Kubah Kiamat di Kutub Utara


Sebuah bangunan sangat kuat yang dibangun di Kutub Utara untuk menyimpan biji-bijian dari seluruh dunia resmi difungsikan. Fasilitas yang disebut sebagai Kubah Kiamat (Doomsday Vault) ini dibuat di dalam sebuah gunung beku di Kepulauan Svalbard, Norwegia, 1100 kilometer dari kutub utara.
Kubah ini akan berfungsi untuk menyimpan biji-bijian dari seluruh dunia guna melindungi plasma nutfah. Harapannya, jika terjadi bencana besar yang melanda dunia, biji-bijian yang disimpan di kubah itu akan bisa menjadi sumber penyelamat manusia sebelum terjadi kelaparan.

Karena fungsi sebagai penyelamat manusia, maka kubah itu diberi nama Kubah Kiamat (Doomsday Vault). Kubah tersebut terletak di dalam sebuah gunung beku di Kepulauan Svalbard, Norwegia, 1100 kilometer dari Kutub Utara.

Dalam pernyataannya, Perdana Menteri Norwegia Jens Stoltenberg menyebut bahwa Svalbard Global Seed Vault merupakan kebijakan penyelamatan kami. “Ini adalah ‘Bahtera Nuh’ untuk melindungi keragaman biologi generasi masa depan,” ujar Jens Stoltenberg dalam upacara peresmian kubah itu.

Acara yang monumental tersebut juga dihadiri oleh Presiden Komisi Eropa, Jose Manual Barroso, dan penerima Nobel Perdamaian 2004, Wangari Maathai, dari Kenya.

Setelah diresmikan, kubah yang berada di dalam perut gunung sedalam 127,5 meter ini akan menyimpan cadangan bibit dari ratusan bank benih dari seluruh dunia. Ruangan di dalamnya dapat memuat 4,5 juta sampel benih.

Kubah yang pembangunannya memakan biaya US$9,1 juta-hasil kerja sama Global Crop Diversity Trust, lembaga yang didanai badan PBB untuk urusan pangan atau FAO (Food and Agriculture Organization) dan Biodiversity Internasional yang berbasis di Roma, Italia-diharapkan benar-benar bisa jadi solusi masa depan demi kelangsungan kehidupan manusia.

200 thoughts on “Kubah Kiamat di Kutub Utara

  1. Hari akhir Matahari sejengkal di atas kepala bro !! Yakin tu Bank ancur jadi debu ,.. yg penting sekarang pada tobat dan meluk agama Islam kalo mau selamat dunia akhirat ,. Buruan baca syahadat rame rame deh !!

  2. Ehhh kampret !! Yang buat kubah kiamat , sekolah loe boleh tinggi , uang loe boleh banyak ,. Tapi kalo goblok kira kira dong .. yang namanya akhir dunia (doomsday) gaada yg selamat kecuali orang” yg di kehendaki-Nya hidup .. Jin , setan , iblis aja mati .. apalagi kita manusia banyak dosa .. pikir nalar dong bro !!!

  3. domsday vault, kubah kiamat ????
    yaaa … saya pikir kutub utara adalah salah satu senjata yang sangat berbahaya. karena ia memiliki jutaan bahkan milyaran es. nah, apabila lapisan atmosfer bumi semakin menipis, otomatis tingkat pemanasan globlal semakin meningkat. apabila suhu panas tersebut sudah sampai kedaerah kutub utara dan selatan, pastilah es tersebut akan mencair dan akan menjadi gumpalan air yang besar dan akan mengakibatkan banjir besar yang akan menghampiri seluruh wilayah yang ada disekitarnya. Nah, maka dari itu adakalanya kita untuk mencegah terjadinya pemanasan global tersebut.

  4. toh juga yg nikmatin duluan pasti para bule laknat tsb, kita2 dri negara dunia ketiga mana mungkin dikasi nikmatin, cuihh…..
    para bule emang pengecut!! (n)

  5. Doomday vault (Kubah Kiamat) adalah sebuah upaya yang dilakukan manusia untuk menyelamatkan kehidupannya, terutama biodiversity. Indonesia gimana apakah masih terjadi penebangan hutan? Lahan-lahan banyak difungsikan untuk komersialisasi bisnis.

  6. Sebenarnya ini bukan untuk kiamat seperti “kiamat” dalam kitab suci…. Tapi kiamat dalam berbagai bencana..yakni kiamat biodiversity..sekarangpun spesies dan berbagai varitas mahluk hidup menghadapi ancaman kepunahan… bank benih seperti ini sangat berguna…. tuhan menciptakan begitu banyak mahluk yang kita bahkan belum tahu manfaatnya… adalah arif melestarikannya sebelum punah, mungkin suatu hari di masa depan manusia baru mampu mengetahuinya…untuk itu sangat penting usaha pelestarian seperti ini…
    Indonesia sangat kaya plasma nutfah… apakah kita sudah punya bank benih seperti ini….? bank benih ini sangat penting untuk anak cucu di masa depan
    Ayo lestarikan alam kita… apakah anda sudah berpartisipasi

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s