adalah org yg lbh bs berbuat baik dan lbh banyak diam apalagi menilai perbedaan ….

  8. lakum diinukum waliadiin..
    Bagimu agamamu bagiku agamaku.

    ga usah saling mencemooh, perbaiki diri menurut agama yg kalian anut.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s