Atlantis di Indonesia?


MUSIBAH alam beruntun dialami Indonesia. Mulai dari tsunami di Aceh hingga yang mutakhir semburan lumpur panas di Jawa Timur. Hal itu mengingatkan kita pada peristiwa serupa di wilayah yang dikenal sebagai Benua Atlantis. Apakah ada hubungan antara Indonesia dan Atlantis?
Plato (427 – 347 SM) menyatakan bahwa puluhan ribu tahun lalu terjadi berbagai letusan gunung berapi secara serentak, menimbulkan gempa, pencairan es, dan banjir. Peristiwa itu mengakibatkan sebagian permukaan bumi tenggelam. Bagian itulah yang disebutnya benua yang hilang atau Atlantis.

Penelitian mutakhir yang dilakukan oleh Aryso Santos, menegaskan bahwa Atlantis itu adalah wilayah yang sekarang disebut Indonesia. Setelah melakukan penelitian selama 30 tahun, ia menghasilkan buku Atlantis, The Lost Continent Finally Found, The Definitifve Localization of Plato’s Lost Civilization (2005). Santos menampilkan 33 perbandingan, seperti luas wilayah, cuaca, kekayaan alam, gunung berapi, dan cara bertani, yang akhirnya menyimpulkan bahwa Atlantis itu adalah Indonesia. Sistem terasisasi sawah yang khas Indonesia, menurutnya, ialah bentuk yang diadopsi oleh Candi Borobudur, Piramida di Mesir, dan bangunan kuno Aztec di Meksiko.

Bukan kebetulan ketika Indonesia pada tahun 1958, atas gagasan Prof. Dr. Mochtar Kusumaatmadja melalui UU no. 4 Perpu tahun 1960, mencetuskan Deklarasi Djoeanda. Isinya menyatakan bahwa negara Indonesia dengan perairan pedalamannya merupakan kesatuan wilayah nusantara. Fakta itu kemudian diakui oleh Konvensi Hukum Laut Internasional 1982. Merujuk penelitian Santos, pada masa puluhan ribu tahun yang lalu wilayah negara Indonesia merupakan suatu benua yang menyatu. Tidak terpecah-pecah dalam puluhan ribu pulau seperti halnya sekarang.

Santos menetapkan bahwa pada masa lalu itu Atlantis merupakan benua yang membentang dari bagian selatan India, Sri Lanka, Sumatra, Jawa, Kalimantan, terus ke arah timur dengan Indonesia (yang sekarang) sebagai pusatnya. Di wilayah itu terdapat puluhan gunung berapi yang aktif dan dikelilingi oleh samudera yang menyatu bernama Orientale, terdiri dari Samudera Hindia dan Samudera Pasifik.

Teori Plato menerangkan bahwa Atlantis merupakan benua yang hilang akibat letusan gunung berapi yang secara bersamaan meletus. Pada masa itu sebagian besar bagian dunia masih diliput oleh lapisan-lapisan es (era Pleistocene). Dengan meletusnya berpuluh-puluh gunung berapi secara bersamaan yang sebagian besar terletak di wilayah Indonesia (dulu) itu, maka tenggelamlah sebagian benua dan diliput oleh air asal dari es yang mencair. Di antaranya letusan gunung Meru di India Selatan dan gunung  Semeru di Jawa Timur. Lalu letusan gunung berapi di Sumatera yang membentuk Danau Toba dengan pulau Somasir, yang merupakan puncak gunung yang meletus pada saat itu. Letusan yang paling dahsyat di kemudian hari adalah gunung Krakatau (Krakatoa) yang memecah bagian Sumatera dan Jawa dan lain-lainnya serta membentuk selat dataran Sunda.

Atlantis berasal dari bahasa Sanskrit Atala, yang berarti surga atau menara peninjauan (watch tower), Atalaia (Potugis), Atalaya (Spanyol). Plato menegaskan bahwa wilayah Atlantis pada saat itu merupakan pusat dari peradaban dunia dalam bentuk budaya, kekayaan alam, ilmu/teknologi, dan lain-lainnya. Plato menetapkan bahwa letak Atlantis itu di Samudera Atlantik sekarang. Pada masanya, ia bersikukuh bahwa bumi ini datar dan dikelilingi oleh satu samudera (ocean) secara menyeluruh. Ocean berasal dari kata Sanskrit ashayana yang berarti mengelilingi secara menyeluruh. Pendapat itu kemudian ditentang oleh ahli-ahli di kemudian hari seperti Copernicus, Galilei-Galileo, Einstein, dan Stephen Hawking.

Santos berbeda dengan Plato mengenai lokasi Atlantis. Ilmuwan Brazil it berargumentasi, bahwa pada saat terjadinya letusan berbagai gunung berapi itu, menyebabkan lapisan es mencair dan mengalir ke samudera sehingga luasnya bertambah. Air dan lumpur berasal dari abu gunung berapi tersebut membebani samudera dan dasarnya, mengakibatkan tekanan luar biasa kepada kulit bumi di dasar samudera, terutama pada pantai benua. Tekanan ini mengakibatkan gempa. Gempa ini diperkuat lagi oleh gunung-gunung yang meletus kemudian secara beruntun dan menimbulkan gelombang tsunami yang dahsyat. Santos menamakannya Heinrich Events.

Dalam usaha mengemukakan pendapat mendasarkan kepada sejarah dunia, tampak Plato telah melakukan dua kekhilafan, pertama mengenai bentuk/posisi bumi yang katanya datar. Kedua, mengenai letak benua Atlantis yang katanya berada di Samudera Atlantik yang ditentang oleh Santos. Penelitian militer Amerika Serikat di wilayah Atlantik terbukti tidak berhasil menemukan bekas-bekas benua yang hilang itu. Oleh karena itu tidaklah semena-mena ada peribahasa yang berkata, “Amicus Plato, sed magis amica veritas.” Artinya,”Saya senang kepada Plato tetapi saya lebih senang kepada kebenaran.”
Namun, ada beberapa keadaan masa kini yang antara Plato dan Santos sependapat. Yakni pertama, bahwa lokasi benua yang tenggelam itu adalah Atlantis dan oleh Santos dipastikan sebagai wilayah Republik Indonesia. Kedua, jumlah atau panjangnya mata rantai gunung berapi di Indonesia. Di antaranya ialah Kerinci, Talang, Krakatoa, Malabar, Galunggung, Pangrango, Merapi, Merbabu, Semeru, Bromo, Agung, Rinjani. Sebagian dari gunung itu telah atau sedang aktif kembali.

Ketiga, soal semburan lumpur akibat letusan gunung berapi yang abunya tercampur air laut menjadi lumpur. Endapan lumpur di laut ini kemudian meresap ke dalam tanah di daratan. Lumpur panas ini tercampur dengan gas-gas alam yang merupakan impossible barrier of mud (hambatan lumpur yang tidak bisa dilalui), atau in navigable (tidak dapat dilalui), tidak bisa ditembus atau dimasuki. Dalam kasus di Sidoarjo, pernah dilakukan remote sensing, penginderaan jauh, yang menunjukkan adanya sistim kanalisasi di wilayah tersebut. Ada kemungkinan kanalisasi itu bekas penyaluran semburan lumpur panas dari masa yang lampau.

Bahwa Indonesia adalah wilayah yang dianggap sebagai ahli waris Atlantis, tentu harus membuat kita bersyukur. Membuat kita tidak rendah diri di dalam pergaula internasional, sebab Atlantis pada masanya ialah pusat peradaban dunia. Namun sebagai wilayah yang rawan bencana, sebagaimana telah dialami oleh Atlantis itu, sudah saatnya kita belajar dari sejarah dan memanfaatkan perkembangan ilmu pengetahuan mutakhir untuk dapat mengatasinya.

253 thoughts on “Atlantis di Indonesia?

  1. eeee jgn kta baanga dgan ngara atlantis ,atlantis kaum jauh dri ajaran islam.mka na dmusnah kan.apa mau kta krajan mrip atlantis

  2. di certa lain tentang atlantis di sebutkan selain menjadi pusat peradaban yang luar biasa jangan di lupakan juga klo orang2 atlantis itu berpengetahuan cerdas dan damai,,kalo memang kita yakin Indonesia adalh atlantis maka bersikaplah seperti orang atlantis jman dlu yang saling menghormati dan hidup damai.. pada saat itu di katakan tenggelam dan hilang (hancur) menurut cerita itu terjadi karena ada sebagian ahli2 ilmu yang mulai serakah dan tidak mensyukuri apa yang sudah Tuhan berikan yang terbaik bagi mereka, kesimpulannya kalo memang Indonesia adalah Atlantis apa kita mau mengulang ke hancurannya dengan saling mengutuk satu sama lain??? yang paling menarik dari cerita ini adlah Atlantis punya Unicorn bos,,, kuda terbang putih yang da tnduknya kya pegasus tu hidup dAtlantis, keren gk tu…dalam cerita di sebutkan, jiwa mereka sangat tenang, damai menimbulkan rasa hormat. Unicorn tidak pernah melukai siapapun, apalagi mempunyai pikiran atau maksud jahat, ketika menemui tantanganpun akan tetap demikian. mau lu ktmu atau naik Unicorn; masih diCerita itu di sebutkan lagi “Saat ketika kondisi dunia kembali pada keseimbangan dan keharmonisan, semua orang saling menerima, saling mencintai, saat itu Unicorn akan kembali”.. so hidup damai dan harmonis itu gak ada ruginya bro,, spa tau negri kita memang atlantis dan Unicorn bisa muncul…kalo kita mewujudkan keharmonissan itu. ok!!!

  3. lantak korang laa…hehehe….ape laaa korang…kami di malaysia sebut orang indon untuk menunjukkan mereka dari tanah kamu-indonesia…ya mungkin bener kami ‘meminta2’ kemerdekaan..udah begitu cara dan peradaban orang2 di tanah melayu..ya memang udah bener kamu merdeka dgan perjuangan darah…ya memang itu cara kamu..apa pasal pulak nak kate malingsial dan lagi dan lagi..menambahkan kemunduran pemikiran ada laaa..

  4. kita sama” orang Islam.! g ada gunax saling menjelek-jelekan.. yg penting kita sadar akan kekhilafan asing-masing. jgnlah kita terlalu berbangga hati klo Indonesia btul-btul kerajaan Atlantis (dulu). bukankah dalam Al-Qur’an Allah SWT mengisahkan tentang orang-orang terdahulu yang Dia musnahkan karena sudah jauh menyimpang oleh ajaran agama Islam? mungkin itu yang terjadi oleh BENUA ATLANTIS yang tenggelam hanya dalam waktu satu malam saja.! dan bukankah menurut versi dari bnyak peneliti klo negara Atlantis yang hilang itu adalah negara hilang yang letaknya di bawah Segitiga Bermuda? yang telah ditemukan bukti-bukti klo di dasar Segitiga Bermuda itu telah ditemukan bekas-bekas kerajaan antantis??
    Subhanallah.!!!

  5. menurut aku wilayah atlantis it bukan indonesia saja mungkin ada juga gabungan dari wilayah lain seingat aku zaman dulu ad satu benua aja….N aku ingn tahu indonesia it brada d lingkaran dalam or luar?? Aku bangga juga sih law indonesia masuk ke wilayah atlantis juga

  6. Sesungguhnya sebejad-bejad nya bangsa adalah bngsa malaysia dn setolol-tolol nya bngsa adlah malaysia..Tdk ada perampok yg paling rakus selain malaysia..Subhanallah

  7. mendingan MALINGSIAL nyebur ke laut aja atau dibom dengan lumpur lapindo,lalu dibakar supaya meledak & jadi abu sampah??????!!!!!

  8. negara BAJINGAN yang bernama MALINGSIAL HARUS DIGANYANG!!!!!! supaya tidak menular ke INDONESIA

  9. malingsial MADESU,beraninya cuma koment 2x pedas,negara maling,anak cucu haram semua,berani sekali menjelek-jelekkan indonesia,malingsial negara yang kaya akan TAI,negara SAMPAH

  10. Pingback: Atlantis di Indonesia? « sepertiberita

  11. BETUL BOS….MOYANG….
    ANE PUN ORANG INDON ASLI…. MANA TAU DIA KAKEKNYA ORANG INDON YANG NGUNGSI KE MALINGSIA… KALO KAGAK … MANA ADA ITU MALINGSIA…

    MAKANYA…
    KADANG ANE DIAM AJA KALO DIBILANG REOG PONOROGO BERASAL DARI MALINGSIA… LHA WONG YANG NYEBARIN DISANA ORANG PONOROGO… ATO RENDANG… DARI MALINGSIA…. LHA WONG URANG AWAK YANG BUKA LAPAU RUMAH MAKAN DISANA… MAU DI APA IN… ATAO DE EL EL…. LHA WONG ORANG/CUCU TURUNANNYA YANG BUAT KOK…
    TAPI KALO DIPATENKAN … ORANG INDONESIA HARUS BUAYAR KARENA DIA ADA PATEN… YA… TUNGGU DULU…

    ITU SEMUA KHAN KHASANAH KITA BERSAMA….

    COBA APA YANG TERNGIANG DENGAN KATA “ORANG INDON”..

    PASTI UNGKAPAN YANG MIRIS, MEMANDANG REMEH/MERENDAHKAN ORANG LAIN(INDONESIA),,,,,
    EMANG TAMPAKNYA PERLU PENDIDIKAN AGAMA, BUDI PEKERTI DI MALAYSIA SANA….

    SUPAYA NILAI YANG JAUH DARI ISLAMI TERKIKIS DISANA… AMIN…..

  12. eh elo… yang ngata-ngatai indonesia… mana tau buapak ato leluhurnmu orang indon….. kalo elo kagak tau leluhurmu… wajar aja … ngomong gitu… mungking.. elo kagak tau darimana asal elo.. (anak haram kali)….

    perlu elo tau… negara elo itu bagian indon dulunya….

    udah sekolah belon….?

  13. Indonesia ta’ik memang kaya akan hasil alam,
    tapi jgn lupa indonesia ta’ik jg kaya
    akan hutang luar negeri..
    indonesia ta’ik’ dulu dijajah ama bangsa lain,
    tapi sekarang indonesia ta’ik dijajah ama bangsa sendiri..
    betul ga teman2 pribumi…?
    indonesia memang kayak ta’ik…

    • eh …negara lo tuh yang kaya TAI,Tukang rebut wilayah negara lain,kenapa?ga punya wilayah ya?KASIAAN DEH LO.negara lo tuh keciiil ga ada apa-apanya ama indonesia.mau i GANYANG?

    • setidaknya indonesia merdeka bukan karena meminta2 kemerdekaan dari penjajahnya dan akhirnya dengan belas kasih kemerdekaan itu diberikan kepadanya, tapi indonesia merdeka atas dasar perjuangan bangsanya.
      (gw si malu kalo jd bangsa yg merdeka karena hasil belas kasihan, tp menghina bangsa lain yg lebih bermatabat)

    • hey kau..
      masih mending Indonesia merdeka dengan perjuangan, akal pikiran yang baik, dan mandiri. daripada elo, merdeka dikasih ama penjajah…
      huu!!!…
      nyadar!!
      oh ya, kan orang Lalaysia gk punya otak smua..!!!
      kepalanya gundul..!!!!
      matanya picek..!!!
      mulutnya tonggos..!! banyak bicaranya!!
      wess

    • Dasar Gila,Mulutnya Harus Dibungkam Sama ta’ik
      (MALINGSIAL(FULL OF SHITTTTTTT!!!!!!!!!).
      (MALINGSIAL HOLYFUCK,BULLSHIT,MOTHERFUCKERRRR!!!,ASSHOLEEE!!!).

  14. waduuuh makin bangga aja nih jadi orang indonesia. ternyata kita adalah pusat peradaban dunia.

  15. berarti indonesia adalah negara
    yg paling bersejarah di dunia ini
    dan keajaiban.a itu yg terpenting di dunia
    karna keajaiban.a itu
    adalah keajaiban yang tak terduga!!!

  16. munkin saja indonesia pernah memimpin peradaban dunia tapi sekarang lagi terpuruk negaranya.
    Dahulu kala, ada negara-negara Yunani, romawi, mongol dan sebagainya yang pernah menguasai peradaban dunia. tetapi sekarang negara-negara itu sudah padam kejayaannya

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s