Mahluk yang Terlupakan


Alam gaib selalu menyimpan misteri,karena orang selalu tertarik & penasaran ketika ada sedikit ‘tirai’ yang tersingkap, selama ini mahluk gaib yang di perbincangkan adalah Jin dan Setan, karena kedua mahluk ini memiliki kebiasaan mengoda dan menyesatkan manusia.Orang lalu penasaran untuk mengetahui lebih dalam ihwal keberadaan mereka.

Selain Jin dan setan,sebenarnya ada mahluk gaib yang sebenarnya hidup di sekitar kita,selalu menyapa kita,dan bahkan senantiasa menyertai kita dalam melakukan segala hal,baik itu yag buruk maupun yang baik, tapi sayang kita semua hampir melupakan mahluk gaib yang satu ini,dialah mahluk yang di sebut Malaikat.

Memang mahluk ini tidak banyak ‘berulah’ sebagaimana setan atau jin,karena Ia di ciptakan Allah justru untuk membantu manusia berlaku taat kepada Tuhan.

Sebagai seorang muslim kita tidak seharusnya melupakan mahluk yang satu ini,karena dalam rukun iman terdapat salah satunya adalah Beriman Kepada Malaikat.

Beriman kepada Malaikat merupakan salah satu pondasi akidah.Keimanan kita tidak akan sempurna tanpa di sertai keimanan kita kepada Malaikat.
Malaikat merupakan bagian dari alam gaib,dimana Allah Swt memberikan pujian kepada orang-orang yang mengimaniNya,karena hal itu merupakan suatu bentuk pembenaran terhadap berita yang datang dari Allah Swt dan sekaligus juga pembenaran terhadap berita yang datang dari rosulNya.

Di sini akan sedikit saya bahas tentang sifat penciptaan Malaikat,nama beserta tugasnya :

Materi Penciptaan Malaikat

Dari hadist yang di riwayatkan oleh Aisyah r.a binti Abu Bakar r.a dari ayahnya sendiri di sebutkan bahwa Rosulullah SAW menceritakan kepada kita,bahwa materi yang digunakan Allah untuk menciptakan malaikat adalah Nur(cahaya).

Rosulullah bersabda :
“Malaikat itu di ciptakan dari cahaya,jin d ciptakan dari nyala api,sedangkan Adam di ciptakan dari apa yang telah di gambarkan kepada kalian”.(HR.Muslim).

Mungkin ada yang bertanya, tentang jenis cahaya yg di gunakan untuk menciptakan Malaikat

Di sini Rosulullah SAW,tidak menyebutkan kepada kita jenis cahaya yang di gunakan untuk menciptakan malaikat,oleh karena itu kita tidak bisa menyelami lebih jauh lagi persoalan ini secara detail.Hal ini termasuk persoalan gaib,dan tidak ada hadist yang memberikan penjelasan lebih banyak lagi dari hadist tersebut di atas.

Kapan Malaikat di Ciptakan

Kita tidak mengetahui kapan malaikat di ciptakan,karena Allah SWT tidak memberitahukan hal itu.Namun kita mengetahui bahwa mereka di ciptakan lebih dahulu dari penciptaan Adam moyang manusia.Allah SWT memberitahukan kepada kita bahwa Ia telah mengumumkan kepada para malaikat bahwa Ia akan menjadikan seorang khalifah di muka bumi.

Allah SWT berfirman :
“Dan (ingatlah)ketika Tuhanmu berfirman kepada para malaikat ‘Sesungguhnya Aku hendak menjadikan seorang khalifah di muka bumi”(Al-Baqorah:30).

Yang di maksud khalifah di sini adalah Adam AS,dan Allah menyuruh mereka agar bersujud kepadanya ketika Allah menciptakannya.

“Maka apabila Aku telah menyempurnakannya dan telah meniupkan kedalamnya ruh(ciptaan)Ku,maka tunduklah kamu kepadanya dengan bersujud(menghormat)”.(Al-Hijr:29)

Nama beserta Tugas Malaikat

Sesungguhnya jumlah,nama dan tugas malaikat tidak ada yang mengetahui kecuali Dzat yang meciptakannya.

“Dan tidak ada yang mengetahui tentara Tuhanmu melainkan Dia”.(Al-Mudatsir:31)

Di sini saya akan coba mengingatkan kembali beberapa nama dan tugas para malaikat,yang mungkin telah di ajarkn kepada kita waktu kita ngaji/skul,di antaranya :

  1. Malaikat Jibril bertugas Menyampaikan wahyu
  2. Malaikat Isrofil bertugas meniup sangkakala saat kebagkitan manusia
  3. Malaikat Malik bertugas sebagai penjaga/pengawas neraka
  4. Malaikat Ridwan bertugas menjaga Surga
  5. Malaikat Munkar & Nakir bertugas sebagai penjaga kubur
  6. Malaikat Izrail bertugas sebagai pencabut nyawa
  7. Malaikat Raqid Atid bertugas sebagai pencatat amal perbuatan manusia.

Dari uraian di atas dapat simpulkan bahwa sesunguhnya di sekitar kita masih ada mahluk gaib selain Jin & Setan yaitu Malaikat.

Mari kita pertebal iman kita dengan selalu mengingat adanya Malaikat di sekitar kita yg selalu mengawasi tingkah laku kita serta membimbing kita untuk taat kepada Allah SWT.

71 thoughts on “Mahluk yang Terlupakan

  1. Pingback: Mahluk yang Terlupakan | Berbagi Dunia

  2. Disni kita sudah bisa liat bahwa Adam bukanlah manusia pertama seperti yg kita ketahui sejak dahulu. Bahkan tidak ada ayat Al-Qur’an yg menyatakan bahwa Adam adalah manusia PERTAMA, melainkan hanyalah seorang khalifah. Sangat di sayangkan sekali bahwa sejak dahulu sampai sekarang di seluruh penjuru dunia manusia telah salah kaprah beranggapan bahwa Adam itu adalah manusia PERTAMA yg di ciptakan oleh ALLAH SWT dari tanah. Tapi nyatanya bukanlah Adam. Baik di Al-Qur’an dan di Al-Kitab pun sama bahwa tidak ada yg menyatakan Adam manusa PERTAMA.

  3. IBROHIM, ISMA’IL, ISHAK, MUSA, DAUD DAN SULAIMAN ADALAH MANUSIA-MANUSIA PILIHAN.

    TUHAN MEREKA ADALAH TUHANNYA ADAM.

    DAN MEREKA TIADA PERNAH MENYEMBAH KEPADA ISA AL-MASIH.

    – RAHMAT ALLOH ATAS ISA AL-MASIH DAN MUHAMMAD SAW –

  4. Orang awam mengatakan bahwa Islam (Menyerah Kepada Tuhan) baru ada di zaman Rosululloh SAW.

    Orang berilmu mengatakan bahwa Islam sudah ada BAHKAN sejak zaman Adam.

  5. APAKAH IBROHIM, MUSA DAN DAUD YANG TIDAK MENYEMBAH YESUS AKAN DIMASUKKAN KE DALAM NERAKA ?

    PADAHAL SAYA MENYEMBAH TUHAN YANG MEREKA SEMBAH.
    JIKA MEREKA MASUK NERAKA BERARTI SAYAPUN MASUK NERAKA.

    • Tempat mereka di surga.

      Dan mereka tiada pernah menyembah Isa Al Masih.

      Tuhan mereka adalah Tuhannya Adam.

      – …..dan mereka tiada pernah menyembah kepada Isa Al Masih….. –

  6. NASRANI KOPLAK !!!

    PK Lu sembah !!

    apa elu tega .,. punya tuhan koq gx pake baju .,.
    udah gx pake baju cuma pake kolor ,..,
    kayak di film film porno …,
    pk dong

  7. Utk pak Ahmad Sheva dibawah:
    Usah ditanggapilah para tukang nyembah patung abang2 berkancut dan berewok itu. Mereka tuh emang kerjaanya kek gitu. Muncul2 di artikel berbau islam dan membuat masalah. Mngkin itulah yg diajarin injil kpd mreka, jadi kite2 ini yg jauh lebih terhormat karna ga berpegang pd kitab mereka ini mending ga usah menanggapi bajingan2 itu, percuma ngomong ama penyembah phatunk. Ga akan tobat mreka.

  8. kyknya Itu emank bkn firman tuhan dech,.., masa tuhan nyebutin berahi, bersundal, susu kegadisannya, dan mngajak org2 utk mmbayangkan aurat manusia yg sm dg aurat keledai dan zakar kuda..,” Astagfirullah…”,
    kyaknya itu emank cuma tambahan dan gubahan dari oknum manusia pd masa itu… bahasa dan cerita yg di pke terlalu fulgar dan manusia bnget.., kyak cerita2 di buku stensilan.
    Dan mungkin masih lebih bnyk lgi tambahan2 serta gubahan2 yg lainnya yg terdapat di dlmnya di bandingkan dg versi kitab aslinya, termasuk ttg trinitas itu sndiri…
    Sebenarnya…., bagi mrk yg bsa brfikir jernih dan mnyelami lgi dlm hati, serta merenungkan kembali akan bsa bertanya pd diri sndiri, ” Sdh benarkah apa yg saya yakini slama ini…??” Moga anda bsa menjawabannya dan mndapat hidayah dari Allah SWT, Amiin.
    Peace…..

  9. Kl tau kulitnya jgn menerka isinya. Kl msh dangkal jgn menghina.
    1.Isra miraj, nabi tdk sdri tp dibawa bouraq (ciptaan allah). Langit ketujuh adlah ars allah, sgala penciptaannya.
    2.Al qur’an pnyempurnaan kitab trdahulu sbg bukti keimanan mnusia. Nabi beserta wahyunya diturunkan sesuai jamannya agar bs dijadikan pelajaran umat stlhnya. Ngerti ga umat musa murtad kmbali dg nyembah berhala stlh ditinggal 40 hari utk mnerima 10 perjanjian? Trus misalkan mnusia diciptakan smua beriman, knpa ada surga-neraka? Trus knpa hrs ada tuhan? Km bs jwb sdri bung.
    3.Goa hiro, blm ngenal obor ya dulu? Nabi takut krn blm prnh menemui malaikat/jin sblmnya (dsini yg km mksd adl jin, krn setan tdk mewujudkan wujudnya tp mnggiring hati utk sesat). Sdgkn yg ditemui itu bknlah manusia sperti biasa dan suaranya mnggelegar. Apa bkn jin? Jin tdk bs mniru malaikat/Tuhan (krn penciptaannya)
    4.Ak setuju nabi sblm muhamad tdk meminta wahyu krn mereka yg terpilih, bgitupun muhamad. Nabi muncul ktika umat di zaman jahiliyah dan tdk punya pegangan. Alquran tdk ditulis oleh muhamad tp dibukukan dr penghafal quran (al hafidz) oleh khalifah ali, umar, utsman, abu bakar stlh nabi wafat. Gmna org buta huruf bs mnulis?
    5.72 bidadari (mohon referensinya) krn ak ta prnah nemuin hal itu.
    6.Mninggal dibuatkan 40 masjid (mohon referensinya jg)
    7.Knpa rebutan status? Bani ismail ato bani iskak ga ngaruh bwt islam. Krn kedua2nya kami yakini sbg nabi km jg. Dlm islam tdk ada beda anak dr istri yg mana. Mereka sama haknya (kec laki-wanita)
    8.Hitung2an pahala? Jk km mengetahui keutamaan shalat subuh pasti km akan menjemputnya meski dg merangkak, ato shalat jamaah pahalanya 27kali. Ada yg salah? Knpa dosa tdk ada hitungannya. Itu krn utk mndorong qt berlomba2 ke kebaikan.
    9.Tdk ada aturan dlm islam utk mngeraskan suara. Justru skrg sm MUI dihimbau utk tdk brlebihan (utk mnghormati yg lain). Tuhan tdk tuli kami pahami itu, bhkn apa dlm hati blm terucap pun tuhan tau. Adzan seruan pengingat bwt manusia utk mnjlnkan kwajibannya, bkn ditujukan utk tuhan.
    10. Poligami. Knpa poligami? Bnyk mana populasi wanita vs pria? Dulu blm ada survei tp knpa diizinkan sjk dulu? Kl pria brperang dan mati jihad, tz janda dan anak yg dtinggalkan siapa yg mngurusnya? Tp nyante bung, islam mnghendaki poligami bkn tanpa aturan. Tentunya punya niatan yg mulia.
    11. Pedofilia? Dari mana pedofilia. Wanita plg muda yg dinikahi nabi adl aisyah. Cari tau knpa nabi mnikahi aisyah? Trus mslh hadits islam hitung brp yg brsumber dr aisyah.
    12. Ayat pembunuhan? Kasih tau tolong ayat alquran mana yg nyuruh mbunuh? Meski dg kafir pun jk tdk menghina islam kami tak boleh membunuh (so hati2 dg statemen anda). Lakum dinukum waliyadin (bagimu agamamu, bagiku agamaku). Disitu jls kan islam toleransi.
    13. Mendekati zina saja dilarang. Pa lg zina. Knp lbh baik mnikah drpd zina? Ksh tau dunk muslim yg mukmin mati kelaparan krn nikah muda (knp ak ksh tau yg mukmin, krn yg km sebutin bnyk merujuk ke islam KTP). Misal umatmu hamil duluan djanjiin nikah tp diingkari gmna? Iya kl nyante tu wanita, kl bunuh diri. Setiap org bw rezekinya msg2 knp takut anak ga terawat kl msh punya tuhan.
    14.Perempuan tdk masuk surga sendiri? Bisa lbh jelas ga. Krn dlm islam manusia membawa amalannya msg2. Ga ada kolusi ato transfer pahala. Kecuali amalan anak yg sholeh (mneruskan prjuangan baik ortunya dan doa utk ortunya), trus harta di dunia utk kbajikan yg trs mngalir.
    15.Knpa wanita tdk boleh kluar rmh tanpa suami. Boleh. Trutama ke masjid. Jk qt sdh antisipasi utk tdk difitnah tp msh jg kena fitnah itu urusan org lain. Kehormatan suami jg ada pd istri. Prtanggung jawaban suami jg meliputi pd istrinya. Jd selama itu tgg jwb suami, mk istri yg baik adlh kooperatif.
    16.Saat umat dpanggil utk haji, tp ada org arab yg ke puncak? Knpa dr awal ak ksh tau km muslim tdk semua mukmin. (Mukmin adlh muslim yg sebenar2nya) sdgkn islam adlh agama (din). Arab adlh negara, org Arab blm tentu org muslim, org muslim blm tentu mukmin. Gampangane islam KTP lah.
    17. Islam bukan menyuruh perang utk merebut kekuasaan, tp memerangi akidah. Knpa dulu islam berperang? Krn nasrani (dulu bgsa romawi) mnyerang jazirah arab utk mnghilangkan ajaran islam. Jd perang islam adlh perang melawan nasrani (pasukan salib). So apakah agamamu anti perang? Kl dari awal hingga skrg islam ttp syiar dg jln damai. Buka sejarahmu ttg perang salib.
    18. Muhamad keturunan yahudi ato ibrahim ato ismael ato iskak itu ga ngaruh. Krn agama yahudi n nasrani emg ada sblm Muhamad dan utk zaman knabian sblm Muhamad. Yg jls Wahyu muhamad adlh quran, dan islam agamanya.
    19. Itu urusan personal org, bukan urusan agama. Km tanyain org inggris bnyk yg benci amerika meski dy nasrani n bkn keturunan arab. Pa lg bahas riyal, tu ga ada sangkut pautnya dg agama. Krn ak sdri blm ktemu ma org yg memaksakan alat tukar (uang)
    20. Hal itu sama dg (19). Pilihan personal org. Dan jg org yg mncari suaka adlh yg trsangkut mslh hukum/politik di negaranya. Jgn melihat beragama islam tz mnilai islam mngajarkan hal itu. Kembali lg apakah dy muslim yg mukmin? Utk mnilai mukmin apa tdk lihat dulu kelakuannya sesuai pa ga dg ajaran agama yg dipeluknya.
    21. Lebih Arab dr org Arab? Ga jelas. Tp yg jelas orang Arab (negara), ga relevan dibahas dg Agama (meski mayoritas org Arab muslim).
    22. Kami ga sibuk ngurusin org lain. Lihat dg pandangan global, berapa bnyk ilmuwan islam? Liat seberapa kayanya negara mayoritas muslim (qatar, brunei, uni emirat, arab, dll). Yg kami lakukan hanya simpati dan empati thd negara mayoritas muslim yg terjajah. Jk yg diperangi itu agamanya pasti akan ada perang dunia ketiga.
    23.Lempar jumroh. Jk km tau ada ular mndekat, km lempar pa km diam nunggu digigit? Sperti halnya jin/iblis yg mnggoda iman, lempar dy sblm km trtipu godaannya. Lempar Jumroh smcm rukun wajib haji (syarat sah, ato bg awam spertimu mngartikan simbolik memusuhi jin setan)
    24. Ada kah org membunuh sambil sholawat/takbir? Pa lg membunuh org ga salah. Kecuali dlm kondisi perang jihad, jk mninggal mk pasukan jihad meniatkan perjuangannya utk agama Allah.
    25. Ada ga dlm agamamu mnyebut. Yesus putra allah, trus roh kudus (ruhul quddus/jibril), bunda maria (siti maryam). Semua ada dlm al-quran. Tp kami tdk mnyebut yesus (isa) sbg putra Allah krn tuhan tdk punya anak. Jk ada perawan suci punya anak logikanya kn anak haram, tp ak tak mau mnyebutnya bgitu krn itu jg nabiku (tuhanmu).
    26. Pernah dengar jika dlm sengatan kalajengking bs mnawarkan racun ular? Ato dlm satu sisi sayap lalat ada penyakit tp sisi lainnya penawarnya (cari info penelitian ilmiahnya sdri)? Ato mudahnya dalam vaksin adlh memasukan bakteri utk melawan bakteri. Pahami sdri ini knpa hrs mncuci dg tanah. Tp yg ga km ketahui, stlhnya itu harus dicuci dg air.
    27. Injil perjanjian lama tau ga? Sengaja disembunyikan dlm kotak pandora agar umatmu skrg tdk pernah tau.dsitu ada keterangan utk menyeru pd umat isa (yesus) utk mngikuti ajaran muhamad. Sperti umat musa yg jg ada yg kafir, maka umatmu jg ada yg kafir yg ga rela utk ikut agama yg jls tlh diridloi.
    28.Ak blm pernah denger ada hukum yg aneh gt. Logikanya, drmna polisi tau kl suami-istri brhubungan pke baju pa ga? Apa ada cctv di tiap kamar pnduduknya. Dalam islam sendiri, istrimu adalah ladangmu. Mau baik apa tdk qt menanam trgantung kitanya. Dan sah utk digumuli apapun caranya.
    29.Bila surga dan neraka tak pernah ada. Maukah qt menyembah tuhan? Itu adalah cambuk dan motivasi utk berbuat baik dan memperbanyak ibadah. Termasuk org seperti anda. Yg mengharap surga dari suatu janji keindahan tp tak pernah meyakini scr utuh. Kami ta perlu membandingkan krn agama bg kami adlh hidayah. Hidayah muncul pd keyakinan hati dan kebersihan pikiran.
    Ak mnyebut anda blm ada hidayah masuk ke anda, tp krn anda mw berdiskusi smoga hidayah itu mendekatimu.
    Bwt yg lain LAKUM DINUKUM WALIYADIN (bagimu agamamu, bagiku agamaku) junjung toleransi, hapus perdebatan SARA, perbanyak diskusi sbg problem solving

  10. Agama saya juga islam tapi saya tidak mencela agama lain..
    jangan mencemari nama baik islam dengan menghina agama lain, ngaku islam tapi ko ga punya tata krama beragama.. bukankah nabi muhammad mengajarkan untuk saling menghargai, untukmu agamamu untukku agamaku..
    Dasar kalian cuma islam KTP sok suci sendiri, sadari bahwa diri itu banyak kekurangan..

  11. Ehhh u tw dari mane,ha?…
    U mw kalo w bilang Al-Quran ada bahasa perjinahan/bf..!!!!

  12. Kalo kristen mang bner…kenapa kitab yang dianggap suci ada ayat2 pornonya?? Dah ini dulu tolong di jelaskan…

    • sebutkan bro dSebelah mana pornonya!!!! biar ambo yang jawab.. yang jelas Al Qur’an terdapat satu ayat yang berbunyi, “wa laa takrobul jinna”…yang artinya “dan janganlah kamu mendekati jina”…yang arti selanjutnya bhkan dijelaskan cuma pandangan mata ja dengan wanita yang bukan saudara atau istrinya itu namanya udh jinna dan AlQur’an melarangnya…kalo lu blum mempelajari Al Qur’an dengan yang sebener2nya mnding gak usah ‘tong kosong nyaring bunyinya’ lah..

      • sabar ya bang… agama sih hampir gak ada yang ngajarin gak bener,, cuman manusianya aja

      • anda sok tau tentang al Quran, kan? anda membaca serampangan, malah mencampur adukkan dengan hadits…. silakan baca ini:

        Yehezkiel 23:1 Datanglah firman TUHAN kepadaku:
        23:2 “Hai anak manusia, ada dua orang perempuan, anak dari satu ibu.

        23:3 Mereka bersundal di Mesir, mereka bersundal pada masa mudanya; di sana susunya dijamah-jamah dan dada keperawanannya dipegang-pegang.

        23:4 Nama yang tertua ialah Ohola dan nama adiknya ialah Oholiba. Mereka Aku punya dan mereka melahirkan anak-anak lelaki dan perempuan. Mengenai nama-nama mereka, Ohola ialah Samaria dan Oholiba ialah Yerusalem.

        23:5 Dan Ohola berzinah, sedang ia Aku punya. Ia sangat berahi kepada kekasih-kekasihnya, kepada orang Asyur, pahlawan-pahlawan perang,

        23:6 berpakaian kain ungu tua, bupati-bupati dan penguasa-penguasa, semuanya pemuda yang ganteng, pasukan kuda.

        23:7 Ia melakukan persundalannya dengan mereka, semuanya orang Asyur pilihan; ia menajiskan dirinya dengan semua orang, kepada siapa ia berahi dan dengan berhala-berhalanya.

        23:8 Ia tidak meninggalkan persundalannya yang dilakukannya sejak dari Mesir, sebab pada masa mudanya orang sudah menidurinya, dan mereka memegang-megang dada keperawanannya dan mencurahkan persundalan mereka kepadanya.

        23:9 Oleh sebab itu Aku menyerahkan dia ke dalam tangan kekasih-kekasihnya, dalam tangan orang Asyur, kepada siapa ia berahi.

        23:10 Mereka menyingkapkan auratnya, anak-anaknya lelaki dan perempuan ditangkap dan ia sendiri dibunuh dengan pedang. Dengan demikian namanya dipercakapkan di antara kaum perempuan sebab hukuman telah dijatuhkan atasnya.

        23:11 Walaupun hal itu dilihat oleh adiknya, Oholiba, ia lebih berahi lagi dan persundalannya melebihi lagi dari kakaknya.

        23:12 Ia berahi kepada orang Asyur, kepada bupati-bupati dan penguasa-penguasanya, kepada pahlawan-pahlawan perang yang pakaiannya sangat sempurna, kepada pasukan kuda, semuanya pemuda yang ganteng.

        23:13 Aku melihat bahwa ia menajiskan diri; kelakuan mereka berdua adalah sama.

        23:14 Bahkan, ia menambah persundalannya lagi: ia melihat laki-laki yang terukir pada dinding, gambar orang-orang Kasdim, diukir dalam warna linggam,

        23:15 pinggangnya diikat dengan ikat pinggang, kepalanya memakai serban yang berjuntai, semuanya kelihatan seperti perwira, yang menyerupai orang Babel dari Kasdim, tanah kelahiran mereka.

        23:16 Segera sesudah kelihatan oleh matanya ia berahi kepada mereka dan mengirim suruhan kepada mereka ke tanah Kasdim.

        23:17 Maka orang Babel datang kepadanya menikmati tempat tidur percintaan dan menajiskan dia dengan persundalan mereka; sesudah ia menjadi najis oleh mereka, ia meronta dari mereka.

        23:18 Oleh karena ia melakukan persundalannya dengan terang-terangan dan memperlihatkan sendiri auratnya, maka Aku menjauhkan diri karena jijik dari padanya, seperti Aku menjauhkan diri dari adiknya.

        23:19 Ia melakukan lebih banyak lagi persundalannya sambil teringat kepada masa mudanya, waktu ia bersundal di tanah Mesir.

        23:20 Ia berahi kepada kawan-kawannya bersundal, yang auratnya seperti aurat keledai dan zakarnya seperti zakar kuda.

        23:21 Engkau menginginkan kemesuman masa mudamu, waktu orang Mesir memegang-megang dadamu dan menjamah-jamah susu kegadisanmu.

      • nyante aja bang. kaga usah pake urat. orang yang kebawa amarah dalam nyelesain masalah sama aja kaya BINATANG

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s