Tahyul Seorang Raja


Ia sangat percaya pada tahyul. Walau di zamannya perkara tahyul bukan sesuatu yang aneh. Tetapi untuk seorang raja Yemen penguasa semenanjung Arab, seperti Yehia Hamid, kepercayaan itu terdengar ganjil. Baik di kalangan rakyatnya maupun negara tetangga.
Sang raja sangat yakin bahwa gambaran rupa wajah adalah sesuatu yang “suci” pantang untuk dilukiskan dalam sebidang media. Jika tabu ini dilanggar orang yang dilukis (dipotret) dipercaya akan bernasib sial, mati dalam keadaan tragis.

Demi melindungi nyawanya dan kepercayaannya pada tahyul tersebut, ia melarang juru foto, wartawan, pelukis dan seniman, atau siapa saja untuk melukiskan atau membuat potret maupun sketsa wajahnya. Eksesnya, selain keluarga dekat, kerabat dekat, pejabat negara dan orang-orang yang pernah bertemu dengannya, wajah sang raja
Yehia Hamid adalah sebuah misteri.

Rakyat yang pemerintahan kerajaan Yemen di bawah kuasanya, hampir seluruhnya tidak mengenal pasti wajah rajanya. Hal ini menimbulkan sungut dan penasaran rakyat jelata. Sampai terlontar ucapan kesal: “Bagaimana mungkin (rakyat) kami tak pernah mengenal rupa raja kami!” Bagi mereka kepercayaan raja pada tahyul sangat berlebihan.

Suatu hari, Raja Yehia Hamid mengundang seorang pelukis Italia kondang ke istananya di Wadi Dhar dekat Sana’a, ibukota Yemen. Undangan itu bukan untuk melukis wajah sang raja, melainkan sekadar bincang-bincang semata. Sang pelukis tahu betul bahwa Yehia Hamid sangat percaya tahyul tentang lukisan wajah. Dalam hati ia berniat untuk melukis wajah sang raja. Ia pun “merekam” detail wajah sang raja dalam memori kepalanya.

Setelah kunjungan ramah tamah itu usai, si pelukis pun memulai langkah besar dalam karyanya. Ia ingin menjadi orang pertama yang membuat lukisan sang raja Yemen, Yehia Hamid. Selama beberapa waktu ia membuat lukisan potret raja berusia 81 tahun itu hingga akhirnya selesai!

Ia sangat puas akan hasil lukisan potretnya. Sebab sapuan pada kanvas di hadapannya sangat hidup. Seolah sang raja sedang berdiri menatapnya! Ia pun berniat untuk mempublikasikan salinan lukisan tersebut pada media, dan menyerahkan hasil aslinya pada sang raja sebagai sebuah hadiah istimewa.

Sebuah Tragedi
Pada pekan terakhir Februari 1948, si pelukis menyerahkan salinan lukisan potret Yehia Hamid pada media. Surat kabar segera merespons hal tersebut dan mempublikasikan potret sang raja dalan porsi halaman yang besar. Publikasi ini menggemparkan dan disambut antusias oleh pembaca.

Sementara, saat si pelukis akan mengirimkan lukisan potret asli pada Yehia Hamid, ia terkejut membaca sebuah berita di media terbitan Mesir. Berita tersebut mengabarkan: Raja Yemen, Yehia Hamid tewas ditembak, bersama tiga anak dan seorang penasihat kerajaan! Pemerintahan Yemen untuk sementara diambil alih pemerintahan darurat, disebutkan bahwa pembunuhan itu terjadi pada 17 Februari 1948. Diduga terkait suksesi Yehia Hamid yang erat dengan pertikaian politik mengenai siapa pewaris tahta kerajaan Yemen di antara 16 calon pewaris!

Pelukis Italia itu terhempas. Ia merasa sangat menyesal telah melanggar tabu sang raja. Ia merasa sangat bersalah karena tanpa izin telah membuat lukisan wajah sang raja.

Pada saat itu, potret Raja Yemen Yehia Hamid yang selama ini diliputi misteri pun terkuak. Walau sang raja berupaya sebisanya berpantang wajahnya dipublikasikan, namun akhirnya tabu itu terlanggar dan pada saat yang sama ia pun tewas terbunuh secara tragis.

Apakah lukisan potret tersebut berhubungan dengan tabu sang raja? Apakah hanya suatu kebetulan saat wajahnya dipublikasikan dan pembunuhan itu pun terjadi? Atau benarkah tahyul itu berubah menjadi sebuah kenyataan? Tak ada yang tahu, misteri tetaplah misteri! (berbagai sumber)

Sepotong Kisah Yahya M Hamid ad-Din
Nama aslinya panjang: HM Amir al-Mumenin al-Mutawakkil ‘Ala Allah Rab ul-Alamin Imam Yahya bin al-Mansur Bi’llah Muhammad Hamidaddin. Namun ia biasa dikenal sebagai Yehia Hamid atau Yahya Muhammad Hamid ad-Din (Imam Yahya) atau Mahmud al-Mutawakkil.

Ia adalah putra Sayyid Yahya bin Muhammad, terlahir dari cabang keluarga Hamad ad-Din dari Dinasti al-Qasimi. Ia lahir pada 1867.

Saat Yahya masih kecil, Yemen adalah salah satu provinsi Kekaisaran Ottoman. Sejak muda ia menghabiskan waktu untuk menangani pekerjaan administrasi ayahnya. Saat berusia 37 tahun, ayahnya meninggal dunia dan ia ditunjuk sebagai pewaris bergelar Imam Yahya. Persis 4 Juni 1904 (sampai 2 September 1926), ia menjadi Imam yang memimpin wilayah pegunungan di wilayah Utara Yemen.

Di bawah pemerintahannya, Yemen menentang kebijakan peraturan Turki dan Yahya kemudian segera menyusun potensi kekuatan militernya. Perang sporadis pun meletus sampai tahun 1911.

Politik Imam Yahya terfokus pada upaya melindungi Yemen dari semua bentuk pengaruh asing. Yemen Utara dalam kepemimpinan Yahya menjadi negeri kecil yang sangat kuat dan terisolasi dari negara tetangganya. Walau kemudian ia mendapat bantuan militer dari Italia (1920 dan 1930-an) ia tetap menolak hubungan permanen dan misi diplomatik.

Ia mendelegasikan kekuasaan sektoral pada para bangsawan (sayyid) sebagai kepala pemerintahan lokal (semacam kepala daerah)—walau akhirnya penentangan politik terhadap kepemimpinannya yang konservatif isolatif ini menjadi faktor yang memicu terbunuh Imam Yahya di tahun 1948.

Berkaitan dengan berakhirnya Perang Dunia I (1918), Ottomans kehilangan kontrol pada Yemen Utara dan Yahya pun memaklumkan negerinya sebagai negara merdeka! Sejak 2 September-17 Februari 1948, Yahya bin Muhammad memaklumkan dirinya sebagai penguasa dan Raja Yemen wilayah Utara.

Namun dalam perang House of Saud (perang dengan dinasti Saudi di Arab) tahun 1934, pasukan Yahya dipatahkan. Tetapi Raja Ibnu Saud menawarkan perdamaian tanpa memberi konsesi lahan.

Pada 1946, situasi politik Yemen Utara memanas, saat oposisi rejim Yahya semakin kuat dan terorganisir. Imam Yahya Muhammad Hamidaddin akhirnya tewas diberondong tembakan pada 17 Februari 1948. Ia digantikan anaknya Ahmad bin Yahya. (berbagai sumber)

Yemen, Negeri di Semenanjung Arabia
Yemen adalah satu negara tua di jazirah Arabia. Letaknya persis di semenanjung Arab, Barat daya Asia. Berbatasan dengan Saudi Arabia di Utara, laut Merah di Barat, dan Laut Arab dan Teluk Aden di Selatan, serta Oman di timur.

Yemen yang kini bernama asli al-Jumhuuriyya al-Yamaniyya, sejarahnya dimulai pada masa Kerajaan Minaean (1200-650 SM) dan Sabaean (750-115 SM). Yemen kuno merupakan wilayah perdagangan yang sibuk dan menguntungkan. Namun ia dijajah Romawi pada abad pertama Masehi, seperti juga Ethiopiadan Persia di abad keenam Masehi.

Pada tahun 628, Yemen memeluk Islam dan diabad kesepuluh, ia berada di bawah kekuasaan dinasti Rassid dari Sekte Zaidi, yang tetap berkuasa dalam politik di Yemen Utara sampai 1962. Wilayah yang dijajah Turki Ottoman sejak 1538-1918.

Wilayah utara Yemen dikuasai para imam sampai militer pro Mesir melakukan pengambil-alihan wilayah pada 1962. Junta militer memaklumkan berdirinya Yemen Arab Republic.

Sebelum meleburkan diri menjadi dua negara, Yemen terbelah menjadi dua negara. Pertama negara People’s Democratic Republic of Yemen dan dan Yemen Arab Republic. Namun pada 22 Mei 1990, kedua negara dilebur menjadi Republic of Yemen setelah selama 300 tahun terpisah. Presiden pertama negara baru itu adalah Ali Abdullah Saleh.

Luas Yemen kira-kira sebesar Prancis. Terdiri dari wilayah pesisir pantai pegunungan dan area plato sepanjang 1.130 km (700 mil) dengan luasan area 527.968 km persegi. Total penduduknya 20.000.000 juta jiwa (sensus Juli 2005). Negara ini beribukota Sana’a. Satu negara makmur di Semenanjung Arab!

13 thoughts on “Tahyul Seorang Raja

  1. Pingback: Tahyul Seorang Raja | Berbagi Dunia

  2. SAYA CUMA INGIN BERTERIMA KASIH YANG SEBESAR BESARNYA KEPADA KI LANTORO KARNA BERKAT BANTUAN ANGKA GHOIB YANG DI BERIKAN KEPADA SAYA BENAR BENAR JEBOL 1OO% DAN SEKARANG SAYA SUDAH PUNYA USAHA SENDIRI,YANG INGIN MERASAKAN KEMENANGAN DALAM BERMAIN TOGEL HUB KI LANTORO DI 0823-8601-8777 ATAU KLIK AJA ALAMAT KI LANTORO http://bocoransgphk.blogspot.com YANG PUNYA ROO.M THANKZ.

  3. Hmm.. tadinya mau nulis panjang2. Tapi Hp android ku susah dipake nulis cepat. Bingung mau ngabisin kuota. Kwk..kwk..kwk..

  4. SEJARAH ARAB, KABAH, DAN BATU HITAM (HAJJAR ASWAD)

    Nenek moyang bangsa arab datang dari Yaman. Arus migrasi paling besar dari Yaman diduga terjadi setelah jebolnya bendungan air di Ma’rib. Dibanding daerah2 sekitarnya maka negeri Arab termasuk paling belakangan dihuni manusia. Hal ini dikarenakan sulitnya mencari sumber air disana. Cuaca panas serta padang yang tandus membuat sumber2 air di Arab lebih berharga daripada permata. Bukti2 arkeologis juga tidak satupun membuktikan bahwa adam ataupun abaraham pernah singgah di Mekah. Penelitian terakhir malah menunjukkan bahwa Mekah baru eksis sekitar abad ke-2 M. Jadi kira2 dua ratus tahun sesudah Yesus naik ke surga. Arti kata “Mekah” sebenarnya adalah tempat pemujaan api. Mekah merupakan tanah yang tandus dan letaknyapun tidak strategis bagi lintasan para pedagang. Kecil sekali kemungkinannya bila kota ini punya arti penting dimasa lalu. Apalagi jika disebut kota tua.

    Suku2 primitif di seluruh arab melambangkan dewa2 mereka dengan sebuah batu. Kadang juga berupa patung yang dibuat mirip manusia (Hubal). Setiap batu meteor yang jatuh dari langit mereka anggap datang dari surga dan dijadikan sesembahan. Batu Hajjar Aswad adalah salah satunya. Batu ini telah lama menjadi sesembahan nenek moyang Muhammad dan kaum quraisy. Jauh sebelumnya batu ini malah pernah dipakai para penyembah berhala arab untuk ritual kesuburan manusia. Orang2 yang ingin punya anak menggosok2kan kelaminnya pada batu tersebut sebagai bagian dari ritual. Asal katanya adalah “hajj” yang artinya menggosok.

    Ka’bah sebenarnya dulunya ada banyak di arab. Asal katanya adalah Gabah. Tiap ka’bah berisi sebuah batu hitam yang dianggap sebagai jimat atau sesembahan. Bentuk ka’bah juga bukan asli dari arab, melainkan meniru pada bangunan berhala yang sudah ada lebih dulu di Persia. Bangsa arab banyak menyerap kepercayaan dari daerah2 di sekitarnya. Begitu juga dengan budaya.

    Masyarakat kuno di Timur tengah pada umumnya menyembah dewa bulan. Begitu juga di Arab. Dewa bulan (allah) beristrikan dewi matahari (ellat) dengan ketiga putrinya yaitu al-manat, al-lata, dan al-uzza. Nama allah sesungguhnya adalah sebutan bagi dewa bulan. Nama itu dibawa dari India ketika arab masih dijajah bangsa India. Yaitu dimasa kekuasaan Maharaja Chandragupta. Waktu itu Raja Vikramaditya dari India juga menyebarkan agama Hindu di arab. Pensakralan sumur zam-zam yang kita kenal sekarang adalah tiruan tidak langsung dari pensakralan sungai gangga dalam agama hindu. Dalam agama hindu sumber air merupakan sesuatu yang dianggap suci. Nama “arab” juga diambil dari bahasa india yakni “arvastan” atau arbastan. Artinya adalah tanah berkuda. Kuda arab memang terkenal sejak dulu.

    Ritual haji yakni melakukan thawaf (mengelilingi ka’bah) sebanyak 7 kali sesungguhnya adalah terusan dari ritual pancayamagna milik agama hindu. Orang india biasanya mengelilingi patung sesembahan mereka beberapa kali saat ritual. Begitu juga tentang tatacara berhaji lainnya seperti mencukur rambut, memotong kurban, hingga kewajiban memakai kain putih yang dililitkan. Semua itu adalah jejak agama hindu. Tata cara penghitungan letak bulan dalam menetapkan hari aidil fitri juga berasal dari budaya agama hindu. Sedangkan ritual melempar setan saat berhaji diambil dari ritual melempar iblis matahari milik agama pagan. Ritual ini dilakukan para penyembah berhala saat menyambut musim semi.

    Muhammad sengaja mengaitkan sejarah Ka’bah dan batu hitam dengan tokoh2 yang ada di alkitab. Tujuannya tak lain supaya kaum yahudi yang ada di Yethrib (medinah) mau menerima dan mengakuinya sebagai nabi. Muhammad butuh pengikut yang sebanyak2nya untuk memudahkan tujuannya menjadi pemimpin di seluruh arab.

  5. STOPP PRESS…!!! Anda jangan kemana2 dulu. Negara maju berarti juga negara industri. Status sebagai negara industri menjadikan sebuah negara memiliki volume ekspor yang melebihi negara2 lain yang bukan negara industri.

    10 NEGARA EKSPORTIR TERBESAR di dunia

    1. Republik Rakyat Cina

    2. Jerman

    3. Amerika Serikat

    4. Jepang

    5. Perancis

    6. Italia

    7. Belanda

    8. Rusia

    9. Britania Raya

    10. Kanada

    5 NEGARA EKSPORTIR TERBESAR di Asia

    1 Jepang

    2 Korea Selatan

    3 Hongkong

    4 Arab Saudi

    5 Taiwan

  6. STOPP PRESS…!!! Anda jangan kemana2 dulu. Inilah dia 10 NEGARA dengan CADANGAN MINYAK TERBESAR di dunia.

    1. Saudi Arabia.

    17,85 persen dari total cadangan minyak dunia.
    Cadangan minyak tercatat mencapai 262,6 miliar barel. Total produksinya pada 2010 adalah 10,52 juta barel, konsumsi minyak 2,64 juta barel, dan ekspor ke AS 1,47 juta barel.

    2. Venezuela.

    14,35 persen dari total cadangan minyak dunia.
    Cadangan minyaknya mencapai 211,2 miliar barel. Total produksinya pada 2010 adalah 2,38 juta barel, konsumsi minyak 746 ribu barel, dan ekspor ke AS 759 ribu barel.

    3. Kanada.

    11,91 persen dari total cadangan minyak dunia.
    Cadangan minyaknya mencapai 175,2 miliar barel. Total produksinya pada 2010 adalah 3,48 juta barel, konsumsi minyak 2,21 ribu barel, dan ekspor ke AS 2,32 juta barel.

    4. Iran.

    9,31 persen dari total cadangan minyak dunia.
    Cadangan minyaknya mencapai 137 miliar barel. Total produksinya pada 2010 adalah 4,25 juta barel, dan konsumsi minyak 1,85 ribu barel.

    5. Irak.

    7,82 persen dari total cadangan minyak dunia.
    Cadangan minyak terbuktinya mencapai 115 miliar barel. Total produksinya pada 2010 adalah 2,64 juta barel, konsumsi minyak 694 ribu barel, dan ekspor ke AS 403 ribu barel.

    6. Kuwait.

    7,07 persen dari total cadangan minyak dunia.
    Cadangan minyaknya mencapai 104 miliar barel. Total produksinya pada 2010 adalah 2,45 juta barel, konsumsi minyak 354 ribu barel dan ekspor ke AS 145 ribu barel.

    7. Uni Emirat Arab.

    6,65 persen dari total cadangan minyak dunia.
    Cadangan minyaknya mencapai 97,8 miliar barel. Total produksinya pada 2010 adalah 2,81 juta barel, konsumsi minyak 545 ribu barel, dan ekspor ke AS 10 ribu barel.

    8. Rusia.

    4,08 persen dari total cadangan minyak dunia.
    Cadangan minyaknya mencapai 60 miliar barel. Total produksinya pada 2010 adalah 10,27 juta barel, konsumsi minyak 2,2 juta barel dan ekspor ke AS 275 ribu barel.

    9. Libya.

    3,15 persen dari total cadangan minyak dunia.
    Cadangan minyaknya mencapai 44,3 miliar barel. Total produksinya pada 2010 adalah 1,79 juta barel, konsumsi minyak 289 ribu barel, dan ekspor ke AS 71 ribu barel.

    10. Nigeria.

    2,53 persen dari total cadangan minyak dunia.
    Cadangan minyak terbuktinya mencapai 37,2 miliar barel. Total produksinya pada 2010 adalah 2,46 juta barel, konsumsi minyak 279 ribu barel dan ekspor ke AS 529 ribu barel.

  7. STOPP PRESS…!!! Anda jangan kemana2 dulu. Inilah dia 10 BUAH PALING MENYEHATKAN dan BERGIZI di dunia.

    1. Stroberi

    Buah merah manis ini rendah kalori dan kaya serat, serta banyak mengandung vitamin C ketimbang buah jeruk. Stroberi juga telah dikaitkan dengan penurunan daya pikir lebih lambat pada orang dewasa dan mengobati sakit maag.

    2. Blackberries dan Raspberries

    Berries yang rendah kalori dan merupakan sumber yang sangat baik dari serat, vitamin C, antioksidan dan fitokimia, dan,menurut beberapa penelitian menunjukkan mereka membantu dengan tantangan kesehatan divergen sebagai yang berkaitan dengan penurunan usia mental, penyakit jantung, beberapa jenis kanker, dan saluran kemih infeksi.

    3. Ceri

    Buah-buahan manis ini dikemas dengan vitamin A dan C, zat besi dan kalsium, dan merupakan makanan rendah kalori untuk boot.Sumber serat yang baik, dan memiliki hampir tidak ada natrium atau lemak.
    Dikemas dengan antioksidan, studi menunjukkan makan ceri atau minum jus ceri dapat meningkatkan kesehatan jantung, berperan dalam manajemen nyeri, mendukung pemulihan dari latihan, dan bahkan membantu Anda tertidur lebih cepat.
    Juga membantu “melindungi tubuh dari efek berbahaya dari produk yang dikenal sebagai radikal bebas, membuat tubuh biasanya ketika perubahan oksigen dan makanan menjadi energi.

    4. Jeruk

    Jeruk merupakan sumber yang serat, folat, antioksidan, photochemicals dan, tentu saja, vitamin C, Dan, pada gilirannya, vitamin C sangat penting untuk fungsi kekebalan tubuh, penyembuhan luka dan sebagai bantuan dalam penyerapan zat besi.

    5. Apel

    Merupakan “sumber yang sangat baik dari pektin, serat larut yang dapat menurunkan kolesterol darah. Buah ini juga tinggi serat dan kulitnya mengandung sesuatu yang disebut asam ursolat, yang telah ditunjukkan dalam studi terbaru untuk menurunkan angka kejadian obesitas.
    Penelitian menunjukkan bahwa wanita hamil yang makan apel sehari-hari mereka cenderung kecil kemungkinan melahirkan anak dengan asma.

    6. Bluberi

    Studi menunjukkan bahwa blueberry memiliki manfaat kesehatan tertentu dan unik. Telah dikaitkan dengan menurunkan kolesterol, mengurangi risiko diabetes, memperlambat proses penuaan, meningkatkan keterampilan motorik dan mendukung kemih dan kesehatan visi.

    7. Delima

    Mengandung antioksidan untuk meningkatkan kesehatan jantung, sumber yang baik untuk serat, folat, vitamin C dan vitamin K. Menambahnya dalam sereal, menggunakan mereka salad, campuran jus atau koktail atau bahkan mencemilnya polos, akan sangat bermanfaat.

    8. Alpukat

    Dikemas dengan lemak tak jenuh tunggal dan tak jenuh ganda yang membantu orang merasa kenyang, alpukat juga merupakan sumber yang kaya vitamin C, E, kalium, dan lutein.
    Dan menunjukkan ketika dipasangkan dengan salad, lemak tak jenuh tunggal membantu kita lebih baik menyerap karotenoid, lycopene dan beta-karoten – sebuah kelas penting dari antioksidan yang ditemukan dalam sayuran yang membantu melindungi terhadap segala sesuatu dari kanker , masalah kesehatan mata, penyakit jantung.
    Penelitian awal juga menemukan bahwa buah bisa berperan dalam menghambat pertumbuhan sel kanker prostat.

    9. Cranberries

    Buah merah kecil ini sebenarnya merupakan pencegah infeksi saluran kemih yang kuat, karena itu mampu menghentikan bakteri yang menempel ke dinding saluran kemih, menurut University of Maryland Medical Center.
    Beberapa penelitian juga menunjukkan bahwa cranberry memiliki banyak antioksidan dan bahkan mungkin dapat menurunkan jumlah plak gigi dalam mulut kita (yang merupakan faktor risiko untuk penyakit gusi, menurut Pusat Nasional untuk Pelengkap dan Pengobatan Alternatif).
    Namun, penting untuk diingat bahwa jus yang terbuat dari cranberry sering mengandung gula yang tinggi.

    10. Anggur Merah

    Anggur merah mengandung resveratrol, senyawa yang bertindak sebagai antioksidan dan bahkan mungkin mengurangi peradangan dan pembentukan bekuan darah. Tidak buruk untuk 100 kalori dalam porsi 4 ons (penting untuk diingat bahwa para ahli biasanya mendefinisikan minum moderat sebagai satu gelas sehari untuk wanita dan 2 dua gelas untuk pria – apa pun di luar yang dapat menyebabkan masalah kesehatan).

    Dan inilah BUAH yang punya kadar GIZI TERTENTU sangat tinggi :

    Protein Tertinggi —–Jambu Biji
    Energi —– Alpukat
    Karbohidrat —–Durian
    Lemak —–Alpukat
    Serat —–Alpukat
    Vitamin A —–Aprikot
    Vitamin B-6 —–Pisang
    Vitamin C —–Jambu Biji
    Vitamin E —–Alpukat
    Vitamin K —–Kiwi

    Berukut 3 SAYURAN PALING BERGIZI di dunia yang harus Anda masukkan dalam menu makanan sehari-hari

    1.Brokoli

    Brokoli adalah salah satu makanan pelawan kanker, berkat kehadiran senyawa sulfur, seperti sulforaphane. Mengonsumsi lebih banyak brokoli bisa memangkas risiko seseorang dari kanker payudara, kanker paru-paru, dan kanker usus besar. Sulforaphane juga telah terbukti khasiatnya untuk membunuh bakteri yang menyebabkan bisul.Brokoli juga merupakan sumber terbaik kalsium dan potasium sehingga baik untuk tulang serta mengatur tekanan darah Anda. Vitamin C dan beta-karoten juga dapat melindungi mata Anda dari katarak dan menjaga sel-sel otak dari serangan radikal bebas.

    2. Bayam

    Selain berfungsi dalam melindungi mata Anda dari degenerasi makula (penurunan ketajaman pengelihatan), kandungan karotenoid pada bayam juga dapat membantu mempertahankan kepadatan tulang dan mencegah risiko patah tulang. Segala macam sayuran berwarna hijau merupakan sumber yang kaya kalium dan magnesium serta folat, di mana semuanya berfungsi dalam menjaga tekanan darah dan mengurangi risiko stroke. Folat juga berkontribusi dalam memangkas risiko kanker paru-paru bagi mantan perokok.

    3. Kacang2an

    Kacang sebenarnya baik untuk jantung Anda karena kacang mampu menyerap kolesterol sehingga tubuh dapat membuangnya sebelum menempel pada dinding arteri. Studi menemukan bahwa diet tinggi serat larut dapat mengurangi kolesterol total sebesar 10-15 persen. Sebuah studi terakhir bahkan menunjukkan, makanan yang bersumber dari biji-bijian termasuk dalam kelompok teratas dengan kategori tingkat antioksidan tertinggi.

  8. Hanya segitu ceritanya ? Tentang tahyul dan kesialan ? Raja bodoh dan malang. No comment jugalah. Hehehehe…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s