Ekperimen Memecahkan Misteri “Partikel Tuhan”?


“Large Hadron Collider adalah cincin “Akselerator Partikel” dan “Atom-Smasher” raksasa yg dibuat oleh Badan Riset Nuklir Eropa (CERN) dengan panjang keliling 27 km yg terletak pd kedalaman 175 meter dibawah tanah. Dibangun diantara perbatasan Perancis dan Swiss, cincin itu sendiri terdiri dari 9300 kumparan magnet superkonduktif dengan berat berton-ton yg dirangkai seperti sosis dan kemudian didinginkan dengan sekitar 96 ton helium cair.
Sampai saat ini Proyek LHC melibatkan sekitar 7000 org Ahli Fisika Partikel (hampir separo dari semua ahli fisika partikel di seluruh dunia) dari 80 negara dan telah menghabiskan biaya sekitar USD 5,8 miliar (sekitar Rp 53,3 triliun). Dan direncanakan pada bulan Agustus ini mesin tersebut mulai dinyalakan.

Cara Kerja LHC adalah :

LHC terdiri dari dua buah pipa cahaya yg berdekatan dimana masing-masing pipa berisi sekelompok proton yg “berlari” mengilingi cincin utama ( 27 km ) secara berlawanan arah. Setiap kelompok proton tersebut didorong” oleh mesin LHC sehingga bisa mengandung energi sebesar 7 Trilyun Volt (7 TeV). Pada 4 titik tertentu 2 pipa tersebut akan bersilangan satu sama lain sehingga 2 kelompok proton tadi akan saling bertabrakan dg total energi sebesar 14 TeV dan menghasilkan 600 juta partikel per detik.

Pada titik-titik tabrakan tersebut dipasang detektor-detektor raksasa yg akan mencatat semua serpihan partikel super kecil yg dihasilkan pada setiap tabrakan. Saking besarnya salah satu dari detektor tersebut konstruksi bisa dipakai untuk membangun satu Menara Eiffel baru.

Large Hadron Collider dibangun untuk menjawab berbagai misteri terbesar dalam alam semesta, yaitu :

Bagaimana Alam Semesta Bisa Terbentuk Sampai Bisa Seperti Sekarang Ini ?
Memang para ahli sudah sepakat bahwa alam semesta terbentuk akibat peristiwa “Big Bang” tapi mereka belum benar-benar memahami bagaimana dan mengapa alam semesta bisa berkembang seperti sekarang ini. Dengan mesin LHC bisa diketahui apa yg terjadi [b]sepersejuta detik[/] setelah big bang terjadi.

Para ahli berharap akan bisa melihat partikel paling eksotis yaitu “Partikel Higg Boson” atau populer disebut dengan “Partikel Tuhan”. Mereka sdh punya dugaan sendiri tapi para ahli juga berharap pada apa yg “tidak terduga”.

Macam Apa Alam Semesta Kita Ini ?
Banyak ahli fisika yg percaya bahwa alam semesta kita tidak hanya terdiri dari 3 dimensi (ruang dan waktu) seperti yg kita pahami saat ini. Bahkan ada yg menyatakan bahwa alam semesta sebenarnya terdapat 10 Dimensi.

Dimana anti-materi berada?
Big Bang menghasilkan “materi” (zat) dan anti-materi dengan jumlah yg sama, tetapi kita hanya bisa melihat “materi” saja. Apa yg terjadi dengan anti-materi ? Dengan percobaan LHC bisa dipelajari perbedaan yg hampir tidak terlihat antara partikel materi dan anti-materi tersebut.

Kenapa Partikel Memiliki Massa ?
Partikel cahaya atau Photon tidak memiliki massa. Sedangkan partikel zat lain seperti elektron dan quarks memiliki massa dan para ahli fisika tidak tahu pasti kenapa bisa begitu.

Terbuat Dari Apakah Alam Semesta Kita Ini ?
Para ahli hanya mengetahui 4% materi yang menyusun alam semesta kita sedangkan 96% masih merupakan misteri besar yg populer disebut “Dark Energy”.

Teori dari “Super Simetri” berpendapat bahwa semua partikel yg tercipta di alam semesta mempunyai ‘super-partner” sendiri-sendiri. Kalau super-partner ini ada LHC akan mampu mendeteksinya dan mungkin bisa menjelaskan mistery terbesar alam semesta – Dark Matter dimana ada yg berpendapat kalau Dark Matter tersusun dari “Partikel Supersimetris “.

53 thoughts on “Ekperimen Memecahkan Misteri “Partikel Tuhan”?

  1. Saya Rizky:-Sangat tertarik sekali pada artikel di atas! jika kita bahas kaji/tela’ah tentang zat atau partikel tuhan secara ilmiah maka itu sah-sah saja. akan tetapi saya sendiri sebagai ummat nabi muhammadsaw yang beragama islam. sangat yakin dan percaya sekali pada tuhan tentang adanya wujud,zat,partikel dan sifat-sifat ketuhanan tuhan allaswt. sebab karena ada nya dalil al-qur’an hadits dan juga keyakinan tauhid agama yang begitu kuat tentang tuhan allahswt itu ada. pertama-tama faktor dari dalil naqly yang sudah tercatat dari wahyu allahswt yang terdapat di dalam kandungan ayat suci al-qur’an maupun hadits dan yang kedua2 dari dalil aqly yaitu otak/akal manusia yang sehat lagi waras. bila kita melogika kan tuhan allahswt itu ada maka itu nyata kebenaran nya. akan tetapi begitu banyak manusia yang begitu ingkar,munafiq dan musyrik terlalu mentuhan kan akal dan iblis. sepanjang sejarah islam kita ummat islam tau betul sifat dan karakter orang yahudi,eropa serta kaum atheis. mereka sangat membenci,mengutuk keras para nabi dan juga rasul bahkan memerangi,memfitnah dengan keji tentang risalah fakta kebenaran ayat-ayat suci al-qur’an hadist! kekejian dan kebencian kaum kafir terhadap agama islam di sebab kan oleh kebusukan hati serta akal yang t’lah d pralat oleh ibliz nah maka dari itulah timbul benih-benih permusuhan,kejahatan dan kebencian yang nyata. terhadap agama islam,para nabi dan tuhan allaswt. lalu bila saya cermati dari kacamata saya pribadi tentang ilmuwa’an barat dewasa ini. sepertinya mereka hanya menemukan hal yang sia-sia belaka atau hasilnya nol 0 besar! kenapa saya berani berkata bigini? mau tau jawaban nya mengapa? karena mreka mengkaji dan mencari tau zat,partikel asal-mula tuhan allahswt itu dari apa? dan terbuat dari komposisi elemt,unsur apa? baik secara metode ilmiah yang dikembangkan dari teknologi canggih sekalipun maka yakin lah mreka ilmuwaan sekali-kali tak kan mengetahui,mendapati dari zat apa tuhan allaswt tercipta! saya rizky hanya bisa memberi saran saja tak lebih dari itu. terlebih lagi kepada saudara saya sesama muslim beragama islam di belahan dunia mana pun. marilah kita kuatkan iman..

  2. melihat tuhan tidak bisa dilihat dengan mata ataupun dengan alat pembesar seperti apapun cangehnya, ingat kita ini ciptaannya mana ada ciptaannya sama dengan yang diciptakan hanya orang bodoh saja yang berpikiran seperti itu. ingat Allah sudah memberi pelajaran melalui para Nabi2NYA bukankah anda sudah beriman dan percaya, nah kalau percaya hayati isi ajaran kitabnya jangan mala mengumpamakan dengan yang lain, Allah itu ujud tapi ujutnya tidak bisa dilihat dengan mata akan tetapi dengan hati atau perasaan kita bisa juga dengan Kolbu, apa arti experimen hanya buang2 waktu saja dan buang2 duwet saja.hanya nabi Musa saja yang bisa bertatap muka tapi nabi musa tidak kuat melihatnya dia pingsan maka Allah hanya denagan suara saja yang bisa diterima oleh musa.saya orang menguasai kitab tapi Allah akan melihat seseorang bukan karena kepandeiannya tetapi sejauh mana ketaatan dan rasa keimanannya.

  3. Pingback: TONGKAT KOMANDO BUNG KARNO « seeword

  4. Pingback: Ekperimen Memecahkan Misteri “Partikel Tuhan”? | Reiwanest Cyber Windows

  5. Percaya terhadap Tuhan, mempunyai pengertian yakin dan iman terhadap Tuhan itu sendiri. Yakin dan iman ini merupakan pengakuan atas dasar keyakinan bahwa sesungguhnya Tuhan itu ada, Maha Kuasa, Maha Esa dan Maha segala-galanya. Tuhan Yang Maha Kuasa, yang disebut juga Hyang Widhi (Brahman), adalah ia yang kuasa atas segala yang ada ini. Tidak ada apapun yang luput dari Kuasa-Nya. Ia sebagai pencip…ta, sebagai pemelihara dan Pelebur alam semesta dengan segala isinya. Tuhan adalah sumber dan awal serta akhir dan pertengahan dari segala yang ada. Didalam Weda (Bhagavad Gita), Tuhan (Hyang Widhi) bersabda mengenai hal ini, sebagai berikut:

    Etadyonini bhutani

    sarvani ty upadharaya

    aham kristnasya jagatah

    prabhavah pralayas tatha. (BG. VII.6)

    Ketahuilah, bahwa semua insani mempunyai sumber-sumber kelahiran disini, Aku adalah asal mula alam semesta ini demikian pula kiamat-kelaknya nanti.

    Aham atma gudakesa

    sarva bhutasaya sthitah

    aham adis cha madhyam cha

    bhutanam anta eva cha. (BG.X.20)

    Aku adalah jiwa yang berdiam dalam hati segala insani, wahai Gudakesa. Aku adalah permulaan, pertengahan dan penghabisan dari mahluk semua.

    yach cha pi sarvabhutanam

    bijam tad aham arjuna

    na tad asti vina syan

    maya bhutam characharam. (BG. X.39)

    Dan selanjutnya apapun, oh Arjuna, aku adalah benih dari segala mahluk, tidak ada sesuatupun bisa ada, bergerak atau tidak bergerak, tanpa aku.

    Tuhan (Hyang Widhi), yang bersifat Maha Ada, juga berada disetiap mahluk hidup, didalam maupun doluar dunia (imanen dan transenden). Tuhan (Hyang Widhi) meresap disegala tempat dan ada dimana-mana (Wyapi Wyapaka), serta tidak berubah dan kekal abadi (Nirwikara). Di dalam Upanisad (k.U. 1,2) disebutkan bahwa Hyang Widhi adalah “telinga dari semua telinga, pikiran dari segala pikiran, ucapan dari segala ucapan, nafas dari segala nafas dan mata dari segala mata”, namun Hyang Widhi itu bersifat gaib (maha suksma) dan abstrak tetapi ada. Di dalam Bhuana Kosa disebutkan sebagai berikut:

    “Bhatara Ciwa sira wyapaka

    sira suksma tan keneng angen-angen

    kadiang ganing akasa tan kagrahita

    dening manah muang indriya”.

    Artinya:

    Tuhan (Ciwa), Dia ada di mana-mana, Dia gaib, sukar dibayangkan, bagaikan angkasa (ether), dia tak dapat ditangkap oleh akal maupun panca indriya.

    Walaupun amat gaib, tetapi Tuhan hadir dimana-mana. Beliau bersifat wyapi-wyapaka, meresapi segalanya. Tiada suatu tempatpun yang Beliau tiada tempati. Beliau ada disini dan berada disana Tuhan memenuhi jagat raya ini.

    “Sahasrasirsa purusah sahasraksah sahasrapat,

    sa bhumim visato vrtva tyatistad dasangulam”. (Rg Veda X.90.1)

    Tuhan berkepala seribu, bermata seribu, berkaki seribu, Ia memenuhi bumi-bumi pada semua arah, mengatasi kesepuluh penjuru.

    Seribu dalam mantra Rg Veda di atas berarti tak terhingga. Tuhan berkepala tak terhingga, bermata tak terhingga, bertangan tak terhingga. Semua kepala adalah kepa_Nya, semua mata adalah mata-Nya, semua tangan adalah tangan-Nya. Walaupun Tuhan tak dapat dilihat dengan mata biasa, tetapi Tuhan dapat dirasakan kehadirannya dengan rasa hati, bagaikan garam dalam air. Ia tidak tampak, namun bila dicicipi terasa adanya disana. Demikian pula seperti adanya api di dalam kayu, kehadirannya seolah-olah tidak ada, tapi bila kayu ini digosok maka api akan muncul.

    Eko devas sarva-bhutesu gudhas

    sarva vyapi sarwa bhutantar-atma

    karmadyajsas sarvabhutadhivasas

    saksi ceta kevalo nirgunasca. (Svet. Up. VI.11)

    Tuhan yang tunggal sembunyi pada semua mahluk, menyusupi segala, inti hidupnya semua mahluk, hakim semua perbuatan yang berada pada semua mahluk, saksi yang mengetahui, yang tunggal, bebas dari kualitas apapun.

    Karena Tuhan berada di mana-mana, ia mengetahui segalanya. Tidak ada sesuatu apapun yang ia tidak ketahui. Tidak ada apapun yang dapat disembunyikan kepada-Nya. Tuhan adalah saksi agung akan segala yang ada dan terjadi. Karena demikian sifat Tuhan, maka orang tidak dapat lari kemanapun untuk menyembunyikan segala perbuatannya. Kemanapun berlari akan selalu berjumpa dengan Dia. Tidak ada tempat sepi yang luput dari kehadiran-Nya.

    Yas tisthati carati yasca vancanti

    Yo nilayam carati yah pratamkam

    dvatu samnisadya yanmantrayete

    raja tad veda varunas trtiyah (A.W. IV.16.2)

    Siapapun berdiri, berjalan atau bergerak dengan sembunyi-sembunyi, siapaun yang membaringkan diri atau bangun, apapun yang dua orang duduk bersama bisikan satu dengan yang lain, semuanya itu diketahui oleh Tuhan (Sang Raja Alam Semesta), ia adalah uyang ketiga hadir di sana.

    Kendatipun Tuhan itu selalu hadir dan meresap di segala tempat, tetapi sukar dapat dilihat oleh mata biasa. Indra kita hanya dapat menangkap apa yang dilihat, didengar, dikecap dan dirasakan. Kemampuannya terbatas, sedangkan Tuhan (Hyang Widhi) adalah Maha Sempurna dan tak terbatas.

    Di dalam Weda disebutkan bahwa Tuhan (Hyang Widhi) tidak berbentuk (nirupam), tidak bertangan dan berkaki (nirkaram nirpadam), tidak berpancaindra (nirindryam), tetapi Tuhan (Hyang Widhi) dapat mengetahui segala yang ada pada mahluk. Lagi pula Hyang Widhi tidak pernah lahir dan tidak pernah tua, tidak pernah berkurang tidak juga bertambah, namun Beliau Maha Ada dan Maha Mengetahui segala yang ada di alam semesta ini. Tuhan berkuasa atas semua dan Tunggal atau Esa adanya.

    Yoccitdapo mahina paryapacyad

    daksam dadhana janayantiryajnam

    Yo deweswadhi dewa eka asit

    kasmai dewaya hawisa widhema. (R.W.X.121.Cool

    Siapakah yang akan kami puja dengan segala persembahan ini? Ia Yang Maha Suci yang kebesaran-Nya mengatasi semua yang ada, yang memberi kekuatan spiritual dan yang membangkitkan kebaktian, Tuhan yang berkuasa. Ia yang satu itu, Tuhan di atas semua.

    ya etam devam ekavrtam veda

    na dwitya na trtiyas cateutho napyucyate,

    na pancamo na sasthah saptamo napyucyate,

    nasthamo na navamo dasamo napyucyate,

    sa sarvasmai vi pasyati vacca pranati yacca na,

    tam idam nigatam sahah sa esa eka ekavrd eka eva,

    sarve asmin deva ekavrto bhavanti. (A.V.XIII.4)

    Kepada ia yang mengetahui ini Tuhan semata-mata hanya tunggal. Tidak ada yang kedua, ketiga, keempat Ia dipanggil. Tidak ada yang kelima, keenam, ketujuh, Ia dipanggil. Tidak ada yang kedelapan, kesembilan Ia dipanggil. Ia melihat segala apa yang bernafas dan apa yang tidak bernafas. Kepada-Nya-lah tenaga penakluk kembali. Ia hanya tunggal belaka. Padanya semua dewa hanya satu saja.

    Tuhan Yang Maha Esa, Yang Maha Kuasa, yang tak terjangkau oleh pikiran, yang gaib dipanggil dengan nama sesuai dengan jangkauan pikiran, namun ia hanya satu, Tunggal adanya.

    “Ekam eva advityam Brahma” (Ch.U.IV.2.1)

    Tuhan hanya satu tidak ada yang kedua.

    “Eko Narayanad na dvityo “Sti kaccit” (Weda Sanggraha)

    Hanya satu Tuhan sama sekali tidak ada duanya.

    “Bhineka Tungal Ika, tan hana Darma mangrwa” (Lontar Sutasoma)

    Berbeda-beda tetapi satu tidak ada Dharma yang dua.

    “Idam mitram Varunam

    agnim ahur atho

    divyah sa suparno garutman

    Ekam sad vipra bahudha vadantyagnim

    yamam matarisvanam ahuh. (R.W.I. 1964.46)

    Mereka menyebut Indra, Mitra, Varuna, Agni dan Dia yang Bercahaya, yaitu Garutman yang bersayap elok, Satu Itu (Tuhan), sang bijaksana menyebut dengan banyak nama, seperti Agni, Yama Matarisvam.

    Karena Tuhan tidak terjangkau oleh pikiran, maka orang membayangkan bermacam-macam sesuai dengan kemampuannya. Tuhan yang Tunggal (Esa) itu dipanggilnya dengan banyak nama sesuai dengan fungsinya. Ia dipanggil Brahma sebagai pencipta, Wisnu sebagai pemelihara dan Ciwa sebagai pelebur/pemralina. Banyak lagi panggilannya yang lain. Ia maha tahu, berada dimana-mana. Karena itu tak ada apapun yang dapat kita sembunyikan dihadapan-Nya. Orang-orang menyembah-Nya dengan bermacam-macam cara pada tempat yang berbeda-beda. Kepada-Nyalah orang menyerahkan diri, mohon perlindungan dan petunjuk-Nya agar ia menemukan jalan terang dalam mengarungi hidup ini.

  6. maaf mas admin / pemilik blog saya sudah coba googling tapi belum nemu hasil dari percobaan LHC ini, kalau boleh tahu kelanjutan dari hasilnya, bagaimana ya..

    • kalau mau tahu hasil experimenya silahkan baca novel angels& demon(versi khayalan si penulis, tapi cukup bsa ngegambarin apamaksud percobaan itu, apa tujuannya, dan apa hasilnya)

  7. Partikel Tuhan disini hanya sebuah istilah. Maksud sebenarnya bukanlah itu. Proyek ini sebenarnya adalah bentuk lain dari pendalaman Fisika atom. Namun dirancang dengan alat paling canggih serta paling mahal. Kaitannya dengan Tuhan tidak ada sama sekali.

    “…sebab ALLAH adalah roh…”

    “…Dia yang bersemayam dalam terang yang tak terhampiri…”

    “…tak seorangpun mengenal BAPA terkecuali Dia yang datang daripada-Nya…”

    “…firman itu bersama2 dengan ALLAH……………segala sesuatu diciptakan dengan perantaraan Dia…”

  8. Mungkin alam semesta berawal bukan dari singularitas yang membutuhkan sesuatu yg transeden.

  9. maksudnya partikel tuhan/high bosson adalah 2 proton yang ditabrakan dengan kecepatan cahaya yg jika ditabrakan dapat memunculkan partikel tuhan tersebut,dan jika high bosson muncul,maka akan memunculkan black hole/lubang hitam yg katanya bisa membuka ruang/dimensi waktu!

  10. TAKAN ADA YANG BISA MELAWAN TUHAN ATAUPUN SETARA DENGAN TUHNA,, HANYA ORANG2 BODOH YANG BERPIKIRAN SEPRTI ITU,,, TANPA TUHNA MANUSIA BUKAN LAH APA2 …

  11. wow… ini pertanda bahwa manusia mulai memiliki sebuah pengetahuan yang hanya diketahui oleh tuhan saja tapi hati hati jika ingin mengetahui apa yang diketahui oleh tuhan boleh boleh saja tapi jika ingin sejajar dengan tuhan itu bahaya…..

  12. Wah…semoga misteri terjadinya alam semesta dapat segera terkuak dalam tahun antara 2010 s.d 2012,yang menurut ramalan suku maya kiamat akan terjadi tahun 2012…he..he..heee

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s